Kembali ke Masa Lalu


“… And sometimes the best we can do is to start over.”

Itu adalah sepenggal kalimat dari salah satu narasi di dalam trailer kedua Endgame yang kemungkinan (catat ya Geeks, mungkin) itu adalah suara dari Peggy Carter.  Kalimat tersebut dapat diartikan “… dan terkadang hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah kembali mengulang dari awal.” Kalimat ini menjadi petunjuk lain tentang adanya perjalanan waktu di fim Endgame.

Berdasarkan kalimat tersebut seolah-olah Marvel ingin memberika tahun kalau jalan satu-satunya untuk bisa “menyelamatkan” semuanya adalah dengan mengulang kembali semua kejadian yang sudah terjadi. Bagaimana dengan Captain Marvel? She is sure will help them.  Anggap saja kalau Thanos sudah berhasil dikalahkan oleh Captain Marvel saat ini. Apakah para karakter yang berubah menjadi debu akan bisa kembali? Jawabannya mungkin iya mungkin juga tidak.

Tapi, akan lebih masuk akal jika mereka kembali ke masa lalu dan mengulang semuanya yang sudah terjadi. Tentunya dengan bantuan semua orang, termasuk Carol Danvers. Jika semuanya kembali berkumpul di masa lalu saat Thanos belum behasil mengumpulkan keenam Infinity stones, maka apa yang terjadi di Infinity War tentunya tidak akan terjadi.


Hitam dan Putih


Di beberapa adegan dalam trailer yang berdurasi 2 menit ini, terlihat bagaiamana beberapa adegan dari masa lalu dan dari fim lainnya dlam warna hitam putih. Mungkin terdengan sedikit cheesy atau terlalu lemah dasarnya, tapi biasanya warna tersebut digunakan dalam industri televisi dan perfilman untuk mewakili 2 hal, yang pertama, sebagai pengingat masa kelam, dan yang kedua memperlihatkan bagaimana adegan masa lalu terjadi.

Entah apakah unsur hitam dan putih ini jadi petunjuk atau sekedar menjadi pengingat  bagi para Avengers yang gugur. Tapi, satu poin penting yang digaris bawahi adalah adegan tersebut memperlihatkan masa lalu para Avengers founders, Tony Stark, Steve Rogers, dan Thor. Hal ini seolah-olah menjadi petunjuk bahwa mereka ingin mengembalikan semua dari awal, demi mencegah apa yang terjadi dengan dunia ini. Tinggal, apakah semua teori yang kita sebutkan terbukti? Atau time travel hanya sekedar keinginan kita sebagai para fans? Hanya tinggal satu bulan lebih kita bisa membuktikannya saat perilisan Avengers: Endgame.