Manchester City kembali geser Liverpool ke posisi puncak klasemen Premier League setelah mereka berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Tottenham di Stadion Etihad, Sabtu (20/4/2019). Hasil ini juga jadi terasa lebih manis karena ada aroma “balas dendam” setelah City harus tereliminasi dari Liga Champions akibat kalah selisih gol 4 hari lalu.

Dapatkan berita bola terlengkap di @FREEKICK

Jalannya pertandingan terasa cukup ketat. Gol cepat juga mewarnai pertandingan ini. Adalah Foden yang mencatatkan nama di papan skor memaksimalkan umpan Aguero. Setelah itu, Tottenham gagal mencetak gol di babak pertama. Kiper tuan rumah Ederson sukses meredam tendangan Christian Eriksen. Ederson juga menghentikan laju Son Heung-min jelang jeda.

Tim berjulukan The Citizens ini juga urung memperbesar keunggulan, mereka justru tampak kesulitan mencetak gol dan mengkreasi serangan setelah De Bruyne mengalami cedera lutut dan di gantikan Fernandinho.

Tuan rumah cenderung mengandalkan kecepatan Raheem Sterling dan kemudian Leroy Sane yang menggantikan Aguero. Pada saat bersamaan, pertahanan The Citizens kesulitan meredam bola panjang Tottenham. Namun, tuan rumah sukses mengatasi tekanan untuk membawa pulang tiga angka.

Dengan hasil ini Manchester City menghuni puncak klasemen dengan nilai 86 hasil dari 34 pertandingan, unggul satu poin atas Liverpool yang baru bertanding melawan Cardiff City, Minggu (21/4/2019).

Dapatkan berita bola terlengkap di @FREEKICK

Di sisi lain, kekalahan membuat posisi Tottenham di empat besar klasemen terancam. Spurs tertahan di peringkat tiga dengan perolehan 67 poin, dan berpotensi disalip Arsenal (66), Chelsea (66), serta disamai Manchester United (64).