Carol Danvers alias Captain Marvel adalah karakter superhero terbaru yang bergabung ke MCU. Kalau dilihat dari penampilan, cerita, dan kemampuannya, Carol adalah seorang yang bisa diandalkan untuk melawan Thanos. Apalagi di Infinity War para Avengers hampir tidak mampu untuk menghentikan Thanos.

Bahkan Menurut Kevin Feige dan beberapa sumber lainnya, Captain Marvel akan jadi pahlawan yang paling kuat di MCU. Tentunya hal ini bikin kita penasaran, jika “diadu” secara head to head berbagai aspek antara Captain Marvel dan Thanos, siapa pemenangnya?


Strength


Captain Marvel sering disebut sebagai pahlawan paling hebat dari bumi. Dalam cerita komiknya, sering diperlihatkan kalau alter ego dari Carol Danvers ini punya tingkat kekuatan yang jauh melebihi Avengers lainnya. Selain pernah melawan Hulk dalam sebuah pertarungan satu lawan satu ( dan menang ), Captain Marvel juga bisa jadi lawan seimbang buat Thor. Kebayang segimana kuatnya Captain Marvel?

Tapi, di film Infinity War diperlihatkan kalau Thor sepertinya gak lebih baik dibandingin dengan Thanos (sebelum dia punya Stormbreaker). Bahkan, Thanos juga punya kekuatan yang lebih dahsyat dibandingin Hulk. Buktinya, Hulk jadi “mainan” Thanos. Pertarungan adu kekuatan antara Carol dan Thanos bakalan jadi satu poin yang bakalan diperhatiin oleh banyak orang.

Strength : Draw


Fighting Skill


Waktu Thanos bertarung dengan Hulk, apa yang bikin dia menang adalah cara bertarungnya yang terlatih selama bertahun-tahun. Artinya, Thanos bukan cuman kuat dari segi fisik tapi juga dari segi kemampuan bertarung, Thanos juga punya keunggulan. Hal ini pastinya jadi senjata andalan Thanos disamping Infinity Stones yang ada di tangannya.

How about Captain Marvel? Dia adalah seorang angkatan udara Amerika, dia adalah seorang pilot tempur Amerika, dia juga dilatih sama Yon-Rogg dan jadi bagian dari pasukan elit militer Kree, Starforce. Jadi, kalau urusan kemampuan bertarung Carol mungkin sedikit lebih unggul dibanding Thanos. Dia juga bisa dengan mudah menahan semua serangan Thanos.

Fighting Skill : Captain Marvel Win


Speed


Thanos memang punya penampilan yang besar, tinggi, dan berotot. Tapi, jangan salah Geeks dia juga sangat cepat. Ingat, di film Infinity War Thanos menghadapi beberapa superhero sekaligus di planet Titan. Dia menyamai dan bahkan mungkin melebihi kecepatan para pahlawan Marvel tersebut. Jadi, ketika dibutuhkan dan situasinya mendesak, kemampuan kecepatan Thanos akan mencapai level maksimal.

Beda Thanos, beda Carol. Carol Danvers cuman manusia biasa, badannya kecil dan ringan. Tapi, kalau urusan kecepatan Carol Danvers bisa lebih unggul dibanding Thanos dan para Avengers lainnya. Di cerita komik, waktu Carol mendapatkan form Binary dia bahkan bisa terbang lebih cepat dari cahaya. Karena kekuatannya itu dia bisa beperian ke seluruh galaksi dengan cepat.

Speed : Captain Marvel Win


Energy Based Power


Captain Marvel punya sederet kemampuan psionic yang berasal langsung dari DNA miliknya. Bukan dari armor ataupun dari kostum yang dia pakai. Contohnya adalah dia bisa terbang tanpa alat, dia bisa bertahan di luar angkasa tanpa bantuan apapun, dia bisa ngeluarin Photon Blast langsung dari tangannya, dan yang paling epik dia bia berubah jadi sosok yang dipenuhi oleh berbagai energi yang bisa menghasilkan kekuatan yang dahsyat.

Sedangkan Thanos gak punya kekuatan yang berasal dari dirinya sendiri. Meskipun dia gak punya kekuatan dan sederet kemampuan natural kaya Carol Danvers, Thanos punya teknologi alien yang sangat maju dan modern. Dia juga punya pasukan setia yang punya kemampuan psionic seperti Carol. Juga jangan lupa, dia punya Infinity Stones.

