Diantara karakter superhero lainnya, mungkin Batman punya lebih banyak pilihan musuh/villain. Gak cuma Joker, Scarecrow, atau mungkin Catwoman, tapi sebenarnya Batman punya banyak banget villain yang tindak tanduknya lebih berbahaya, namun jarang banget diadaptasi ke layar lebar ataupun diketahui orang banyak. Kira-kira siapa aja sih mereka?

Mad Hatter

Pertama kali muncul di komik Batman #49, Jervis Tetch sangat terobsesi dengan salah satu novel anak-anak yaitu Alice in Wonderland. Saking tergila-gilanya, dia selalu punya pikiran buat nyiptain Alice versi dia sendiri. Demi memenuhi fetishnya tersebut dia sering menculik anak-anak, mengikuti mereka, bahkan mereka menyuruh anak-anak tersebut buat bunuh diri.

Yang mengerikan dari Mad Hatter adalah gimana dia bisa dengan mudahnya ngebalikin sesuatu hal yang tidak berbahaya menjadi suatu hal yang mengerikan. Sesuatu seperti cerita anak-anak dirubah dan punya twist yang mengerikan demi obsesi gilanya.

Jane Doe

Mungkin banyak yang berfikir kalau penampilan Jane yang gak punya kulit adalah hal yang membuat dia mengerikan. Tapi, hal itu bukan yang menyebabkan dia menjadi sosok villain. Dia adalah seorang pembunuh berantai yang jiwanya selalu kosong, dan hal itu adalah sesuatu yang lebih mengerikan dibandingkan penampilannya.

Jane Doe punya kemampuan berubah bentuk menjadi sesuatu hal yang sangat disenangi oleh calon korbannya. Dia juga menirukan tingkah laku dan bahkan suara dari hal tersebut. Karena kemampuan ini, Jane Doe sering berubah wujud menjadi seseorang yang ada di sekitar calon korbannya dan mereka gak sadar akan hal tersebut.

Charaxes

Serangga pembunuh udah bukan lagi villain yang ditakuti, bahkan oleh Batman sekalipun. Barbara Gordon sendiri pernah menangani mereka dengan “mudah”. Tapi, semuanya berubah waktu Necron, iblis dari neraka, nawarin kepada para villain DC supaya jiwa mereka ditukar dengan kekuatan. Melihat hal ini, Batman kemudian berubah menjadi lebih serius dalam nanganin berbagai kasus “serangga”.

Contoh nyata dari apa yang diucapkan Necron adalah Charaxes, serangga brutal yang kemudian berubah jadi sosok monster pembunuh. Dia menangkan korbannya dan membunuhnya dengan cara diikat didalam sebuah kepompong. Secara penampilan, mungkin Charaxes yang paling mengerikan dibandingin villain lainnya.

Clayface

Ada beberapa versi Clayface yang udah diperkenalkan DC. Tapi, semua versi itu punya sebuah kesamaan yaitu punya kemampuan berubah bentuk tubuh tanah liat mereka menjadi sosok lainnya. Sama seperti Jane Doe, kemampuan inilah yang mengerikan dari karakter Clayface. Clayface mampu berubah menjadi apapun yang dia mau tapi, ada satu hal lainnya yang mengerikan juga dari Clayface.

Di salah satu episode Batman the Animated Series, Clayface menghadirkan seorang anak yang punya tujuan yang sama dengan “orang tuanya”. Tubuh Clayface sendiri bisa punya tujuan dan keinginannya masing-masing. Hal inilah yang bikin Clayface jadi sosok mengerikan dan berbahaya.

Professor Pyg

Satu kata buat Pyg, dia adalah monster. Professor Pyg adalah seorang ahli bedah yang ingin melakukan percobaan kepada manusia, dengan mengganti muka mereka dengan muka boneka atau apapun dan memerintah mereka supaya patuh. Awalnya, Pyg adalah satu-satunya villain yang diciptakan Grant Morrison tanpa terinspirasi oleh siapapun.

