Film-film produksi Indonesia, dalam beberapa tahun belakangan ini memang sangat jarang menjadi raja di negeri sendiri. Terlepas dari adanya fakta, beberapa film Indonesia berhasil meraih penonton tertinggi dalam sejarah perfilman Indonesia. Kaum milenial juga sepertinya kurang paham dan kurang mengapresiasi dengan film-film Indonesia. Oleh karena itu, Indicinema Bandung mengadakan sebuah acara yang disebut Indicinema Highschool Ambassador (IHSA).

Dengan mencari anak muda yang berbakat, mereka akan dilatih untuk menjadi duta film-film Indonesia dan memperkenalkan berbagai film Indonesia kepada kaum remaja. Acara Indicinema Highschool Ambassador sendiri pertama kali diadakan pada 2018 lalu dan 2019 ini mereka kembali menyelenggarakan acara tersebut, yang diadakan pada 20 April kemarin di Bandung creative HUB.

Tiga orang sudah terpilih menjadi juara Indicinema Highschool Ambassador 2019 dan para pemenang berhak mendapatkan hadiah uang tunai, sertifikat, dan juga liburan gratis ke Belitung. Ketiga orang pemenang tersebut adalah :

  1. Devira Eka Putri dari Sekolah Menengah Atas (SMA) 3 Bandung
  2. Alvina Novianti dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bandung
  3. Arie Pratama Suryana dari Sekolah Menengah Atas (SMA) 8 Bandung

Menurut Iis Aminah, selaku ketua penyelenggara acara, jumlah peserta yang terdaftar di acara IHSA tahun 2019 ini mencapai 300 orang. Jumlah tersebut dua kali lipat dibanding acara IHSA tahun lalu. Untuk mencari kandidat terbaik, Indicinema melakukan proses seleksi yang ketat selama enam bulan melalui berbagai tantangan yang sudah dipersiapkan.

Dari jumlah tersebut kemudian terpilih delapan orang terbaik yang kemudian akan dipilih lagi siapa tiga orang pemenang Indicinema Highschool Ambassador 2019. Acara Indicinema Highschool Ambassador sendiri rencananya akan kembali digelar pada tahun depan. Untuk rencana tersebut, Aminah menargetkan jumlah peserta yang daftar dalam acara ini akan semakin terus bertambah dan juga kualitas para pesertanya juga semakin meningkat.