Sejak kemunculan pertamanya di episode pertama di seri One Piece, Shanks sudah memperlihatkan tanda-tanda bahwa dia bukanlah orang yang biasa. Akagami no Shanks atau yang biasa disebut Shanks atau rambut merah, adalah penolong Luffy di episode pertama. Saat seekor hiu besar akan memakan Luffy, Shanks mengorbankan tangan sebelah kirinya untuk dimakan.

Sejak saat itu Luffy dan Shanks jadi berteman baik, bahkan Luffy “berhutang” kepada Shanks untuk bertemu saat dia sudah menjadi lebih kuat. Ada sebuah fakta menarik dari adegan tersebut, yaitu saat sang hiu melihat mata Shanks hiunya langsung melarikan diri ketakutan. Seiring berjalannya cerita, akhirnya diketahui kalau Shanks memiliki Haki (kekuatan tekad) yang hanya dimiliki segelintir orang saja yaitu Haki Haoshoku.

Selain saat menyelamatkan Luffy, kekuatan Haki Shanks juga sempat diperlihatkan dalam beberapa cerita seperti saat Shanks mengunjungi moby Dick. Dia berhasil membuat pingsan sebagian besar kru dari White Beard (bahkan merusak kayunya). Kekuatan Haoshoku Shanks juga pernah jadi cerita legenda saat dikabarkan dia pernah membuat pingsan 100.000 orang, sedangkan Luffy hanya 50.000. Kemudian yang paling monumental adalah saat dia berada di cerita pertarungan besar di Marineford. Shanks melindungi Coby dari serangan tinju magma Akainu dengan pedangnya.

Hal tersebut menarik karena Shanks mampu menahan serangan Akainu dalam bentuk aslinya. Lalu, apakah Shanks seorang pemegang Haki terkuat? Banyak teori yang berkembang di kalangan para fans mengenai hal ini. Pertama adalah karena dia mirip seperti Buddha. Maksudnya adalah dalam ceritanya, sang Buddha tidak memerlukan apa-apa dalam hidupnya. Seumur hidupnya hanya berdoa dan beribadah. Sama seperti Shanks.

Selama cerita One Piece berjalan, diketahui kalau Shanks bukan pemakan buah iblis, dia tidak peduli dengan gelar apapun, tidak peduli dengan kekuatan, dan sebagainya. Hal itulah yang membuat kekuatan Shanks menjadi tidak terbatas. Kekutannya bisa hampir sama dengan sebesar gunung. Tentunya orang-orang yang nothing to lose selalu bisa memberikan apa yang dia miliki secara maksimal.

Teori lainnya adalah Shanks memang sudah menguasai masing-masing Haki dalam tingkat tinggi, baik Haoshoku, Busoshoku, ataupun Kenbunshoku. Hal ini bisa dibuktikan saat Shanks menahan serangan Akainu. Tidak terlihat bagaimana Shanks melapisi haki ke dalam pedang atau tubuhnya. Jadi, itulah kemungkinan mengapa Shanks memiliki tingkat Haki yang tinggi. Dalam Data Book Vivre Card yang terbaru pun disebutkan, kalau Shanks memiliki kemampuan ketiga Haki tersebut (meskipun tidak disebutkan kalau dia menguasai level tinggi).

Hal tersebut tidak mengherankan memang, karena kemungkinan Shanks belajar dari ahlinya yaitu Silvers Rayleigh. Luffy juga belajar tentang Haki dari guru yang sama. Intinya, Luffy dan Shanks belajar dari guru yang paling hebat. Sampai saat ini, masih belum diketahui secara gamblang seberapa besar kekuatan maksimal seorang Shanks. Mungkin suatu saat kita bisa menemukan jawaban untuk hal ini.