Seragam Captain Marvel yang Bisa Berubah Warna


Salah satu misteri yang menyelimuti karakter Captain Marvel ini adalah bagaimana Carol mendapatkan kostum yang referensinya diambil dari komik terbaru karya DeConnick yang berwarna biru, merah, dan emas. Hal ini dikarenakan kostum awal yang dipakai oleh Carol adalah kostum pasukan Kree berwarna hijau. Tapi, tidak ada yang menduga sebelumnya kalau ternyata  kostum Captain Marvel tersebut bisa berubah warna.

Sebelum akhirnya memilih warna seperti saat ini, Carol sempat memilih beberapa warna untuk kostumnya itu. Pertama adalah warna merah, biru, dan kuning. Warna ini diidentikan dengan identitas Carol Danvers waktu masih menggunakan nama Ms. Marvel dan juga kostum yang yang dipakai oleh Mar-Vell. Kemudian berubah menjadi warna hitam dan perak yang mungkin ada kaitannya dengan kostum Carol waktu dia masih menjadi bagian dari S.H.I.E.L.D.. Kombinasi warna hijau dan putih adalah kombinasi yang paling mengejutkan karena, kedua warna itu adalah warna kostum Mar-Vell waktu pertama kali datang ke bumi.


Alat Penerjemah Universal


Mungkin Captain Marvel tidak terlalu banyak memasukan unsur Guardians of the Galaxy seperti yang sebelumnya digadang-gadang oleh para fans. Tapi ada sisi kosmik MCU lainnya yang ditampilkan di film ini. Contohnya adalah alat penerjemah universal yang mungkin buat para penggemar franchise Guardians of the Galaxy, alat ini udah tidak asing lagi.

Hal ini bisa dilihat waktu Carol jatuh di toko Blockbuster video. Dia kemudian keluar dan menanyakan kepada seorang penjaga keamanan apakah dia yang bertanggung jawab di daerah tersebut. Saking kagetnya dia melihat Carol, si penjaga keamanan tersebut tidak bisa berkata apa-apa. Carol kemudian menanyakan apakah dia bisa mengerti apa yang dia ucapkan dan bertanya apakah alat penerjemah universalnya rusak.


Ronan The Accuser


Mungkin banyak Geeks yang masih bingung darimana Ronan mendapatkan nama belakang itu. Ada juga yang mengira kalau nama “the Accuser” tersebut adalah nama yang diberikan saat Ronan menjadi villain di film Guardians of the Galaxy. Dalam salah satu adegan para rakyat di planet Xandar dituduh sebagai penghianat sehingga Ronan harus melakukan balas dendam,

Tapi, di film ini semuanya (mungkin) sudah jelas. Saat Starforce pergi ke planet Torfa, Yon-Rogg menyebutkan kalau planet tersebut akan jadi planet pertama yang dihancurkan oleh karpet bom dari “The Accusers.” Kemudian terungkap kalau nama tersebut adalah nama dari pesawat perang canggih milik Kree. Ronan adalah komandan dari para pasukan tersebut.


Maria Rambeau


Sempat ada kebingungan diantara para fans saat ceritanya berhubungan dengan teman dekat dari Carol Danvers dan juga sekaligus rekan pilotnya. Kebanyakan para fans komik Marvel mengetahui nama sama sahabat Carol adalah Monica Rambeau. Tapi, ternyata dalam filmnya namanya bukan Monica Rambeau melainkan Maria Rambeau. Monica Rambeau adalah anak dari Maria dan usianya pun masih sangat muda.

Dalam cerita komiknya, Monica adalah penerus dari titel Captain Marvel setelah Carol Danvers. Masih belum diketahui apakah Marvel sudah punya rencana besar buat Monica. Apakah kedepannya Monica yang akan menggantikan Carol Danvers sebagai Captain Marvel? Kita tunggu saja ya Geeks!


Leutenant Trouble


Nama panggilan ini sering diucapkan oleh Carol kepada anak Maria, Monica Rambeau. Sebelum Carol menjadi bagian dari Kree, sekitar enam tahun yang lalu, Carol adalah sahabat bagi Maria Rambeuau. Saking dekatnya, Monica menganggap kalau Carol adalah bagian dari keluarganya. Bahkan, Monica memanggilnya sebagai bibi Carol. Carol sendiri punya panggilan khusus yaitu “leutenant trouble.”

