Film X-Men: Dark Phoenix akan menjadi film terakhir dari franchise X-Men yang diproduksi oleh 20th Century Fox. Karena, seperti yang sudah diketahui kalau rumah produksi Fox akan diakuisisi oleh perusahaan raksasa, Disney. Sempat mengalami kendala dalam proses produksinya, namun pada akhirnya film arahan Simon Kinberg ini bisa selesai dan siap untuk tayang pada Juni mendatang.

Dalam wawancara eksklusif Screen Rant dengan produser Dark Phoenix, Hutch Parker, di acara Wondercon, dia menjelaskan tentang film Dark Phoenix. Menurutnya, Dark Phoenix akan seperti film-film garapan Alfred Hitchock dengan sentuhan thriller psikologis. Hal ini juga senada dengan perubahan yang dilakukan oleh X-Men, parker sendiri menjelaskan  kalau film-film X-Men sebelumnya memiliki bermacam “genre.” Contohnya adalah X-Men: First Class garapan Matthew Vaughn yang menurut Parker mirip seperti film James Bond dengan karakter superhero.

Dengan dirilisnya film Dark Phoenix, mereka berharap para fans bisa kembali merasakan suspense atau ketegangan yang sudah menjadi ciri khas X-Men di bawah arahan sang sutradara legendaris, Simon Kinberg. Tidak hanya Dark Phoenix, jika film mutant selanjutnya yang ada di daftar produksi Fox, New Mutant, jadi untuk diproduksi, film tersebut juga akan memiliki nuansa suspense yang sama bahkan cenderung ke arah film horror.

Beberapa bintang seperti James McAvoy, Michael Fassbender, dan Jennifer Lawrence akan kembali memerankan karakter yang dulu mereka pernah mainkan. Namun, semua mata akan tertuju pada Jean Grey yang diperankan oleh Sophie Turner. Meskipun pada saat penayangannya nanti nuansa Hitchcock tidak akan terlalu terasa, Dark Phoenix tetap akan menjadi film yang berbeda dibandingkan film-film X-Men sebelumnya.