Marvel Comics memiliki banyak sekali karakter yang paling kuat dalam berbagai cerita fiksi superhero. Beberapa karakter tersebut menggunakan ilmu pengetahuan untuk mendapatkan kekuatannya, tapi sebagian lainnya menggunakan cara yang berbeda yaitu menggunakan kemampuan magis. Sebagian dari mereka menggunakan kekuatan itu untuk mengalahkan musuh dan membela kebaikan, sebagian lainnya malah menggunakan kekuatan itu untuk menghancurkan. Siapa saja mereka? Simak pembahasannya dibawah ini!


Doctor Strange


Mantan dokter ahli bedah otak ini benar-benar menggunakan otaknya untuk mempelajari berbagai macam ilmu sihir. Seperti dalam filmnya disebutkan, dia bisa mengingat banyak hal termasuk buku-buku ilmu sihir yang dia pinjam dari perpustakaan. Berkat kemampuannya itu, Strange bisa dengan cepat belajar dan memahami ilmu sihir disaat orang lain butuh waktu lama untuk mempelajarinya.

Berkat dirinya yang bisa “melahap” berbagai materi dan ilmu sihir dalam waktu cepat, Strange kemudian berubah menjadi seorang master di bidang ini. Strange bisa dibilang adalah penyihir paling kuat di dunia. Biasanya, Strange menggunakan macam-macam mantra atau menggunakan kekuatan lainnya untuk memanipulasi kekuatan yang ada di dunia ini, seperti mengeluarkan petir, tameng, dan berbagai macam benda lainnya.


Werewolf By Night


Marvel memang terkenal dengan berbagai galeri pahlawan super yang ada di perpustakaan mereka. Hal ini juga yang membuat Marvel sukses baik di filmnya maupun di komiknya. Meskipun Marvel penuh dengan kreasi superhero atau pahlawan super, tapi mungkin banyak yang belum tahu kalau dalam cerita komik Marvel juga membuat monster.

Bahkan, karya resmi pertama Stan Lee untuk Marvel adalah sosok monster bernama Groot. Dalam ceritanya, saat berusia 18 tahun, Jack Russell dikutuk menjadi manusia serigala setelah leluhurnya, Gregor Russoff, mencoba untuk menyelamatkan istrinya, Louisa. Karena hal itu, tiap bulan purnama terjadi, Jack pun berubah menjadi menjadi manusia serigala. Dalam bentuk serigala, dia punya pengelihatan inframerah yang memungkinkannya untuk melihat kondisi fisik dan mental lawannya. Bahkan dia juga hampir mustahil untuk dibunuh karena punya semacam healing factor yang dapat menyebuhkan luka fatal sepuluh kali lebih cepat dari manusia.


Enchantress


Mungkin Geeks banyak yang bingung dengan nama Enchantress karena, DC juga mempunya karakter penyihir perempuan bernama Enchantress yang sempat muncul di film Suicide Squad. Tapi, karakter Enchantress ini bukanlah yang muncul di Suicide Squad. Enchantress versi Marvel ini bernama Amora yang berasal dari Asgard. Amora adalah salah satu penyihir yang paling mengerikan.

Kekuatan magis dari Enchantress sangat diperhitungkan di Asgard. Walau Kekuatan dan kecakapan sihir Enchantress masih dibawah Karnilla, Doctor Strange, atau bahkan Faltinian Clea, Namun keahliannya masih cukup tinggi untuk disandingkan diantara dua puluh praktisi sihir teratas di seluruh Asgard. Dia dapat menghasilkan ledakan kuat dan sihirnya  dapat mengubah penampilannya dengan mengambil wujud dari makhluk humanoid lain atau memindahkan dirinya memasuki jiwa orang lain dari jarak yang sangat jauh.


Ghost Rider


Ada tiga versi dari karakter yang pernah menjadi “algojo neraka” ini, yaitu Johnny Blaze, Danny Ketch, dan Robbie Reyes. Meskipun ada tiga versi dari Ghost Rider, mereka punya satu kesamaan yaitu mempunyai salah satu kekuatan yang paling mematikan di seluruh universe Marvel. Semua makhluk, bahkan termasuk Hulk sekalipun, tidak berani untuk mencari masalah dengan Ghost Rider.

Hal ini juga ditambah dengan sebuah “penambahan” terbaru oleh Marvel dimana di masa depan Ghost Rider berubah versi menjadi Cosmic Ghost Rider, setelah menjadi satu-satunya makhluk yang selamat dari kehancuran bumi.


Dracula


Banyak sekali para penerbit buku-buku komik besar menggunakan cerita dan karakter Dracula dengan cerita yang bervariasi. Tapi, mungkin tidak ada yang menggunakan karakter Dracula seperti yang dilakukan oleh Marvel Comics. Seri komik Tom of Dracula sempat  melegenda dan sudah melahirkan banyak hal untuk idustri buku komik. Salah satunya adalah memperkenalkan karakter pembasmi vampir, Blade, serta dunia supranatural Marvel Comics.

Dracula mendapat kekuatan vampir dari gigitan vampir Lianda dan mendapatkan kekuatan tambahan dari Varnae. Kekuatannya jauh lebih besar daripada kebanyakan vampir. Dia bisa mengendalikan mental korban yang telah dia gigit, dan menghipnotis siapun dengan tatapannya. Bahkan, dia mampu mengubah bentuk menjadi kelelawar atau serigala dan menghilang dibalik kabut.


