Steve Rogers is Captain America! Selama lebih dari 70 tahun, Steve Rogers telah berjuang untuk kebebasan sebagai Captain America. Tapi Geeks, bukan hanya sosok Steve Rogers saja yang pernah menjadi Captain America.

Sejak penampilan pertamanya pada bulan maret 1941, ada banyak karakter berbeda yang pernah menggantikan Steve Rogers walau beberapa diantaranya hanya menggantikan Rogers selama kurun waktu yang singkat. Inilah dia beberapa tokoh yang pernah menjadi Captain America, The Sentinel of Liberty.


Bucky Barnes


Dimulai dari karakter yang namanya telah lama kita dengar yaitu Bucky Barnes. Bucky adalah teman masa kecil dan sahabat karib Steve Rogers. Barnes pernah dianggap tewas bersama dengan Steve pada akhir perang dunia II. Namun, ia ternyata ditangkap oleh
Soviet dan dirubah menjadi pembunuh mematikan yang dikenal sebagai Winter Soldier. Dia akhirnya diselamatkan oleh Steve dan kembali membangun kehidupannya yang baru.

Setelah kematian Steve oleh seorang assassin, Bucky terpilih untuk meneruskan perjuangan Captain America. Selama ia menjalani waktunya sebagai Captain, dia membantu untuk menghentikan Invasi Skrull ke bumi dan mencegah penyebaran sebuah virus yang mampu membunuh setengah populasi manusia.

Namun akhirnya diketahui bahwa Steve tidak benar-benar mati, dan setelah menyelamatkannya, Steve dan Bucky pun membantu menyelamatkan Asgard dalam peristiwa Siege. Akhirnya gelar Captain America dicopot darinya karena kekhawatiran masa lalu mereka bahwa Bucky akan kembali menjadi Winter Soldier.


Danielle Cage


Danielle Cage juga pernah menjadi Captain America. Dia mewarisi kekuatan dari kedua orangnya yaitu Luke Cage dan Jessica Jones. Awalnya dia memimpin timnya dari Avengers untuk melawan ancaman Ultron yang bersekongkol untuk memperbudak manusia. Kemudian Cage bersama dengan tim New Avengers juga pernah mencegah roh jahat Moridun untuk menculik Billy Kaplan. Bersama-sama dengan bantuan New Avengers, mereka mampu menyelamat Billy.


William Naslund


William Naslund memulai karirnya sebagai Spirit of 76, dimana dia membantu melindungi AS dari mata-mata Nazi. Setelah kehilangan Steve Rogers pada tahun 1945, Presiden Truman menghubungi Nasblund dan memintanya untuk menjadi Captain America yang baru agar warisan Rogers masih tetap hidup.

Ia sukses menyelesaikan beberapa misi semasa ia menjabat sebagai Captain America termasuk invasi superhero ke Berlin yang membantu menjatuhkan Third Reich. Sayangnya, seperti Rogers sebelumnya, karir Naslund sebagai Captain America berakhir dengan tragis ketika tim time travelling yang dipimpin oleh Adam II dikirim untuk membunuh JFK muda.

Naslund berhasil melindungi presiden masa depan itu, tetapi ia terluka parah selama pertempuran. Dengan sisa nafas terakhirnya ia melepaskan gelar Captain America ke pahlawan baru untuk memastikan cita-cita yang diperjuangkan Rogers tetap ada.


Jeffery Mace


Sebelum Amerika Serikat ikut dalam Perang Dunia II, Jeffery Mace bekerja sebagai reporter untuk Daily Bugle. Namun, setelah AS memasuki masa perang, ia terinspirasi oleh teladan Captain America. Ia mengambil gelar patriot dan membantu membela AS dari
mata-mata Nazi.

Selama serangan Adam II ke Boston, dia menemukan William Nasland yang sedang sekarat, Nasland lah yang memberikan gelar Captain America ke Mace. Dia terlibat dalam sejumlah misi selama empat tahun lamanya, tetapi dia mundur untuk memerangi kejahatan pada 1950 karena dia merasa bahwa Captain America tidak lagi diperlukan. Tapi petualangannya masih belum berakhir.

Bertahun-tahun kemudian, seorang yang dikenal sebagai Contemplator memilih Mace bersama dengan orang lain yang telah menanggung gelar Captain America untuk mengulingkan Adam II. Bersama-sama, dengan bantuan Steve Rogers dan yang lain yang
pernah menjadi Captain America, mereka berhasil menggulingkan Adam II. Tak lama setelah misi terakhir ini, Mace meninggal dengan Rogers berada disisinya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2: