Sony beberapa waktu lalu telah mengumumkan beberapa detail menarik tentang kemampuan PS5 mereka. Menurut sang arsitek PlayStation, Mark Cerny, PS5 akan dapat kompatibel dengan PS4 dan juga memiliki kecepatan akses data 19x lebih cepat, serta kemampuan grafisnya yang dapat menampilkan resolusi 8K. Konsol milik Sony itu membuat para penggemarnya bersemangat, dan Microsoft sebagai pesaing pun tampaknya tak akan tinggal diam.

Jurnalis Ainsley Bowden, mengklaim bahwa konsol Xbox next gen, akan memiliki codename “Project Scarlett”, yang digadang-gadang akan lebih powerful dibanding konsol yang Sony buat. Bowden kemudian mengatakan bahwa informasi tersebut berasal dari orang dalam Microsoft yang dapat dipercaya. Mungkin saja konsol Xbox masa depan akan mengusung spesifikasi dan fitur yang lebih baik, karena Microsoft telah menjelaskan bahwa mereka ingin membuat konsol yang paling kuat di masa datang.

Detail spesifikasi Xbox itu memang belum dirilis secara resmi oleh pihak Microsoft. Namun ada kabar yang menyebut bahwa Xbox juga akan mendukung backward compatibility,  sama halnya dengan PS5 dimana konsol terbaru mereka nantinya akan dapat memainkan berbagai game lawas dari generasi sebelumnya, dan kabarnya, konsol terbaru itu juga akan mendukung streaming game.

Konsol next gen mereka juga diindikasikan akan diluncurkan pada tahun 2020, diwaktu yang tak berbeda jauh dengan peluncuran PS5. Ini akan menjadi waktu yang menarik bagi para gamer akan perang konsol yang masih terus berlanjut antara PlayStation dan Xbox. Mereka tentu berperang untuk mendapatkan supremasi mereka. Kalau kalian team PS atau Xbox?