Menyambut perilisan Avengers: Endgame, Greenscene merilis serial artikel bertajuk Avengers: What If, yang merupakan bagian dari rubrik  Extended. Rubrik Extended adalah rubrik tematik yang membahas sisi lain dari suatu Film/Serial TV/Komik.

Dalam film Avengers: Age of Ultron, diketahui jika salah satu ketakutan terbesar dari sosok Tony Stark adalah adanya ancaman besar datang ke bumi yang berasal dari luar bumi. Untuk itulah Tony (dan Bruce Banner) menciptakan Ultron, dengan tujuan untuk melindungi bumi dari berbagai serangan tersebut. Sayangnya, Ultron justru melihat manusia sebagai ancaman keberlangsungan Bumi.

Pada akhirnya, para Avengers berhasil mengalahkan Ultron. Hal itu diselesaikan oleh Wanda alias Scarlett Witch yang berhasil mencabut “inti” dari Ultron. Semua selesai dan kembali berjalan normal. Tapi, bagaimana jika ada kisah alternatif dimana Ultron selamat dan kembali bangkit?

Wakanda

Dalam filmnya, Ultron berusaha untuk mencari tahu tentang material yang paling kuat di bumi yang bisa dia gunakan sebagai “bahan baku” untuk membuat tubuh dan pasukannya. Akhirnya, dia pun menemukan material yang paling kuat yaitu Vibranium dari pedagang senjata di pasar gelap, Ulysses Claw. Dia “mencuri” Vibranium dari tanah Wakanda dan diusir dari sana.

Skenario terbaik jika Ultron masih hidup adalah sebagai “virus” jaringan internet. Maka tujuan pertama yang dia lakukan adalah memperbaiki tubuhnya sebaik mungkin. Solusinya tentu adalah Vibranium yang bisa ia cari di Wakanda. Tidak mudah memang menemukan dimana posisi Wakanda, apalagi jika mengacu pada timeline MCU, Wakanda belum membuka diri pada dunia saat Ultron hadir. Namun, hubungannya dengan Ulysses Claw Ultron akan dengan mudah menemukan lokasi Wakanda. Dan dengan mudah pula ia masuk ke jaringan internet Wakanda yang full hi-tech.

Jika Ultron berhasil menyusupi Wakanda, dan dengan melimpahnya stok vibranium, ia akan mulai membangun tubuh dan bahkan pasukannya dalam jumlah yang lebih besar. Kita akan melihat invasi Iron Legion yang lebih besar. Di titik ini, ia bukan lagi masuk dengan menyusup, namun ia menjadi ancaman nyata bagi Wakanda. Black Panther dan pasukannya pun akan kesulitan untuk membendung kekuatan Ultron dan Iron Legion di Wakanda. Hasilnya? Wakanda akan jatuh sebelum seluruh dunia tahu apa yang mereka miliki dan Avengers tidak akan mengenal sosok Black Panther.

Killmonger

Disamping itu, Civil War masih akan terjadi. Karena bagaimana pun, Sokovia telah menjadi korban, dan Avengers tidak tahu jika Ultron kembali bangkit di Wakanda. Hanya saja di Civil War ini, Black Panther tidak akan turut serta. Kisah berbeda mungkin akan di alami Wakanda. Ultron yang telah menguasai Wakanda tentu akan memilih untuk menyembunyikan dirinya lebih dulu sembari menyusun strategi yang tepat, untuk itu, ia perlu membungkam Wakanda dengan cara membungi hanguskan negara tersembunyi itu dan “menghapus” seluruh penduduknya.

Tapi ia tentu membutuhkan wajah sebagai wakil dari Wakanda. Disinilah sosok Killmonger akan berguna bagi Ultron. Sambil membangun pasukannya, Ultron akan memanfaatkan Killmonger sebagai raja baru dari Wakanda. Maka tidak ada kecurigaan dari negara lain tentang apa yang terjadi di Wakanda. Untuk itu juga Ultron akan mengelabui Killmonger dengan memberinya kekuatan tambahan untuk melancarkan misi Killmonger.

Disisi lain, tanpa T’Challa dan Wakanda, Captain America, Black Widow, Falcon dan Winter Soldier tidak akan memiliki suaka pasca Civil War. Mereka akan bersembunyi di sisi lain dunia dari satu tempat ke tempat lain. Dan Ultron, yang membangun kekuatan tersembunyi akan dengan mudah memata-matai kegiatan yang Avengers lakukan, sambil menunggu waktu yang tepat untuk melaksanakan misinya.

Ultron feat Thanos

Momen tersebut akhirnya datang saat Thanos mengunjungi Bumi. Keduanya memiliki tujuan yang sama. Ultron memiliki keinginan untuk membuat manusia punah dan Thanos berambisi untuk menghilangkan setengah penduduk di semesta ini. Namun Ultron pasti sadar, bahwa dia tidak mampu melawan kekuatan Thanos dan pasukannya. Untuk itu, Ultron akan memilih menjadi sekutu Thanos dan membantunya mendapatkan time stone dan mind stone dari kepala Vision.

Melihat pasukan yang dimiliki Ultron, Thanos pun akan berpikir bahwa ia mendapat sekutu yang kuat. Gabungan keduanya bisa dipastikan akan jadi mimpi buruk bagi Bumi. Bayangkan jika hanya dengan “snap” saja setengah penduduk Bumi hilang, bagaimana jika hal itu digabungkan dengan kekuatan pasukan Ultron? Mungkin tidak akan ada Avengers: Endgame yang bisa kita tonton.

Baca artikel lain seputar Avengers: What If, klik DISINI.