PlayStation 5 hadir dengan berbagai fitur keren seperti dukungan resolusi 8K, solid state drive, dan juga mendukung fitur ray tracing yang membuat pencahayaan dalam video game akan lebih terlihat realistis. Dengan hadirnya banyak fitur tadi membuat banyak orang berspekulasi bahwa PlayStation 5 akan lebih mahal dari pendahulunya. Juga sempat muncul rumor yang menyebut bahwa PS5 akan mendapat harga 500 dollar.

Namun ada salah seorang analis terpercaya yang memprediksi bahwa harga PS5 akan berkisar di 400 dollar, harga yang tak berbeda jauh dengan PS4 lalu. Tentu jika harga ini benar, maka itu akan sesuai dengan apa yang dikatakan sang arsitek utama konsol ini, Mark Cerny yang pernah menyebut bahwa harga PS5 akan sangat menarik bagi para gamer.

PS5 akan mengusung teknologi AMD Ryzen 3600G CPU, dimana fitur ini kabarnya telah menggunakan teknologi 8 Core dari Ryzen CPU yang menunjang untuk fitur ray tracing dan beberapa fitur yang disebutkan diatas. Dan untuk harga retail dari CPU itu juga kabarnya dijual antara 180 dollar sampai dengan 220 dollar per unit, yang seharusnya memang menjaga harga PS5 ini disekitaran 400 dollar atau jika dirupiahkan berkisar antara 5 jutaan keatas.

Sampai saat ini belum ada kepastian kapan PS5 akan dirilis, namun sebagian besar laporan menyebut bahwa konsol next gen PlayStation ini akan rilis pada tahun 2020. Yang jelas konsol baru ini akan mengantikan PS4 yang telah menemani kita sejak 2013 lalu.