Film Godzilla: King of the Monsters, nantinya akan memperlihatkan kita bagaimana jadinya jika Godzilla harus menghadapi tiga monster mengerikan sekaligus. Para monster yang sudah dipastikan akan muncul di film ini adalah Mothra, Rodan, King Ghidorah, dan pastinya Godzilla itu sendiri. Para monster itu sudah pernah muncul di poster karakter mereka masing-masing dan juga di trailer pertama Godzilla: King of the Monsters.

Tapi, di trailer kedua kita diberikan sekilas tentang adanya monster lainnya yang menampakkan diri mereka, selain keempat monster tadi. Dengan MonsterVerse yang terus semakin berkembang, rasanya mungkin tidak aneh kalau para monster baru akan muncul satu persatu. Siapa saja mereka?


Dua Monster Rahasia di King of the Monsters


Ada dua monster yang masih misterius yang bisa kita liat di trailer kedua film ini. Monster misterius pertama adalah monster yang muncul dari bawah sebuah ladang minyak dan memiliki bentuk kaki seperti kepiting. Monster misterius yang lainnya sulit dikenali, tapi monster tersebut mempunyai bentuk yang mirip dengan bentuk gunung. Bahkan, di punggungnya ada tanaman yang hidup dan juga cangkangnya terlihat sangat keras. Monster ini punya kemiripan dengan Angurius, salah satu kaiju atau monster yang pertama kali muncul di film Godzilla Raids Again pada tahun 1955. Tapi, kalau diperhatikan lebih seksama lagi sepertinya monster tersebut benar-benar baru.


Monster Tersebut Adalah Rokmutul


Selain dua MUTO yang sempat muncul di film Godzilla versi reboot kemarin, ada beberapa kaiju orisinal lainnya yang didesain khusus untuk film ini. salah satunya disebut sebagai Rokmutul, seekor monster kadal raksasa yang mempunyai enam kaki. Sama seperti Anguirus, Rokmutul punya desain berdasarkan jenis dinosaurus Ankylosaurus.

Tapi, bedanya adalah Angurius punya cangkang keras dan banyak duri-duri tajam di punggungnya, mirip seperti landak atau kura-kura. Sedangkan Rokmutul juga sama-sama  mempunyai duri yang tumbuh di punggunya, hanya saja yang membedakan adalah duri yang terlihat lebih besar yang letaknya berada di ekornya. Meskipun pada akhirnya Rokmutul tidak jadi muncul di film Godzilla, hal ini menunjukan kalau di bumi ini ada banyak sekali monster seperti Godzilla yang masih belum ditemukan dan juga rasanya tidak heran kalau Legendary Pictures kembali menampilkan monster ini.


Arti Rokmutul Bagi MonsterVerse


Toho Films punya banyak sekali daftar kaiju legendaris dan klasik di perpustakaan mereka. Beberapa monster tersebut akan muncul di film King of the Monsters , sedangkan monster lainnya masih menunggu giliran untuk tampil karena MonsterVerse sendiri masih akan terus berkembang secara pesat. Tapi, para monster MUTO di film Godzilla adalah elemen yang paling menarik. Karena, tidak ada satu orang yang tahu apa nama monster tersebut, siapa monster tersebut, dan bagaimana mereka bisa bangkit.

Hal ini juga sempat diaplikasikan oleh film Kong: Skull Island dimana, film tersebut bukan hanya menampilkan King Kong saja tapi juga menampilkan berbagai monster baru yang orisinal. Berdasarkan hal tersebut, sepertinya MonsterVerse dari Legendary Pictures ini bukan hanya tertarik untuk menggunakan MonsterVerse ini sebagai ajang untuk memperlihatkan berbagai desain monster orisinal mereka, tapi juga ingin membangun koleksi kaiju mereka sendiri.

Kalau memang Rokmutul dan monster berkaki kepiting yang muncul di trailer kedua adalah monster baru yang orisinal, hal itu bisa membuktikan komitmen dari Legendary Pictures kepada MonsterVerse untuk menampilkan berbagai desain baru dari para monster. King of Monsters sudah menampilkan empat monster klasik milik Toho Films, jadi rasanya sangat disayangkan kalau film ini tidak menghadirkan monster klasik Toho lainnya seperti Kumonga dan Anguirus. Dengan menggunakan monster baru di setiap filmnya, bisa dipastikan para penggemar berat MonsterVerse akan terus setia menantikan berbagai monster terbaru dari Legendary Pictures dan franchise ini akan selalu terasa lebih fresh.