Tapi, sekarang justru Professor Pyg adalah villain yang kemudian “menginspirasi” berbagai villain baru Batman. Bukan gak mungkin karakter ini bisa diangkat dan diadaptasi ke layar lebar. Tapi, yang jadi masalah adalah kebrutalan yang dia lakukan rasanya sulit buat diangkat ke film mainstream.

Doctor Death

Karakter villain ini emang udah lama banget jadi salah satu villain Batman tapi, karakter ini gak pernah diperhatikan oleh para penggemar. Baru di komik New 52, Doctor Death punya tempat sendiri di perpustakaan villain Batman. Doctor Death sendiri sebenarnya adalah mantan karyawan dari Wayne Enterprises yang menyalahkan Bruce atas kematian anaknya.

Karena kecewa, akhirnya Death mengkonsumsi serum yang tanpa dia duga justru menumbuhkan tulangnya jadi gak terkendali. Dia menggunakan serum ini buat mengincar targetnya. Serum ini juga udah nyiptain monster yang mengerikan dengan semua struktur tubuhnya terbuat dari tulang. Mungkin Doctor Death lebih pantes disebut monster dibandingkan manusia.

Court of Owl

Dengan seringnya Batman keluar malam buat numpas kejahatan dan koneksi yang gak terbatas dari seorang Bruce Wayne, Batman selalu berpikir kalau dia udah tahu semua sisi Gotham. But, he’s wrong. Bruce Wayne gak tahu kalau selama ini kota Gotham sebenarnya dikendalikan oleh kelompok yang mirip dengan Iluminati yang bernama Court of Owl.

You know what so frightening about them? They can whatever they want. Apapun tujuan mereka, apapun yang mereka inginkan, gimana pun rencananya, mereka semua bisa mendapatkannya. Bahkan dengan cara-cara yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Definisi classy brutal mungkin adalah kata yang tepat untuk menggambarkan organisasi ini.

Man-Bat

Man-Bat adalah salah satu musuh lama Batman. Makhluk mengerikan ini tadinya adalah manusia biasa bernama Kirk Langstorm yang kemudian berubah menjadi makhluk mengerikan mirip kelelawar. Sama seperti Venom dan Hulk, selalu ada perdebatan di kepala Kirk antara dirinya dan makhluk tersebut.

Namun sebenarnya mereka berdua, ( makhluk yang ada di dalam tubuh Kirk maupun Kirk sendiri), tidaklah jahat. Mereka cuma dikendalikan sama insting liar mereka yang justru menuntun mereka kepada kematian.

Flamingo

Selain Profeesor Pyg, villain karya Grant Morrison lainnya adalah Flamingo yang muncul di Batman 666. Flamingo adalah sosok villain yang flamboyan dan dia juga selalu mengendarai motor kesayangannya. Dari penampilan, gak ada yang mengerikan dari sosok Flamingo ini. Lalu, apa yang membuat Flamingo jadi villain yang mengerikan?

Dia adalah seorang kanibal alias pemakan sesama. Sebelum dimakan, Flamingo mengupas kulit mereka dengan giginya secara langsung. Jadi, mungkin rasanya wajar kalau Flamingo adalah salah satu karakter yang jarang diangkat ke layar lebar.

Hugo Strange

Hugo Strange sering disebut sebagai salah satu villain Batman yang kurang begitu dikenal alias underrated. Hugo adalah seorang ilmuwan dan ahli merancang strategi yang cerdas. Dalam pertarungannya melawan Batman, dia sering menggunakan metode perang psikologis demi menyiksa Batman.

Dia adalah manusia yang secara genetik bermutasi menjadi seseorang yang mengerikan. Hal yang paling mengerikan dari Hugo adalah kecerdasan berpikirnya. Dengan kemampuannya itu, dia bisa mengetahui siapa identitas sebenarnya dari Batman. Tapi, dia lebih memilih buat menyimpannya sendiri, dan hal itu justru mengantar Batman pada situasi yang sangat menyiksa.

Kalau disuruh buat milih siapa villain “baru” yang harus muncul di film Batman, Dr. Hugo Strange mungkin bisa jadi piliha yang tepat. Perang psikologis antara keduanya bisa menghasilkan tensi menegangkan yang tinggi.