Cheetah adalah musuh lama Wonder Woman yang akan menjadi villain utama di film Wonder Woman 1984 mendatang. Meskipun menjadi musuh Wonder Woman yang sering muncul di komik-komiknya, asal-usul karakter klasik ini kurang dikenal daripada musuh-musuh Batman atau Superman. Hal ini mungkin disebabkan oleh tiga wanita yang sempat menggunakan nama Cheetah yang sama, dengan latar belakang dan kekuatannya yang diubah beberapa kali selama bertahun-tahun.

Cheetah yang pertama kali dikenalkan adalah sosialita kaya raya bernama Priscilla Rich, yang tak memiliki kemampuan super dan didesak oleh kepribadian jahatnya untuk melakukan berbagai kejahatan dalam setelan Cheetah. Lalu ada, Deborah Domaine, yang menjadi Cheetah kedua setelah ia dicuci otak untuk mengambil identitas bibinya oleh organisasi teroris Kobra. Kedua versi Cheetah ini pensiun setelah Crisis on Infinite Earths demi menghadirkan Cheetah baru yang lebih kuat untuk melawan Diana.

Wonder Woman 1984 ditetapkan sebagai film besar DC yang rilis di musim panas 2020, dan komedian Kristin Wiig yang akan berperan sebagai Cheetah. Kali ini saatnya untuk melihat lebih dalam sosok Dr. Barbara Ann Minerva dan bagaimana ia bisa menjadi “pasangan” yang cocok dengan Wonder Woman.


Kisah Cheetah di Wonder Woman Comics


Inkarnasi Cheetah dalam komik Wonder Woman pertama kali diceritakan sebagai seorang wanita bernama Dr. Barbara Ann Minerva. Seperti Lara Croft dari Tomb Raider, Dr. Minerva adalah seorang arkeolog Inggris dan pewaris kekayaan dengan ketertarikan akan pencarian artefak legendaris. Tak seperti Lara Croft yang lebih terkenal, Dr. Minerva tak memiliki hubungan yang baik dengan ayahnya dan dia tak memiliki batasan etis tentang apa yang dia lakukan untuk mendapatkan kekayaan.

Keserakahan ini mendorong Dr. Minerva untuk memimpin ekspedisi ke Afrika guna mencari suku yang hilang, yang konon suku ini memiliki wali perempuan dengan kekuatan roh Cheetah. Wali ini kemudian diutus menjadi pengantin Urzkartaga, dewa tanaman purba. Dr. Minerva pun berhasil menemukan dan mengkonfirmasi keberadaan legenda tersebut. Namun ternyata, ekspedisi yang ia lakukan dibuntuti oleh para penjahat yang berniat untuk merampas hasil temuannya. Merekapun mulai membunuh satu persatu anggota suku dan para kru Dr. Minerva.

Putus asa akan keselamatan hidupnya, Dr Minerva pun melakukan ritual untuk menjadi wali baru setelah imam besar suku itu mengatakan kepadanya bahwa ia akan memiliki keabadian sebagai pengantin Urzkartaga. Sayangnya, Urzkartaga adalah dewa yang pecemburu dan menolak untuk menerima wanita mana pun yang pernah disentuh lelaki lain. Hal ini membuat Dr. Minerva dikutuk dengan kekuatan Cheetah yang haus akan darah dan tak dapat disembuhkan saat dia dalam wujud binatang. Persaingannya dengan Wonder Woman dimulai setelah dia pertama kali bertemu Diana dan mulai menginginkan Lasso of Truth yang Diana miliki.

Latar belakang cerita tadi dirubah dalam alur cerita Wonder Woman: Year One 2016 oleh penulis Wonder Woman lama Greg Rucka. Disini, Dr. Minerva ditampilkan sebagai sosok yang lebih simpatik, yaitu seorang arkeolog berbakat yang bertekad untuk membuktikan keberadaan Amazon. Ia juga disewa oleh pemerintah Amerika sebagai penerjemah dan pengajar Diana ketika ia pertama kali datang ke dunia manusia. Kedua wanita itu menjadi teman baik, dimana Dr. Minerva mengajar Diana tentang dunia modern dan bahasa modern sambil mempelajari semua informasi dari Diana tentang orang-orang dan budaya mereka.

Sayangnya, persahabatan mereka berantakan setelah Dr. Mineva mulai mencari bukti dari para dewa lain seperti Diana dengan harapan menemukan obat untuk penyakit yang mengharuskannya berjalan dengan tongkat. Dibiayai oleh CEO Veronica Cale, Dr, Minerva disiapkan untuk menjadi Cheetah sebagai bagian dari skema jahat Cale. Ketika Dr. Minerva menemukan takdir yang diinginkannya, dia mencoba memberi tanda pada Diana untuk membantunya dengan menggunakan alat khusus yang diberikan oleh Wonder Woman, tapi alat itu telah di rusak oleh sekutu Cale. Hal itu menyebabkan Dr. Minerva membenci Diana, yang disalahkannya karena dikira meninggalkannya dan akibatnya membawa perubahan pada diri Dr. Minerva yang sekarang menjadi Cheetah yang buas.

 


Kekuatan Cheetah di Komik Wonder Woman


Ikatan Dr. Minerva pada roh Cheetah melalui Urzkartaga meningkatkan kemampuan tubuhnya dalam beberapa hal. Seperti namanya, keunggulan utamanya dalam wujud binatang adalah kecepatan dan ketangkasan sebagai hewan tercepat di Bumi. Kecepatan Dr. Minerva dalam komik bervariasi, dia adalah salah satu orang tercepat di Bumi yang tak memiliki kekuatan Speed Force. Dia juga memiliki tingkat kekuatan super, ketahanan super, dan kebal dari hal tertentu yang membuatnya mampu bersaing dengan Wonder Woman dalam pertarungan satu lawan satu.

Koneksi dengan roh Cheetah juga memberinya sejumlah kekuatan pasif. Ia memiliki indra yang lebih baik dari sebagaian besar kucing, termasuk penglihatan malam hari yang sempurna, serta pendengarannya yang tajam dan indra penciuman yang memungkinkannya melacak mangsanya dengan cakar dan taring yang dapat memotong berbagai benda keras. Kemampuannya yang cukup unik adalah, dia dapat memberikan kekuatannya kepada orang-orang yang dia gigit, dan mengubah korban menjadi hibrida setengah Cheetah di bawah kendalinya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2: