Meskipun Superhero adalah sosok yang kuat yang punya kekuatan super, terkadang mereka belum tahu caranya mengendalikan kekuatan super mereka. Ada juga orang yang tidak sadar kalau dia adalah superhero dan butuh sebuah cara supaya kekuatan super yang ada di dalam tubuhnya keluar. Sekolah khusus superhero adalah sebuah tempat belajar dimana para superhero gak perlu khawatir kekuatan mereka dianggap aneh sama manusia biasa.

Selain itu, sekolah khusus superhero juga ngebantu mereka buat menyadari kalau para superhero juga bisa berarti sesuatu di masyarakat. Ada banyak sekolah superhero di dalam cerita komik. Apa aja? Simak pembahasannya ya Geeks!


Xavier’s School For Gifted Youngster


Sekolah milik professor X ini udah gak diraguin lagi sebagai sekolah superhero yang paling dikenal sama banyak kalangan. Sekolah ini awalanya dibangun oleh Charles Xavier sebagai tempat penampungan buat para mutan anak-anak yang gak tahu caranya buat mengendalikan kekuatan mereka. Sekolah ini juga biasa disebut sebagai X-Mansion dan terletak di New York.

Banyak para mutan yang belajar dan ngebangun kekuatan mereka di sekolah ini. Mereka semua berlatih secara keras supaya bisa masuk ke dalam berbagai tim Professor X yang dibuat demi membantu kaum mutan dan manusia ketika ada ancaman.


Avengers Academy


Sekolah superhero ini mirip dengan X-Mansion. Avengers Academy diciptain sama ilmuwan Jank Pym. Tujuannya adalah buat ngelatih generasi pahlawan super selanjutnya yang kemudian suatu waktu bisa dibentuk sebuah tim, seperti Avengers. Hank Pym, Hawkeye, Tigra dan berbagai superhero lainnya ikutan jadi guru yang ngajarin para calon superhero ini.

Avengers Academy sendiri sempat punya komik dan berlangsung selama 40 volume. X-23 juga bahkan pernah sekolah disini lho Geeks! Selain itu, ada juga beberapa villain yang diajak oleh Pym buat bergabung di sekolah ini.


Future Foundation


Selain jadi pemimpin kelompok Fantastic Four, Reed Richards juga adalah otak dari dibangunnya sekolah Future Foundation. Anak-anak Richards juga bersekolah disini dan selain itu para generasi muda X-Men juga pernah belajar di sekolah milik Reed Richards ini. Reed Richard memang sellau punya cara buat ngegabungin antara sekolah dan bidang pekerjaan juga teknik belajar yang gak biasa. Hal itu dibuktikan dengan musuh abadi Reed, Dr. Doom, diundang buat jadi guru tamu di sekolah ini.


Jean Grey For Higher Learning


Selain Professor X, ada mutan lainnya yang juga ngabngun sekolah buat para generasi muda pahlawan super. Jean Grey adalah pendiri dari sekolah Jean Grey School for Higher Learning. Sekolah ini sebenarnya pernah ditutup di tahun 60an karena, gak ada satupun murid yang berhasil lolos dari tesnya.

Akhirnya Wolverine kembali menghidupkan sekolah ini dengan tujuan yang baru. Salah satu “keunggulan” dari sekolah ini adalah tingkat kedisiplinan yang gak terlalu ketat. Hal ini mungkin dikarenakan murid-muridnya berasal dari berbagai generasi yang gak selalu dalam sekolahnya harus bertatap muka.


Red Room Academy


Dari semua murid yang lulus dari sekolah Red Room Academy ini, Natasha Romanoff alias Black Widow, mungkin adalah sosok yang paling dikenal sama semua orang. Fasilitas latihan Soviet “menyamar” jadi sebuah boarding school biasa ini terletak di hutan Maryinka Horka, Belarus. Sekolah ini ngelatih gadis-gadis muda supaya bisa berubah menjadi sebuah mesin pembunuh dan alat mata-mata yang efektif.

Latihan yang diterapin di falilitas ini gak sama dengan proses cuci otak. Tapi, berbagai latihan kekerasan yang udah ditanam di pikiran mereka bakalan sulit buat dihapusin.


The Legion Academy


Meskipun Marvel “menguasai” sekolah-sekolah superhero, DC juga punya satu sekolah superhero yaitu The Legion Academy. Sama seperti Avengers Academy, sekolah ini ngelatih murid-muridnya buat jadi anggota Legion of Superheroes. Biasanya murid-murid lulusan akademi ini kemudian tim inti ketika mereka udah siap.

Anggota dari Legion of Heroes yang terkenal dan lulus dari akademi ini adalah Chemical King, Dawnstar, dan Timber Wolf. Sekolah ini sendiri dibangun sama Bouncing Boy dan Damsel.


PS238


PS238 adalah sebuah komik yang mengikuti cerita tentang kehidupan para murid dan guru dari sebuah sekolah khusus anak-anak super. Sebagian bangunan sekolahnya dibangun dari markas Union of Justice, sebuah tim pahlawan super yang mirip Justice League. Anggota Union of Justice jadi guru di sekolah ini. Tapi, mereka sendiri gak punya pengetahuan apapun tentang mengajar.

Karakter utama dari cerita ini adalah Tyler, seorang murid yang gak punya sama sekali kekuatan super. Dia bisa masuk ke sekolah ini karena ayah dan ibunya adalah pahlawan super. Tyler kemudian diajari oleh seorang guru bernama The Revenant.


Pym Academy


Bertempat di universe Earth-96099, Pym Academy adalah sebuah divisi dari Alchemax Industries. Alchemax adalah sebuah perusahaan raksasa yang mengendalikan Amerika Serikat. Reed Richard, Miguel O’Hara, Kron Stone, Spider-Gwen, dan Brother Brit-Man adalah nama-nama karakter yang pernah bersekolah di akademi ini. Yang menarik adalah Reed Richard bahkan sekolah disini waktu umurnya masih enam tahun.


Victor Von Doom Institute For Gifted Youth


Di tengah-tengah ibu kota Latveria, Doomdstadt, berdiri sebuah bangunan sekolah yaitu Doom Institue. Berbeda dengan sekolah mutant milik Professor X yang menerima siapa saja yang mau bersekolah disana, di Doom Institute mereka Cuma mau menerima orang-orang kuat dan terpilih dari seluruh wilayah Battleworld. Hal itu dikarenakan para siswa disini punta tujuan, ketika mereka lulus mereka harus mendedikasikan diri buat kerajaan Doom.

Para murid-murid di akademi ini ngelakuin tes terakhirnya nunjukin kemampuan mereka yang udah dipelajari kepada Doom. Ketika para murid-murid ini mengetahui kalau Doom adalah seorang supervillain, mereka semua kabur.


New Mutants Leadership Institute


Melihat Charles Xavier membangun sebuah sekolah khusus para mutan, musuh bebuyutannya yaitu Magneto kemudian juga membangun sekolah khusus mutan yang sama. Para murid-murid yang mendaftar di sekolah ini ditanami oleh satu pemikiran, yaitu kaum mutan adalah kaum yang lebih baik dibanding manusia dan selalu diinstruksikan seperti itu.

Xi’an Coy Manh adalah kepala sekolah dari akademi khusus mutan ini. Sekolah ini ngelatih para muridnya supaya mereka jadi pemimpin politik di masa depan. Gedung sekolahnya ini berada di bekas gedung markas PBB. Magneto selalu ngerasa kalau hanya mutan tertentulah yang harus menentukan nasib dari populasi di seluruh dunia.

Kaskus Battleground