Energy Based Power : Captain Marvel Win


Intelligence


Carol Danvers adalah manusia dan juga seorang ksatria Kree. Artinya, kepintaranya gak usah diraguin lagi. Udah banyak banget cerita tentang kemenangan Carol di komiknya. Captain Marvel lebih senang menggunakan strategi dan perencanaan yang matang untuk menghancurkan musuh-musuhnya dan juga buat memenangkan berbagai persaingan.

Di sisi lain, Thanos adalah dalang dan otak dari berbagai hal mengerikan yang terjadi di MCU sampai sejauh ini. Selama berpuluh-puluh tahun, dia udah ngerencanain berbagai hal dan sering kali rencana yang udah dia susun selalu berhasil sesuai dengan keinginannya. Contohnya, meskipun semua Avengers mencoba buat menghentikan Thanos mengumpulkan Infinity Stones pada akhirnya dia tetap berhasil ngumpulin semuanya.

Intelligence : Thanos Win


Leadership


Dalam cerita komik, Captain Marvel sering banget menjadi pemimpin di berbagai kejadian. Dia pernah memimpin Avengers dalam beberapa misi dan bahkan Carol sendiri pernah bikin tim superhero, yaitu the Ultimate. Di MCU sendiri, udah banyak banget petunjuk kalau kemunculan Carol di film Endgame nanti bakalan menyatukan semua Avengers demi mengalahkan Thanos.

Masalah kepemimpinan udah bukan hal yang aneh buat Thanos. Salah satu contoh kuatnya kharisma Thanos sebagai pemimpin, dia punya banyak banget tentara dan bawahan. Kelompok yang langsung diperintah oleh Thanos disebut Black Order. Kalau berbicara tentang pertarungan besar, Thanos pastinya bakalan bawa semua pasukannya. Contoh nyatanya adalah waktu pertarungan besar di Wakanda.

Leadership: Thanos Win


Durability


Udah sering banget Captain Marvel dibandingin dengan Thor dan Hulk. Artinya kalau masalah daya tahan kekuatan, Carol bisa lebih unggul dibanding Thanos. Di dalam cerita komiknya, Captain Marvel ini punya kemampuan buat menyerap berbagai energi dan kemudian menggunakan energi tersebut supaya dirinya menjadi lebih kuat. Kalau daya tahan yang ada di komik diaplikasiin ke film, rasanya gak bakalan ada masalah buat Carol menerima serangan dari Thanos.

Thanos juga punya daya tahan yang luar biasa. Dia pernah kena pukulan Hulk berulang kali dari jarak dekat. Tapi, hal itu dia anggap seolah-olah gak ada efeknya. Di film Infinity War juga udah diliatin kalau dia pernah ngehadapin lima karakter sekaligus tanpa masalah. Jadi, jelas kalau Thanos adalah seseorang yang punya daya tahan dahsyat. Kalau film Marvel gak ada pembatasan waktu, mungkin pertarungan keduanya bisa sampai berjam-jam.

Durability : Draw


Comic History


Thanos dan Captain Marvel udah sering kali bertarung di masa lalu. Meskipun sempat Thanos berhasil menghancurkan semua universe Marvel beberapa kali, Thanos juga pernah dikalahkan beberapa kali. Contohnya adalah Thanos pernah dikalahin oleh Mar-Vell, jauh sebelum Carol melanjutkan nama Captain Marvel. Sedangkan Carol sendiri juga pernah ngalahin Thanos waktu dia bersama dengan Avengers.

Comic History: Draw

Seperti yang udah kita lihat di atas, sepertinya pertarungan antara Carol Danvers dan Thanos bakalan jadi pertarungan yang sengit. Karena, kekuatan mereka hampir sama. Keduanya benar-benar kuat, punya kekuatan dengan level kosmik, dan punya sekutu yang juga kuat. Kemampuan fisik Carol bisa jadi keuntungan dalam pertarungan ini dengan catatan, Thanos gak punya akses ke salah satu senjatanya seperti Infinity Gauntlet.

Di sisi lain, Thanos juga gak mungkin ngehadapin Carol dan para Avengers tanpa persiapan atau strategi apapun. Meskipun Carol Danvers berhasil ngehajar Thanos abis-abisan tapi, Thanos bisa aja punya rencana lain. Rencana yang dia bikin terbukti selalu berhasil. Yang pasti pertarungan Thanos dan Carol, bakalan jadi pertarungan yang epik dan menguras tenaga.