Dalam cerita komik terbarunya, nama tersebut diberikan oleh Carol kepada Katherine Renner, anak dari Marina Renner. Carol adalah sahabat bagi Marina dan Katherine apalagi Carol jarang berada di bumi, hal itu membuat Carol tidak terlalu mempunyai banyak teman. Mereka berdua adalah sahabat akrab bagi Carol. Mungkin bisa jadi ide yang bagus kalau di film selanjutnya (kalau Marvel punya rencana untuk ini) ada sosok gadis kecil yang kagum dengan Carol Danvers.


Binary Mode


Di hampir sepanjang filmnya, Carol selalu menyimpan rapat-rapat kekuatan yang ada di dalam dirinya. Seperti yang diketahui, kalau Carol terkena ledakan dari alat milik Kree dan terkena radiasi dari ledakan tersebut. Hasilnya, dia jadi punya kekuatan super yang dahsyat. Tapi, Yon-Rogg selalu melarang menggunakan kekuatan itu dan lebih memilih buat menggunakan kekuatan fisik.

Bahkan, Carol dipasangi sebuah alat yang bisa mengendalikan kekuatan tersebut. Sampai akhirnya, di akhir cerita Carol merasa sudah waktunya dia melepaskan semua potensi yang dia miliki dan terpendam. Dalam komiknya, Carol menggunakan identitas baru yaitu Binary dimana dia menggunakan seluruh kekuatannya secara maksimal. Meskipun penampilannya berbeda dengan versi komik, Binary adalah sosok yang luar biasa. Dia bahkan menghancurkan satu kapal pasukan Ronan tanpa harus berusaha banyak.


Bertemu Dengan Avengers


Melanjutkan tradisi setiap film-film MCU, film Captain Marvel juga menggunakan credit scene untuk memberikan bocoran apa yang akan terjadi di film mereka selanjutnya. Di film Captain Marvel, mid-credit scene menjadi perbincangan utama di kalangan para fans. Dalam adegan tersebut para Avengers yang tersisa, seperti Black Widow, Bruce Banner, Steve, dan Rhodey berusaha keras untuk tetap menghidupkan sinyal pager yang dikirim Fury.

Mereka sendiri masih belum tahu, siapa sebenarnya yang dipanggil oleh Fury dengan pager tersebut. sampai akhirnya Carol pun muncul di markas Avengers dan menanyakan keberadaan Nick Fury. Pertanyaan besar pun kemudian muncul, bagaimana Carol bisa selamat dari apa yang terjadi di Infinity War? Kenapa dia tidak bertambah tua? Dimana saja dia selama ini? Apakh dia tahu apa yang terjadi?


Goose dan Tesseract


Yang gak kalah menarik yang jadi bahasan di kalangan para fans adalah adegan post-credit scene. Dalam adegan sebelumnya, Fury bingung bagaimana menyimpang Tesseract tersebut dan bagaimana caranya menyimpang Tesseract. Akhirnya Goose pun ”memakan” Tesseract dan menyimpannya di dalam perut. Di akhir filmnya terlihat Goose masih berada di kantor Nick Fury, yang kemungkinan kejadian tersebut terjadi beberapa minggu setelah Fury berhasil kembali ke bumi dari kapal Mar-Vell dan kehilangan matanya akibat Goose.

Di adegan post-credit scene, akhirnya Goose mengeluarkan Tesseract yang ada di perutnya dan menyimpannya di atas meja Nick Fury. Mungkin hal itu sebagai ungkapan permintaan maaf Goose karena telat membuat Fury kehilangan sebelah matanya. Hal ini juga menjawab permasalaha bagaimana Tesseract bisa ada di tangan S.H.I.E.L.D. karena, sebelumnya berada di tangan Mar-Vell.

Itulah beberapa Easter Eggs yang ada di film Captain Marvel. Sebagian Easter Eggs ini ada yang diambil dari komik dan ada juga yang sengaja dibuat untuk “meluruskan” berbagai perdebatan diantara para fans. apakah kaiian menemukan Easter Eggs yang lain?

 

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.