Menyambut perilisan Avengers: Endgame, Greenscene merilis serial artikel bertajuk Avengers: What If, yang merupakan bagian dari rubrik  Extended. Rubrik Extended adalah rubrik tematik yang membahas sisi lain dari suatu Film/Serial TV/Komik.

Jika ada anggota Avengers yang memiliki nasib paling tragis, jawabannya mungkin adalah Quicksilver. Karakter bernama asli Pietro Maximoff ini melakukan debutnya di Avengers: Age of Ultron. Namun nahas, di film itu pula hidupnya berakhir.

Berawal sebagai kompatriot Ultron bersama dengan saudaranya, Wanda Maximoff, Pietro akhirnya menemukan jalan yang benar untuk saling bahu membahu bersama Avengers. Tapi hidupnya berakhir saat ia melindungi Clint Barton alias Hawkeye dari terjangan peluru. Ia tewas dan kematiannya membekas di benak para Avengers. Hanya saja apakah pernah terpikirkan bagaimana jika Pietro sampai saat ini masih hidup? Bagaimana jika terjangan peluru tersebut tidak membuat nyawanya melayang? Reaction chains apa yang akan terjadi?

Hidup Sebagai Avengers

Hal pertama yang terjadi jika nyawanya selamat setelah diterjang peluru adalah terbangun di markas Avengers. Ia pastinya akan mendapat pengobatan terbaik, dan setelah pulih, bersama dengan Wanda, Vision, Falcon dan Captain America, mereka akan tinggal di Avengers Mansion.

Pietro akan menjalani berbagai misi dengan kawan-kawan barunya. Namun akan ada hubungan “unik” juga antara Pietro dan Vision, yang menyukai dan ingin menjadi kekasih saudarinya. Mengingat Pietro sedikit overprotektif, gesekan-gesekan kecil mungkin akan terjadi, layaknya hubungan Falcon dan Winter Soldier. Disamping itu juga ia akan memiliki hubungan yang sangat baik dengan Clint Barton, yang pasti akan sangat berterima kasih karena telah menyelamatkan nyawanya. Yang pasti, Pietro akan menjadi tenaga tambahan yang sangat berguna bagi Avengers.

Memilih Kubu

Masuk ke event Civil War, Pietro mau tidak mau harus memilih kubu. Jika menilik kubu yang dipilih saudarinya dan Clint, bisa dipastikan Pietro akan memilih kubu Captain America. Peperangan antar Avengers ini juga akan semakin berat sebelah meskipun kubu Tony Stark telah kedatangan Spider-Man. Pertarungan akan semakin berlarut-larut sampai apa pun hasilnya, kubu Captain America akan menjadi pelarian dan mencari suaka di Wakanda.

Kehadirannya di Wakanda tidak akan mengubah hal-hal elemental di MCU. Ia akan tetap menjadi bagian dari tim Captain America, membantunya dalam misi dan melindungi Bumi dari berbagai ancaman minor, sampai ancaman nyata datang setelah Thanos mencari Infinity Stones.

Avengers Menang?

Infinity War menjadi puncak dari petualangan Thanos mencari Infinity Stones. Ia berhasil menjalakankan misinya menghapus setengah dari populasi alam semesta setelah mendapatkan batu terakhir dari kepala Vision. Namun cerita mungkin akan berbeda jika Quicksilver masih hidup.

Ia yang sebelumnya memilih kubu Captain America, tentu akan berada di Bumi atau Wakanda untuk melindungi Vision dan Wanda. Setelah Thanos kembali ke Bumi pasca pertarungannya di Planet Titan, ia mengalahkan hampir seluruh Avengers dan mengambil infinity stone yang tertanam di kepala Vision yang saat itu tengah bersama Wanda. Mengetahui bahwa Wanda dan Vision dalam situasi genting, Quicksilver pastinya akan segera membawa mereka ke tempat aman, tentu dengan kecepatan super.

Dengan kegesitannya, ia juga bisa mengganggu Thanos, bahkan untuk sekedar mengalihkan perhatiannya sambil menunggu Thor datang. Saat Thor datang dan berhasil menebas Thanos menggunakan Strombreaker ( meskipun bukan di kepala ), Thanos masih belum memiliki seluruh Infinity Stones di tangannya. Batu-batu yang ia miliki pun tidak berguna untuk melawan Thor yang tengah dalam kekuatan puncak.

Maka bisa jadi Thanos akan memilih untuk pergi lebih dulu, dan para Avengers yang seharusnya menjadi debu masih hidup sampai saat ini. Untuk sementara, Avengers menang. Setidaknya, kehadiran Quicksilver bisa membantu para Avengers untuk menghambat Thanos mendapatkan semua Infinity Stones, sambil mencari strategi lain untuk mengalahkan Thanos.

Baca artikel lain seputar Avengers: What If, klik DISINI.