Cerita One Piece selalu diisi oleh berbagai hal menarik, mulai dari kemampuan karakter-karakter yang unik sampai pada cerita tentang buah iblis. Kalau berbicara tentang kemampuan karakter yang unik, ada sebuah kekuatan yang gak semua karakter punya. Nama kekuatannya adalah Haki. Di cerita manganya, menurut Rayleigh Haki adalah kekuatan misterius, naluri, atau semangat juang dari orang tersebut.

Mungkin, orang-orang tidak sadar kalau di dalam tubuhnya ada kekuatan haki atau juga mungkin mereka sadar dan mencoba buat menarik kekuatan itu keluar tapi gak bisa. Secara umum haki ada tiga jenis, dua diantaranya bisa dipelajari dan juga dikembangin sama orang-orang biasa kalau dikasih pelatihan yang tepat. Tapi, ada juga haki yang gak bisa dipelajari melainkan diberikan “khusus” kepada orang-orant tertentu. Apa aja kira-kira jenis haki tersebut?


Haki Kenbunshou (Pengamatan)


Menurut penjelasan dari Rayleigh, seseorang yang punya kemampuan Haki Kenbunshou akan bisa menebak apa gerakan musuh selanjutnya atau memperkirakan gerakan musuh. Selain bisa memperkirakan gerakan musuh selanjutnya, pengguna Haki Kenbushou juga bisa ngerasain keberadaan seeorang di sebuah tempat bahkan dari jarak jauh.

Gak ada yang bisa sembunyi dari haki Kenbunshou ini. Contohnya adalah ketika Rayleigh bisa ngedeteksi keberadaan kru topi jerami di pulau Shabon. Sedangkan buat contoh memprediksi pergerakan lawan, kalian bisa ngeliat story arc pulau langit. God Enel adalah salah satu pengguna Haki Kenbunshou ini. DI Skypiea mereka nyebut haki ini sebagai mantra.

Kalau si pengguna udah expert atau udah menguasai Haki ini, mereka bahkan bisa ngelihat seidikit apa yang terjadi di masa depan. Komandan tertinggi Big Mom, Katakuri, adalah punya kemampuan dari penggunaan Haki Kenbunshou sebagai alat buat ngeramal masa depan berkat latihannya secara terus menerus.

Ada hal yang menarik yang sebenarnya masih diperdebatkan di kalangan para fans One Piece tentang Haki ini. Selain bisa melihat ke masa depan, pengguna level expert dari Haki ini juga bisa merasakan aura seseorang dari jauh. Contohnya adalah Usop dan anak buah dari Marshal D. Teach, Van Auger. Mereka berdua ngelatih haki ini dan memfokuskan haki ini ke mata mereka. Hasilnya, mereka bisa melihat ke jarak yang sangat jauh dan bisa merasakan aura musuh.


Haki Busoshoku (persenjataan)


Kalau Haki Kenbunshou merupakan kekuatan yang bisa merasakan aura keberadaan seseorang dan bisa memprediksi gerakan lawan, Haki Busoshoku punya kemampuan buat merubah apapun menjadi sebuah senjata. Selain pada senjata Haki ini bisa diaplikasiin ke badan si pengguna. Contohnya adalah waktu Luffy melawan anggota CP9. Mereka menggunakan Haki ini sebagai sebuah pelindung.

Seperti yang disebutkan di atas kalau Haki ini juga bisa dialirkan atau diaplikasiin ke senjata. Contohnya adalah waktu Luffy ada di pulau Amazon, para suku kuja disana terbiasa buat mengalirkan anak panahnya dengan Haki ini. hasilnya adalah panas kayu biasa bisa berubah jadi seperti anak panah besi yang bisa menembus apapun.

Hal yang unik dari Haki ini adalah para pemakan buah iblis tipe logia, bisa juga menguasai Haki ini. hasilnya adalah bentuk tubuh mereka bisa memadat dan jadi sebuah senjata yang dahsyat. Contoh nyatanya adalah ketika pertarungan antara Smoker dan Vergo. Selain para pemakan buah iblis dengan tipe logia, tipe zoan dan paramecia juga bisa ngerubah Haki ini jadi senjata.

Belum diketahui tingkat-tingkat dari Haki ini. Tapi, untuk level master dari haki ini Vergo dan Pica bisa jadi contoh nyata. Ada beberapa teori yang nyebutin kalau Kaido adalah orang yang paling kuat dalam penggunaan Haki ini. Karena hal ini, Kaido adalah salah satu orang yang sulit buat mati.


Haki Haoshoku (Penakluk)


Berbeda dengan kedua Haki sebelumnya yang bisa dipelajari dan dikembangkan oleh orang biasa, Haki Haoshoku Cuma bisa dikendaliin orang-orang tertentu. Bahkan, Cuma orang-orang tertentu aja yang punya kekuatan Haki ini. Bahkan, cuman satu dari satu juta orang yang punya Haki jenis ini. Haki ini spesial dan beda dengan Haki yang lain.

Orang yang punya haki ini bisa menaklukan musuhnya bahkan tanpa harus nyentuh tubuhnya. Bahkan, Haki ini juga bisa dipakai buat mengintimidasi kekuatan lawan. Contoh nyatanya adalah waktu Shanks naik ke kapal Shirohige, dimana anak buahnya hampir semuanya pingsan oleh Haki ini. cuman beberapa anggota tertinggi aja yang mampu bertahan dari Haki Shanks. Luffy sendiri pernah menumbangkan 50 ribu manusia ikan di pulau duyung. Ayahnya Luffy.

Haki jenis ini juga bisa menyentuh pemakan buah iblis tipe logia karena, cara kerjanya pengguna Haki Haoshoku bisa menyentuh tubuh asli si pengguna buah iblis. sampai sejauh ini, Shanks adalah karakter yang diketahui punya kekuatan Haki Haoshoku yang paling kuat. Masih belum diketahui, apakah ada karakter yang lebih kuat kekuatannya dibandingkan Shanks.

Para pengguna Haki, sering disebut sebagai lawan yang tangguh. Karena, mereka punya sesuatu yang lebih dibandingkan dengan karakter lainnya. Meskipun, karakter-karakter non Haki juga kuat tapi banyak juga karakter yang tangguh, seperti Luffy, selain punya kemampuan buah iblis dia juga punya kemampuan Haki yang dahsyat. Sehingga karakter itu jadi karakter yang kuat dan dahsyat.