Setelah Avengers: Endgame, MCU akan memulai tahap baru, dimana Phase 4 telah mereka persiapkan. Avengers: Endgame tak hanya menjadi puncak dari ragam cerita yang telah ada selama lebih dari satu dekade di MCU, tetapi juga menjadi awal bagi kehadiran film-film baru di masa yang akan datang.

Film yang menjadi pembuka Phase 4 adalah Spider-Man: Far From Home, yang akan dirilis musim panas ini. Setelah itu, film-film berikutnya masih tak pasti. Meskipun ada film yang telah masuk dalam target perencanaan mereka, tetapi tak ada dari film-film ini yang mendapat tanggal rilis resmi. Tetapi kita dapat yakin karena Marvel Studios memang memiliki segala hal yang telah direncanakan untuk Phase 4, dan mereka tahu akan berapa lama Phase 4 ini akan bergulir.

Berbicara dengan io9, presiden Marvel Studios, Kevin Feige mengungkapkan bahwa mereka telah menyiapkan Phase 4 untuk lima tahun mendatang. Dengan akuisisi Disney dan Fox baru-baru ini, banyak penggemar yang bertanya-tanya apakah karakter seperti X-Men akan membuat debut mereka di MCU. Pertanyaan inilah yang mendorong Feige untuk membagikan apa yang mereka telah rencanakan dalam waktu dekat. Sedihnya bagi mereka yang berharap melihat X-Men di Phase 4, kemungkinan besar hal itu tak akan terwujud. Meskipun Feige tak membagikan perincian tentang judul-judul yang akan kita lihat, Feige mengungkapkan :

“Daftar yang kami bangun selama lima tahun ke depan ini tak akan bisa dibandingkan. Ini adalah hal yang sangat berbeda dan saya harap mereka akan merasa sangat berbeda. Tetapi ada mentalitas serupa yang masuk kedalamnya, yaitu ‘Bagaimana kita bisa terus bercerita dengan beberapa karakter yang sudah diketahui dan dicintai penonton dengan cara yang unik, dengan cara yang berbeda, dengan cara yang mengejutkan, dimana kita memiliki banyak rencana, ide, serta pekerjaan yang sudah masuk ke dalamnya.’ ‘Lalu bagaimana kita memperkenalkan karakter baru yang bahkan penggemar nyaris tak pernah kenal atau hampir tak pernah mendengarnya. Itu benar-benar menarik.”

Studio saat ini sedang mengerjakan film solo Black Widow dan sedang mempersiapkan debut sinematik The Eternals dan Shang-Chi. Juga akan ada sekuel dari film-film yang memulai debutnya di Phase 3 lalu, seperti Doctor Strange, Black Panther dan Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang kabarnya akan memulai syuting pada Februari 2021.

Seperti kebanyakan hal dalam industri film, semuanya dapat berubah dan rencana untuk Phase 4 mungkin saja dapat melewati jangka waktu 5 tahun itu. MCU akan mendekati titik balik, tetapi menarik untuk mengetahui bahwa bagaimana Phase 4 mendatang akan terus mengeksplorasi kisah-kisah dari beberapa pahlawan yang sudah diketahui penggemar, juga membawa karakter lain yang tak dikenal secara luas seperti Shang-Chi.