Mark XLIII


Tony menggunakan armor ini di film Avengers: Age of Ultron. Armor ini digunakan Tony untuk menyerang pangkalan Hydra di Sokovia, serta konfrontasi Avengers dengan Ultron di Afrika Selatan. Armor ini dibuat Tony setelah ia menghancurkan seluruh armornya dan melakukan operasi pengangkatan Arc Reactor dari dadanya. Fitur baru yang disematkan di armor ini adalah Sentry Mode, yang memungkinkan armor ini untuk menjaga Tony saat ia berada di dekatnya. Fitur lain adalah Infrared Scan yang memungkin Tony untuk dapat melihat menembus dinding


Mark XLV


Diperkenalkan Tony di pertempuran Sokovia di akhir film Age of Ultron, Mark XLV menampilkan desain yang lebih bulat dari pendahulunya dan penutup dada yang lebih besar dengan desain heksagonal pada Reactornya. Dalam armor ini Tony bertahan dari gempuran pasukan Ultron dan terlihat menggunakan unibeam yang kuat kala itu untuk menghancurkan musuh-musuhnya bersama Thor dan Vision. Inilah armor pertama Tony yang menggunakan sistem operasi yang berbeda, dimana J.A.R.V.I.S digantikan oleh sistem operasi bernama F.R.I.D.A.Y.. Armor ini dipercaya jauh lebih kuat dari pendahulunya. Pasalnya, dalam pertempuran akhir Sokovia, ketika sebagian kota Sokovia hancur, Tony mampu menahan ledakan ekstrem dan pulih seketika dengan kerusakan yang sangat sedikit.


Mark XLVII


Armor ini digunakan oleh Tony dalam film Spider-Man: Homecoming. Mark XLVII mirip dengan armor Tony di film Iron Man 3 yang bisa dikendalikan dari tempat lain yang jaraknya sangat jauh. Satu hal yang menarik dari armor ini adalah kemampuannya untuk menyelam di dalam air, seperti yang terlihat di Spider-Man: Homecoming ketika ia menolong Peter dari sungai. Sebenarnya dalam komik, Tony  mempunyai banyak armor bawah air, tapi dalam filmnya hanya armor ini yang menunjukan punya kemampuan menyelam. Selain itu, armor ini dilengkapi Grapple Chains, sebuah rantai yang ditembakkan dari mekanisme yang mirip peluncur roket, tapi yang harus diingat, alat ini bukanlah senjata ya Geeks!


Mark XLVI


Digunakan oleh Tony di sepanjang film Captain Americ: Civil War, Mark XLVI menjadi armor pencetus nanoteknologi yang saat ini digunakan oleh Tony. Dalam armor ini, sistem operasi F.R.I.D.A.Y menunjukan tajinya, dimana ia berhasil menganalisa pola pertarungan Captain America dan memberikan taktik atau metode untuk melawan balik. Armor ini juga mempunyai enam peluncur misil mini di tiap bahu, dan masing-masing satu peluncur misil dibagian belakang lengan. Meski misil ini berukuran kecil tapi nyatanya misil ini dapat menghancurkan berbagai benda keras dan berbagai logam, serta dapat merobohkan struktur bangunan dengan mudah.


MARK XLIV


Mark XLIV lebih dikenal dengan sebutan Hulkbuster. Tony dibantu Bruce Banner, sengaja membuat armor ini untuk menahan amukan Hulk saat Banner tak dapat lagi mengontrol alter egonya itu. Tenaga armor ini disuplai dari sebelas arc reactor. Saking kuatnya, bahkan Hulkbuster dapat menumbangkan Hulk serta mengangkatnya hingga terbang. Seandainya Hulkbuster mengalami kerusakan berat, pesawat Veronica yang terbang diatasnya akan segera mengirim “suku cadang” baru untuk mengganti bagian-bagian Hulkbuster yang rusak. Dan armor ini juga memiliki semacam semprotan kimia yang dipasang dipergelangan tangannya. Semprotan itu sepertinya berguna sebagai obat bius untuk Hulk.


Mark L


Dan yang terakhir adalah armor yang muncul terakhir di Avengers: Infinity War, yaitu Mark L. Armor ini adalah versi sempurna dari armor yang mengusung nanoteknologi. Dengan nanoteknologi, Tony bisa berubah menjadi Iron Man dalam hitungan detik kapan pun dan dimana pun, serta membuat berbagai senjata atau bahkan pelindung dengan cepat yang disebut Nanite Manipulation. Jika sesuatu menembus armor dan Tony yang berada didalamnya terluka, armor ini juga mampu mengeluarkan semprotan medis darurat yang dapat mengikat dan menutup luka parah, contohnya saat Tony tertusuk di perut oleh Thanos.

Itu dia keduapuluh armor keren dari Iron Man yang pernah muncul di berbagai filmnya. Dari semua itu mana yang jadi favorit kalian Geeks? Share di kolom komentar ya!

1
2
3
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/