Morgan Le Fay


Kalau berbicara tentang villain legendaris, Marvel Comics punya versinya sendiri dari Morgan Le Fay, seorang villain perempuan dalam cerita legenda raja Arthur. Le Fay diberkahi dengan kekuatan sihir yang luar biasa dan mampu untuk memanipulasi banyak hal. Dia menggunakan kekuatan mistiknya untuk digunakan dalam rencana balas dendam dan menghancurkan hal lainnya.

Le Fay adalah mantan murid Merlin, yang tahu banyak pengetahuan magis dan dianggap sebagai salah satu ahli sihir terbesar dalam sejarah Bumi. Untuk membuktikan itu, Eye of Agamotto menampakkan diri kepada Morgan karena menganggapnya sebagai pengganti yang tepat untuk menggantikan Doctor Strange sebagai Sorcerer Supreme. Le Fay juga pernah mengucapkan sebuah mantra yang membangkitkan kembali benua Atlantis yang tenggelam. Sama seperti yang lain, ia dapat mengendalikan musuhnya dan memperbudak Thor untuk melakukan apapun yang dimintanya.

Le Fay sempat memiliki masalah besar dengan para pahlawan supranatural Marvel di masa lalu. Mungkin, Marvel Studios bisa mempertimbangkan Le Fay untuk bisa muncul di film Captain Britain (kalau jadi dibuat) atau menjadi musuh besar para pahlawan supranatural Marvel selanjutnya di MCU.


Nightmare


Di film MCU mungkin kita sudah mengetahui kalau Dr. Strange harus menghadapi seorang musuh yang sangat luar biasa kuat yaitu Dormamu. Tapi, dalam cerita komiknya Dr. Strange punya banyak sekali daftar musuh sejak awal diperkenalkan. Salah satunya adalah Nightmare, penguasa dari dimensi mimpi. Nightmare adalah seorang makhluk extra-dimensional yang gemar melakukan kehancuran dan sangat senang dengan kekuatan.

Dengan kekuatannya yang berada di luar batasan dunia kita, bahkan juga realita kita, Nightmare menjadi lawan tangguh Dr. Strange. Nightmare mampu menangkap bentuk astral orang yang sedang tidur dan membawanya ke alam tempatnya berada. Disana mereka disiksa dengan berbagai cara yang dia pilih. Dalam kondisi normal, Nightmare tidak dapat memengaruhi seseorang yang tidak tertidur. Mudah-mudahan saja di film Dr. Strange 2 nanti Marvel akan memperkenalkan Nightmare. Tapi, sampai saat ini belum ada rumor yang muncul mengenai hal ini.


Satana


Satana adalah salah satu karakter Marvel yang jarang mendapatkan “perhatian” akhir-akhir ini. Satana sering kali menjadi sebuah karakter yang diremehkan dan kurang diperhatikan. Kakaknya, Damian Hellstorm, yang justru mendapatkan sorotan dan perhatian tersebut. Ada alasan mengapa Satana disebut sebagai putri iblis. Dia adalah mimpi buruk, kekacauan, dan terror bagi siapa saja yang menentangnya. Beberapa karakter kuat Marvel pernah merasakan kekuatan dari Satana.

Dengan menggunakan sihir, dia bisa melepaskan iblis yang kuat bernama Basilisk. Ia juga dapat terbang menggunakan proyeksi astral dan dapat menembakkan api yang berasal dari neraka yang dapat merusak jiwa dari para korban yang terkenal olehnya. Semakin banyak dia membunuh para korbannya, maka kekuatan sihirnya pun akan terus meningkat.


Dormamu


Dormamu adalah musuh utama sang penyihir agung Doctor Strange. Ia digadang-gadang sebagai salah satu pengguna sihir terkuat di Marvel Universe, dan bisa dibilang dia adalah seorang supervillain yang kekuatannya hampir mendekati dewa. Kekuatannya benar-benar diluar pemahaman dari karakter Marvel yang paling cerdas sekalipun. Kekuatan dan misteri dari Dormamu ini juga hampir mirip dengan Cthulhu, salah satu dewa di cerita Marvel yang ingin memangsa bumi. Dormamu dan Cthulhu juga sama-sama memiliki pengikut, contohnya seperti yang pernah ada di film Dr. Strange,  yang kala itu diperankan oleh Mads Mikkelsen. Saking hebatnya kekuatan sihirnya, dia pernah mengaku membakar Celestials di Flames of the Faltine.


Mephisto


Mungkin diantara semua makhluk supranatural yang paling kuat di cerita Marvel Comics, Mephistopheles adalah juaranya. Mephisto adalah iblis yang super kuat yang menjadi dalang dibalik beberapa kejadian yang paling kejam yang terjadi di Marvel Comics, termasuk dalam cerita One More Day dimana Peter Parker harus merelakan cerita pernikahannya dengan Mary Jane tidak pernah terjadi.

Meskipun pahlawan super Marvel berhasil mengalahkannya, pada kenyataanya mereka tidak benar-benar mampu buat mengalahkannya. Dia bisa mengeluarkan proyeksi energi mistis, memberikan ilusi kepada musuhnya, memanggil makhluk gaib dan mengubah bentuknya jadi apapun. Dia tidak perlu bernafas, makan, minum dan tidur. Saking kuatnya dia, bahkan Silfer Surfer pun pernah kalah ditangannya dalam sebuah pertempuran.