Marvel Cinematic Universe sekarang tengah bersiap untuk menutup phase 3 mereka dengan film Avengers: Endgame. Dengan tersisa satu film lagi, para fans Marvel sekarang harus bersiap dengan berbagai phase-phase yang akan datang. Dengan phase 4 yang sudah di depan mata, kemungkinan Marvel akan kembali memikirkan event terbaik dalam komiknya yang akan dijadikan bahan referensi untuk film-film Marvel mendatang. Kalau memang mereka melakukan hal tersebut, ada beberapa cerita yang bisa diadaptasi oleh Marvel Studios ke MCU. Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini ya Geeks!


Secret Wars


Jika MCU membutuhkan inspirasi untuk mengulang semua cerita, komik ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan acuan. Bukan hanya akan melihat berbagai karakter-karakter besar Marvel muncul di dalam satu film (bahkan ada X-Men juga). Secret Wars sendiri bercerita tentang makhluk kosmik bernama Beyonders yang menciptakan sebuah planet yang disebut Battleworld. Beyonders kemudian “menculik” para supervillain dan pahlawan super yang ada di bumi dan memindahkan mereka ke Battleworld. Disana, mereka dipaksa untuk saling menghabisi satu sama lainnya. Cerita Secret Wars ini terjadi bukan hanya sekali atau dua kali, melainkan tiga kali. Banyak sekali karakter yang muncul dalam cerita ini, sehingga cerita Secret Wars bisa jadi pertimbangan Marvel Studios untuk diadaptasi ke MCU.


Secret Invasion


Apa yang terjadi jika para pasukan Skrull menyusup ke bumi dan berubah menjadi wajah-wajah yang bisa kita kenal? Hasilnya adalah rasa tidak percaya dan rasa saling mencurigai. Sebenarnya, banyak para fans Marvel yang berharap Marvel Studios akan mengadaptasi cerita ini ke MCU saat film Captain Marvel dirilis, setelah mereka mendapat kabar kalau Skrulls akan menjadi musuh utama Kree dan Carol Danvers. Meskipun kemungkinan diadaptasi MCU sangat kecil, tetap ada potensi yang bisa diaplikasikan. Cerita Secret Invasion sendiri mengisahkan bangsa Skrull yang secara besar-besaran menginvasi bumi dan mulai berubah menjadi wajah-wajah yang dikenal oleh para pahlawan super Marvel. Mereka berusaha keras untuk mencari tahu, siapa yang asli dan siapa yang palsu.


Annihilation


Kalau Marvel memang akan berfokus untuk banyak membuat film-film bertema kosmik, cerita Annihilation bisa menjadi pilihan pembuka. Ceritanya  sendiri berpusat pada sosok Annihilus, karakter yang senang untuk menaklukan apapun dengan kekuatannya, yang berasal dari wilayah Negative Zone. Dengan kekacauan besar yang sudah dia timbulkan, semuanya ada di tangan para pahlawan kosmik Marvel untuk mengatasi masalah tersebut. Di cerita ini juga kita akan melihat Drax, Nova, dan Silver Surfer berada dalam satu cerita untuk menyelamatkan universe tersebut. Annihilus benar-benar sangat kuat, bahkan dia punya rencana untuk mengalahkan Galactus yang juga melibatkan Thanos. Perang besar di luar angkasa tentunya akan terlihat luar biasa di layar lebar.


Siege


Para Avengers harus menghadapai lawan yang tangguh. Bukan Thanos, melainkan mereka harus melawan diri mereka sendiri dalam versi jahat. Dalam cerita Siege, Norman Osbron memimpin para pasukan Dark Avengers untuk pergi ke Asgard dan mengambil alih wilayah tersebut. Avengers yang terpecah-belah, mau tidak mau harus kembali bekerja sama dan mencegah hal tersebut terjadi. Komik Siege adalah komik yang sudah menghasilkan benefit luar biasa kepada Marvel Universe. Kalau dieksekusi secara benar, MCU bisa mendapatkan kesuksesan yang sama dengan versi komiknya. Namun, seperti yang sudah diketahui kalau dalam cerita MCU Asgard sudah hancur. Wakanda bisa menjadi tempat piliha lainnya dan memiliki fungsi yang sama dengan Asgard dalam ceritanya.


Secret Empire


Komik Secret Empire memang adalah komik yang sangat kontroversial. Bagaimana tidak, dalam komik ini diceritakan kalau Captain America selama ini memegang sebuah rahasia besar yaitu dia adalah agen dari HYDRA. Tentunya fakta tersebut membuat banyak fans Marvel, khususnya fans Captain America “kecewa.” Namun, jika diangkat ke dalam cerita layar lebar tentunya komik ini akan memiliki cerita yang epik. Tentunya tidak ada yang senang mengetahui fakta kalau Steve adalah agen Hydra, oleh karena itu, Marvel Studios harus mencari karakter lainnya untuk menggantikan posisi Steve atau mungkin diceritakan kalau HYDRA memiliki kekuatan besar yang mengendalikan dunia ini.


Fear Itself


Setelah berabad-abad melindungi bumi dari berbagai serangan dan acaman makhluk mistis, Odin dan seluruh masyarakat Asgard akhirnya memutuskan untuk pergi. Hal itu membuat Avengers menjadi pertahanan terakhir bagi bumi dalam menangkal serangan dari berbagai ancaman mistis yang menyerang bumi. Para Avengers tersebut tidak memiliki kekuatan atau belum terlatih untuk menghadapai berbagai ancaman seperti itu. Dengan Asgard yang diceritakan sudah hancur, cerita Fear Itself kemudian bisa diaplikasikan ke MCU dengan cukup mudah. Para Avengers tentunya akan berusaha keras untuk menahan berbagai serangan mistis yang mengancam bumi. Thor dan Doctor Strange pun akan menjadi ujung tombak Avengers dalam cerita ini.


Chaos War


Dalam event ini, Amadeus Cho, Hercules, Thor dan beberapa anggota lainnya memimpin sebuah pasukan untuk menghadapi ancaman multiversal yang dilakukan oleh Chaos King. Chaos King telah melumpuhkan banyak superhero dan semua orang dibumi dengan  kekuatan Nightmare’s dreampowernya. Para yang tersisa merasa kalau mereka tidak mampu untuk menghadapi para musuhnya tersebut. Untungnya, Thor dan Hercules menjadi pahlawan penyelamat bumi dari serangkaian serangan tersebut. Sejauh ini, MCU masih belum terlalu mendalam saat membahas tentang dewa-dewa di Marvel Universe. Mungkin di Phase keempat nanti MCU bisa memasukan hal tersebut.


Avengers: No Surrender


Dalam komik No Surrender, para penjahat diceritakan berhasil untuk menguasai bumi. Para Avengers yang tersisa harus bekerja sama agar semuanya bisa kembali seperti semula, dan berusaha untuk mencegah agar berbagai ancaman kosmik tidak sampai menghancurkan bumi. Dalam komik ini, Avengers harus berjuang susah payah menangani gempuran dari Black Order dan Lethal Legion, dimana keduanya berusaha untuk menghancurkan para Avengers. Tapi nyatanya, Avengers tidak menyerah dan terus memberikan perlawan. Melihat berbagai villain “bekumpul” dalam satu wadah (meskipun Infinity War pernah melakukannya) tentunya akan sangat luar biasa. Apalagi, di filmnya nanti para pahlawan Marvel tersebut harus kembali bersatu demi melindungi bumi.

Kaskus Battleground