5. Lebih Jago Berantem


Sudah merupakan fakta kalau yang namanya Batman jago berantem.Tapi bukan berarti Dick tak kalah jago untuk mengalahakan musuh. Mungkin secara power, dia kalah. Faktanya, Batman dilatih sama The League of Assassins. Tapi ingat, Dick lahir dari keluarga Grayson aka Flying Grayson. Jadi dia jauh lebih cepat dan lincah gerakannya dari Bruce. Selain itu seperti Lady Shiva dan Cassandra Cain, Dick sangat jago dalam membaca “bahasa tubuh”. Jadi, dia sangat cekatan dalam mengantisipasi setiap gerakan yang akan dikeluarkan oleh lawannya.


4. Pesenam Mumpuni


Nah dikarenakan latar belakangnya yang berasal dari keluarga sirkus, maka tak heran apabila Dick menjadi satu-satunya superhero DC yang memiliki gerakan senam yang sangat atletik yang mana, dijadikan Dick sebagai salah satu gerakan / jurus ketika menghadapi musuhnya. Ia bahkan bisa mengeksekusi salah satu gerakan senam / gimnastik tersulit, Quadruple Somersault loh! Kalau Geeks mungkin belum tau yang mana gerakannya, langsung aja deh kalian cek di YouTube.


3. Figur Pemimpin Yang Lebih Baik Dari Batman


Selain dikenal sebagai sosok yang paling baik dan disukai oleh rekan-rekan superhero-nya, Dick nyatanya juga dianggap memiliki sikap figur kepemimpinan yang sangat tinggi. Dan gokilnya, yang menganggapnya demikian, tidak lain dan tidak bukan adalah Batman sendiri. Jadi, suatu saat Batman dan tim Justice League sedang dalam masalah besar yang menyebabkan mereka tidak bisa kembali ke markas (baca: bumi). Nah ternyata, Batman sudah memberikan ancang-ancang terhadap hal ini dari jauh hari melalui format protokol darurat.

Di dalam “wejangan” protokol daruratnya, apabila tim Justice League sedang benar-benar sibuk sehingga mereka tak bisa pulang dengan cepat, maka tim kedua (secondary) JL akan dibentuk dengan Dick Grayson sebagai pemimpinnya. Tentunya fakta ini sangat mengejutkan kalau dipikir. Pasalnya Batman mempercayai sosok yang sering banget clash pendapatnya dengan dia. Namun di saat yang sama, hal ini juga sekaligus membuktikan bahwa Batman adalah sosok yang cerdas dan cukup bijak dalam mengetahui sosok-sosok yang bisa dijadikan wakilnya.


2. Mata-Mata Mumpuni


Selain memiliki skill bertarung yang hampir setara dengan Batman, Dick nyatanya juga memiliki skill detektif yang juga setara dengan si ksatria kegelapan. Malah bisa dibilang Dick jauh lebih gokil skill detektifnya. Hal ini dikarenakan ia memiliki skill stealth dan skill beradaptasi yang super mumpuni. Oleh karenanya, gak heran bila ia kemudian pernah dijadikan mata-mata oleh pemerintah.


1. Tidak Sekelam Bruce Wayne


Dan inilah alasan utama / esensial mengapa Dick kerap dianggap lebih baik dan keren dari Bruce. Tidak seperti mentornya tersebut, Dick tidak pernah memiliki visi / prinsip sekelam Bruce. Seperti kita ketahui, dikarenakan kemalangan masa kecil yang didapatkannya, alhasil Batman pun menjadi tidak gampang percaya dengan orang lain. Batman tidak pernah mau membuka diri / curhat apabila ada masalah yang menimpa dirinya.

Hal ini tak pelak kontras banget sama Dick yang walau memiliki masa lalu yang sama kelamnya dengan Bruce, ia tetap terbuka banget dan masih bisa memegang trust yang cukup kuat dengan orang lain. Selain itu, tak seperti Batman yang tak mau membunuh musuhnya karena merasa takut kalau dia nantinya akan sama buruknya seperti musuhnya, alasan Dick gak mau ngebunuh musuhnya karena ya dia gak mau aja membunuh. Simpel banget kan Geeks?

Nah Geeks itulah tadi 10 alasan kenapa Dick Grayson kerap dianggap sebagai superhero yang jauh lebih baik dari Batman. Sekarang bagaimana nih pendapat kalian dengan pembahsan ini?

1
2