Proyek film live-action dari seri animasi terpopuler, Gundam, saat ini sedang memasuki masa pengembangan di bawah pengawasan Legendary Pictures. Sebelumnya diumumkan pada 2018 kemarin dalam acara Anime Expo, Legendary Pictures dan Sunrise Studio mengumumkan kerja samanya untuk membuat proyek film live-action Gundam. Setelah pengumuman tersebut belum ada lagi kabar apapun yang terkait dengan film adaptasi ini.

Kemarin, The Hollywood Reporter mengabarkan kalau penulis komik, Brian K Vaughan, sudah ditunjuk buat menulis naskah skrip film ini. Vaughan dikenal melalui karyanya Y: The Last Man, Runaway, Saga, dan masih banyak lainnya. Bahkan salah satu komiknya, Runaway, diadaptasi menjadi sebuah TV seri yang ditayangkan di saluran Hulu. Selain diadaptasi menjadi TV series, ada juga beberapa karya komiknya yang diangkat ke layar lebar.

Mobile Suit Gundam sendiri pertama kali ditayangkan di TV Jepang pada 1979 yang lalu dan berfokus kepada sebuah peperangan dengan menggunakan robot-robot besar. Cerita animasi Gundam berbeda dengan cerita animasi robot-robot lainnya. Biasanya robot dan para pilot robot tersebut selalu menjadi pahlawan dan begitu heroik. Gundam punya konsep yang berbeda, dimana di kedua kubu para pilot mereka masing-masing juga punya konflik tersendiri. Bahkan, para pilot Gundam ini enggak buat pergi bertempur.

Selama 40 tahun terakhir ini, Gundam sudah melahirkan 20 TV seri, 16 film animasi, dan 16 video animasi orisinal. Di tahun 2018, Gundam diperkirakan berada di peringkat ke 15 untuk franchise yang punya pemasukan kotor paling besar sepanjang masa. Mereka sudah mengumpulkan hampir 15 miliar Dollar dari segi pemasukan. Tidak lupa juga, Gunpla, plastic models dari para robot Gundam, udah terjual lebih dari 450 juta unit dengan 2.000 lebih model. Karena filmnya masih dalam proses pengembangan, jadi mohon bersabar ya Geeks!