Mungkin sebagian besar fans Marvel ataupun penggemarMCU udah kenal dengan sosok bos SHIELD, Nick Fury. Dia adalah orang yang tegas dan berani mengambil keputusan. Nick Fury punya satu “ciri khas” di penampilannya, yaitu penutup matanya. Dari pertama kali Nick Fury muncul di Marvel Cinematic Universe sampai saat ini, banyak orang yang penasaran apa yang sebenarnya terjadi dengan mata Nick Fury.

Waktu pertama kali Nick Fury ketemu dengan Steve, Nick Fury bilang kalau dia kehilangan sebelah matanya karena dia terlalu mempercayai seseorang. Tapi, gak pernah ada penjelasan lengkap kenapa hal itu bisa terjadi. Nick Fury sendiri bakalan muncul di film Marvel terbaru, Captain Marvel. Di film itu, diceritakan kalau Nick Fury masih muda dan kedua matanya masih utuh. Ada rumor kalau di film ini bakalan diceritain bagaimana Nick Fury bisa kehilangan matanya. Kira-kira siapa yang bisa bikin Nick Fury kehilangan matanya?


Penampilan Awal Nick Fury


Kalau menurut cerita komik Sgt. Fury and the Howling Commandos #27 tahun 1966, Nick Fury rusak matanya akibat terkena serpihan saat dia bertempur di perang dunia ke 2. Tapi, karakter Nick Fury yang diadaptasi oleh Samuel L. Jackson bukan merupakan versi tersebut melainkan versi Ultimate Universe. Diceritain kalau Nick fury kehilangan matanya waktu dia masih aktif bertugas bareng Wolverine.

Meskipun dalam versi Earth 616 Nick Furry masih punya matanya yang rusak akibat dari masa lalunya, kalau versi Ultimate Universe mata Nick Fury yang rusak udah gak ada. Artinya Nick Fury yang muncul di MCU ini kemungkinan adalah gabungan dari kedua versi itu. Kalau berbicara tentang alasan apa yang terjadi dengan matanya Nick Fury, apa yang dia bilang ke Steve Rogers tentang mempercayai seseorang itu juga berpengaruh terhadap karakternya.

Karena hasil merger antara Disney dan Fox sebentar lagi akan selesai, banyak fans yang akhirnya memunculkan rumor kalau luka di mata Nick Fury diakibatkan oleh Wolverine. Hal ini mereka anggap sebagai “jalan masuk” bagi mutan ke MCU.


Goose Adalah Penyebabnya (?)


Di trailer film Captain Marvel diperlihatkan kalau Nick Fury bermain-main dengan Goose, kucing peliharaan Carol Danvers yang punya nama Chewie dalam versi komiknya. Tapi, seperti yang udah diketahui kalau sebenarnya Goose bukanlah kucing rumahan biasa. Di komiknya diceritain kalau Goose sebenarnya adalah Flerken, salah satu jenis alien, yang berubah wujud menjadi kucing rumahan.

Alien Flerken punya tentakel dan mulut yang besar serta gigi yang tajam di balik penampilan lucunya sebagai seekor kucing. Meskipun Goose nurut kepada Carol, tapi Goose benar-benar bisa berubah jadi sosok yang menyeramkan kalau dia terdesak. Flerken sendiri bisa bertelur sampai ratusan buah. Hal ini diketahui waktu Carol pergi buat nyelesain misi luar angkasanya dan dia pun ketemu dengan Rocket Racoon dan Rocket bilang kalau kucingnya adalah alien.

Tentunya kalau di trailer kemarin Goose gak digambarkan sebagai sosok alien yang kejam dan mengerikan. Karena, bisa kita lihat kalau Nick Fury sepertinya senang kepada Goose dan ingin berteman dengan Goose. Tapi, dalam bocoran mainan figure dari Hasbro ngeliatin kalau Flerken (atau Goose) ditahan oleh Nick Fury. Goose terlihat mirip kaya tawanan. Dia juga berdiri di atas kakinya gak mirip seperti kucing.

Kalau berdasarkan hal tersebut, seolah ngasih petunjuk kalau Flerken emang udah ditahan sama S.H.I.E.L.D.. Yang jadi pertanyaannya adalah atas kejahatan apa Flerken ditahan? Kemungkinan Flerken ditahan atas dasar penyerangan kepada Nick Fury. Hasilnya? Nick Fury harus “kehilangan” mata kirinya. Alasan kenapa Flerken nyerang Nick Fury (kalau memang benar) masih harus kita tunggu.

Dengan penampilan lucu dan imut juga menipu, rasanya wajar kalau Nick Fury belajar dari kesalahannya tersebut. Dia kemudian jadi orang yang waspada, sigap, dan gak percaya siapapun. Serangan Flerken ini juga ngasih pelajaran kepada Fury tentang seseorang yang baik bisa saja berubah jadi jahat.

 

Kalau teori ini benar, maka pastinya pertanyaan yang udah lama disimpan sama para fans tentang kejadian ini akhirnya terjawab. Dalam ulasan awal film ini, banyak yang bilang kalau Goose bakalan jadi karakter yang banyak menyita perhatian. Apakah memang Goose atau Flerken ini penyebab rusaknya mata Nick Fury? Masih harus kita tunggu kebenarannya.