Vision adalah salah satu karakter Marvel yang unik. Dia merupakan anggota Avengers yang punya Mind Stone di kepalanya. Vision sendiri pertama kali muncul di film Avengers: Age of Ultron. Keunikan Vision ini ada di otaknya, karena apa yang ada di dalam kepalanya itu adalah perpaduan dari otak JARVIS, Ultron, dan Mind Stone sendiri.

Namun meski dia udah nyoba buat mengendalikan atau menguasai Mind Stone selama bertahun-tahun, tapi menurut Vis tetep aja dia belum bisa sepenuhnya mengendalikan “hadiah” yang dia miliki itu. Selain itu, karena dia punya salah satu batu Infinity Stone, gak heran dia jadi incaran Thanos. Dalam pertarungan besar di Wakanda, Vision berhasil buat dikalahkan. Hasilnya, Thanos bisa mengambil Mind Stone yang ada di kepalanya. Sekilas, sepertinya itu adalah kisah akhir dari Vision. Namun, cerita tentang Vision kayanya masih belum selesai.

Kalau memang benar, kira-kira bagaimana dia kembali hidup? Apakah setelah dia kembali hidup dia bakalan kembali “bersatu” dengan Mind Stone? Kalau memang dia gak bisa kembali bersatu dengan Mind Stone, gimana hal itu ngerubah kehidupannya?


Masa Depan Vision Di MCU


Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, satu hal yang harus kamu tahu adalah nasib Vision di MCU secara keseluruhan. Di film Avengers: Infinity War, Vision diceritakan tewas akibat Thanos. Tapi, pemeran karakter Vision, Paul Bettany, ngasih kode kalau dia bakalan kembali ke perannya itu. Hal ini dia ungkapkan dalam sebuah wawancara dengan ABC News di tahun 2017. Wawancara itu memang membahas seputar Infinity War, tapi Bettany menyebutkan jika Infinity War dan film kelanjutannya adalah film terbaik yang pernah melibatkan dirinya.

Di luar film Avengers: Endgame, Marvel sendiri sekarang lagi nyiapin sebuah TV series terbatas buat saluran streaming mereka, Disney Plus. Kabarnya TV Series ini bakalan ngangkat cerita tentang Vision dan Scarlet Witch. Selain itu juga hampir dipastikan kalau, Paul Bettany dan Elizabeth Olsen bakalan kembali ke perannya itu. Ada sebuah rumor yang bilang kalau TV seri Vision itu bakalan mengambil cerita diantara film Civil War dan Infinity War. Tapi, entah benar atau enggak masih harus kita tunggu pernyataan resmi dari Marvel-nya sendiri.


“Menghidupkan” Kembali Vision Di Endgame


Jika timeline yang di ambil sebelum Infinity War, menghidupkan kembali Vision untuk jadi “bintang” di series solonya mungkin gak terlalu sulit. Tapi bagaimana jika Marvel mencoba menghidupkan Vision pasca kejadian Infinity War atau menghidupkannya di Avengers: Endgame? Tentunya ada pilihan sulit yang harus di hadapi Marvel.

Salah satu contoh kesulitannya adalah, gimana caranya agar Marvel gak lagi ngebuat cerita tentang Infinty Stones yang terkait erat dengan Vision. Karena seharusnya, film Endgame bakalan jadi penutup dari perjalanan Infinity Stones di MCU. Jadi, kalau Marvel kembali ngangkat cerita tentang Infinity Stones, kesannya hal itu bikin para Avengers gak belajar dari kesalahan di phase 1-3. So, no more Infinity Stones.

Tapi, bukan berarti gak ada cara lain untuk membangkitkan Vision di Avengers: Endgame. Salah satunya adalah membangun kembali Vision dengan menggunakan teknologi maju di Wakanda. Di komik prelude Infinity War, pembaca dikasih lihat kalau Wakanda memang ahli dalam bidang kecerdasan buatan.

Selain itu ada juga cara lainnya yang lebih ngeblend dengan cerita di Avengers Endgame. Jika Endgame akan benar-benar menggunakan elemen time traveling di cerita filmnya, para Avengers yang tersisa kemungkinan bakal berkunjung ke masa lalu dimana Vis dan Scarlet Witch bertarung di Infinity War. Tujuannya? Tentu supaya Mind Stone yang ada di kepala Vision bisa dari jauh-jauh hari dilepas dari kepala Vis dan diancurin oleh Scarlet Witch.


Cara Vision Kembali Hidup Versi Komik


Semua pembahasan di atas, sebenarnya pernah terjadi di komik Marvel yang berjudul Avengers West Coast. Diceritain kalau Vision adalah salah satu dari agen rahasia dunia. Dalam salah satu arc, Vision kemudian berubah menjadi jahat dan mengambil alih kendali nuklir di seluruh dunia. Meskipun Avengers berhasil mengalahkan Vision, satu-satunya cara agar ancaman itu gak terjadi lagi adalah dengan menghancurkan Vis.

Di dalam komiknya, matriks komputer Vision sama rumitnya dengan versi filmnya. Pola otaknya Vision sendiri faktanya mirip dengan salah satu karakter Marvel, Wonder Man. Wonder Man sendiri gak nyaman dengan fakta bahwa Vision adalah tiruannya. Hal ini terjadi karena, waktu Hank Pym mencoba buat kembali ngebangun Vision, banyak dari bagian tubuhnya merupakan hasil donasi dari Wonder Man.

Tapi, ada satu bagian dari Wonder Man yang gak dia sumbangin. Yaitu pola mentalnya. Alasannya adalah dia gak mau rasa sukanya kepada Wanda diketahui oleh orang banyak. Yang menarik adalah waktu Vision kembali hidup, warnanya gak seperti dulu lagi. Versi baru tersebut berwarna pucat. Hal ini jadi Easter Egg di film Infinity War, setelah Thanos berhasil mengambil Mind Stone dan Vision tewas, warna Vis berubah menjadi pucat.

Apakah ini bakalan jadi petunjuk kalau Marvel bakalan ngadaptasi arc ini? Jawabannya mungkin baru kita ketahui sekitar 2 bulan lagi di Avengers: Endgame.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.