Red Hulk


Mungkin diantara ide gila tentang mashups karakter Marvel, ide untuk menyatukan Hulk, Venom Symbiote, dan Ghost rider adalah yang paling mind blowing bagi para fans. Hal ini terjadi pada 2012 dalam cerita Circle of Four dimana ada karakter iblis bernama Blackheart memiliki rencana untuk membawa neraka “datang” ke bumi ini melalui sebuah portal mistis.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Red Hulk, Agent Venom, X-23, dan Ghost Rider versi Alejandra Jones bekerja sama untuk mengalahkan Blackheart. Sayangnya, Blackheart bukan hanya kejam dari segi fisik melainkan juga dari segi mental. Bukan hanya dia berhasil menghajar “tim superhero” tersebut, Blackheart juga membuat sebuah kelompok supervillain yang membuat mereka sangat trauma.

Menyadari jika mereka tidak bisa menghadapinya sendirian, Red Hulk kemudian menyatukan diri dengan Venom Symbiote dan juga Ghost Rider. Tanpa diduga “karakter” tersebut ternyata mampu menyaingi kekuatan Blackheart, bahkan mampu mengalahkannya. Kombinasi yang tidak biasa tersebut memang tidak muncul dalam waktu yang lama, namun, karakter tersebut benar-benar memberikan kesan yang tidak bisa dilupakan oleh para pecinta buku komik.


Original Ghost Rider


Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Johnny Blaze bukanlah satu-satunya karakter yang pernah menggunakan nama Ghost rider terlepas dari Ghost Rider versi Blaze adalah yang paling populer. Karakter atau orang yang pertama kali menggunakan nama Ghost Rider adalah Carter Slade, karakter yang diciptakan oleh Dick Ayers dan Gary Friedrich pada tahun 60an. Debut Slade di cerita komik sendiri muncul dalam cerita Ghost Rider #1.

Dalam cerita yang berlangsung pada abad ke-19 tersebut, Skade merupakan seorang anak muda yang sangat idealis yang bepergian dari Ohio ke Montana untuk bekerja sebagai guru. Suatu hari, Slade melihat sekelompok kulit putih yang menggunakan pakaian suku asli Amerika menyerang sekelompok lainnya. Carter mencoba untuk menghalau usaha tersebut, namun dia tewas akibat ditembak.

Setelah Slade berhasil dihidupkan kembali, Flaming Star memberi tahu kepada Slade kalau dia adalah seorang pahlawan yang dipilih langsung oleh the Great Spirit untuk melawan ketidak adilan juga melindungi yang lemah. Setelah menemukan kostum yang pas berwarna putih dan menemukan kuda yang pas untuk menunjang “pekerjaannya” sebagai pahlawan, Slade kemudian dikenal sebagai Ghost rider.


Ghost Spider


Kita sudah mengetahui bahwa Ghost Rider pernah mashups dengan Red Hulk dan juga Venom Symbiote. Namun, selain pernah menyatu dengan karakter tersebut, di multiverse lain, pernah juga ada cerita yang memperlihatkan bagaimana Spider-Man menyatu dengan sosok Ghost Rider. Pada 2011 lalu, Marvel merilis sebuah komik spesial, yang terdiri dari tiga bagian, yang menceritakan sosok Spider-Man, Hulk, dan Deadpool.

Ceritanya sendiri dimulai dengan kisah Peter Parker, yang terkenal karena menjadi seorang pahlawan bernama the Amazing Spider. Dalam cerita tersebut Peter pergi ke multiverse lainnya dengan bantuan Uncle Ben, menyerap tenaga dari Spider-Man lainnya dengan tujuan agar bisa melindungi bumi dari berbagai serangan. Namun, apa yang dilakukan oleh Peter tersebut justru malah memindahkan Peter Parker versi mainstream Marvel ke dunianya.

Uncle Ben dan Amazing Spider kemudian memusuhi Peter, tapi untungnya Peter bisa membuat the Amazing Spider sadar bahwa apa yang dia lakukan tersebut salah. Uncle Ben mencoba untuk membunuh Peter, tapi Amazing Spider harus tewas karena melindungi Peter. Setelah berakhir di neraka, Doctor Strange dari realita tersebut kemudian menghidupkan kembali Amazing Spider dan merubahnya menjadi Ghost Spider versi laba-laba.


Alejandra Jones


Event Fear Itself yang dirilis pada 2011 lalu, menjadi sebuah titik balik bagi beberapa karakter Marvel, dan Ghost Rider adalah salah satunya. Dalam cerita tersebut, Johnny Blaze ditipu oleh seseorang bernama Adam untuk menyerahkan kekuatan Ghost Rider miliknya. Karena dia benar-benar ingin kembali hidup normal, akhirnya Blaze pun menyerahkan kekuatan tersebut kepada Adam.

Kekuatan Spirits of Vengeance kemudian diberikan kepada sosok perempuan muda bernama Alejandra Jones. Sejak kecil, Jones memang sudah berlatih dan dipersiapkan untuk menjadi Ghost Rider berikutnya. Berkat latihannya tersebut, Jones bisa dibilang merupakan sosok Ghost Rider paling kuat dibandingkan yang lainnya. Menyadari “kesalahan” yang sudah dibuatnya, Blaze kemudian mencoba merebut kembali kekuatan Ghost rider, yang membuat setengah kekuatan Ghost Rider yang ada di dalam diri Jones pindah ke tangan Blaze.

Hal itu membuat Jones dendam kepada Blaze. Ghost Rider versi Alejandra Jones ini merupakan Ghost rider yang sangat mengedepankan sisi psikologis dari diri sang Ghost Rider. Dia bukan sosok villain, namun juga bukan seorang pahlawan. Sangat sulit untuk memutuskan kemana dia berpihak. Sayangnya, karakter Jones ini sudah mulai jarang tampil di cerita komik.


Robbie Reyes


Sebagai bentuk “penyegaran” terhadap berbagai cerita yang ada di komiknya, Marvel memberikan sentuhan baru kepada beberapa karakter ikonik yang mereka miliki. Dalam era baru tersebut, Felipe Smith dan Tradd Moore diberi tugas oleh Marvel untuk memberikan sesuatu yang baru terhadap cerita Ghost Rider. Cerita terbaru ini berfokus kepada karakter bernama Robbie Reyes, seorang remaja laki-laki yang harus bertanggung jawab menjaga adik kecilnya, Gabe.

Tidak punya cukup uang untuk membiayai Gabe, akhirnya Reyes mencoba balapan ilegal untuk memenuhi kebutuhannya. Suatu malam, Reyes dibunuh oleh sekelompok geng yang mencoba untuk mencuri sesuatu dari mobilnya. Saat Reyes sudah tewas, sosok jiwa dari seorang kriminal sadis bernama Eli Morrow kemudian mengambil alih tubuh Reyes dan membuatnya kembali hidup. Hal itu juga membuat Reyes menjadi Ghost Rider baru.

Dengan menggunakan kekuatan Eli, Reyes bersumpah untuk melindungi kota tersebut dari berbagai kejahatan dan membuat kota tersebut aman agar adiknya, Gabe, tidak mengalami kejadian yang buruk. Dalam perjalanan ceritanya, Reyes selalu berusaha sekuat tenaga agar dia tetap bisa mengendalikan tubuhnya dari Eli. Hal yang menarik dari Ghost Rider versi Reyes adalah hubungannya dengan adiknya. Meskipun setiap malam Reyes harus “membalas dendam” kepada mereka yang bersalah, dia tetap menjadi sosok kakak yang dikagumi oleh adik kecilnya.