Gundam adalah salah satu nama produk yang paling laris dan terkenal di pasaran. Franchise Gundam sendiri dimulai pada tahun 1979 dengan dirilisnya seri animasi Mobile Suit Gundam. Sejak saat itu, kesuksesan mulai menghinggapi franchise ini, dengan mengeluarkan banyak sekali produk yang berhubungan dengan Gundam.

Dimulai dari seri animasi, sejak masuknya perusahaan raksasa mainan, Bandai, Gundam kini mulai beranjak dari seri animasi ke figure plastic model atau yang biasa disebut Gundam Plastic (Gunpla). Untuk mengikuti jejak keberhasilan Gundam, situs Crunchycroll membuat sebuah film dokumenter mini tentang kesuksesan tersebut.

Seperti yang menjadi fokus utama dari dokumenter tersebut, yaitu kepopuleran Gundam, dalam video ini dijelaskan jika Gundam sebenarnya terkenal bukan karena seri animasinya. Melainkan “akibat” dari Gundam kits. Tanpa Gundam kits, mungkin franchisenya tidak akan sepopuler sekarang. Diungkapkan dalam videonya, ada kepuasan tersendiri ketika mereka berhasil membangun sebuah model Gundam Kit.

Di film dokumenter tersebut juga ada sebuah fakta mengejutkan yang mungkin belum semua orang tahu. Acara seri animasi pertama Gundam, sebenarnya memiliki sebuah rencana untuk mengurangi episodenya yang diakibatkan oleh kurangnya penjualan mainannya. Hal lainnya yang menarik adalah bagaimana Gundam membedakan dirinya dari genre “super robot” pada umumnya. Karena, Gundam sendiri sudah menjadi karakter ikonik robot, mirip seperti Optimus Prime atau Voltron.