Sony mulai membagikan rincian tentang PlayStation generasi terbaru mereka minggu ini. Mark Cerny, sang arsitek dibalik kehebatan PS4 menjelaskan bahwa konsol next gen hasil garapannya nanti akan mengusung backwards compatible, yang mana itu berarti kita dapat memainkan berbagai lawas di konsol baru tersebut. Ia juga menambahkan bahwa konsol terbaru Sony nanti akan menggunakan solid state drive (SSD) agar pemprosesan data akan jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Salah satu detail yang masih Sony rahasiakan adalah, harga yang mereka berikan. Tapi dalam sebuah sebuah sesi tanya jawab di Twitter, Cerny sedikit membagi informasi bahwa konsol ini akan memiliki harga yang menarik. “Saya percaya bahwa Sony akan dapat merilis konsol ini dengan SRP (harga eceran yang disarankan) yang akan menarik bagi para gamer mengingat berbagai fitur canggihnya.”

Tentu saja, respons Cerny menyisakan banyak pertanyaan, dan komentarnya tentang fitur canggih yang digunakan konsol ini seolah menunjukan bahwa harganya tak akan murah, meskipun kita mungkin tak akan tahu harganya sampai mendekati hari peluncuran konsol ini. Adapun jadwal peluncurannya, Sony masih belum mengumumkannya, namun pada bulan Mei lalu, petinggi PlayStation, John Kodera mengatakan PlayStation terbaru ini baru akan ada tiga tahu lagi, sehingga mungkin tak akan pernah diluncurkan sampai 2020 nanti.

Selain mengkonfirmasi kompatibitilasnya, Cerny juga mengungkap bahwa PS5 akan mengunakan Chip AMD dengan CPU arsitektur Ryzen generasi ketiga, serta versi kustom dari chip grafis Navi Radeon. Sistem terbaru ini juga dikatakan akan mendukung resolusi 8K.