6. Sinestro – Injustice


Dalam sebuah realita alternatif  Injustice, Superman sebenarnya gak benar-benar menggunakan nama Sinestro. Tapi, meskipun dia gak pakai nama itu dia punya perilaku yang sama dengan karakter Sinestro. Dia pakai sebuah cincin warna kuning di jarinya buat mengendalikan planet lewat rasa takut. Dia juga jadi pemimpin kelompok Sinestro Corps.


7. Green Lantern – Last Son of Earth


Cerita tentang Green lantern versi Superman dari komik ini beda dengan narasi di komik canon DC. Selain diceritain kalau Superman jadi Green Lantern, di komik ini juga diceritain kalau Kal-El diterbangin dari bumi ke Krypton. Bukan dari Krypton ke bumi seperti yang kita ketahui. Dia juga punya pengetahuan tentang kebudayaan warisan bumi.

Superman kemudian tumbuh di planet itu dengan bantuan robotic suit yang ngebuatnya bisa bertahan di planet itu. Meskipun pakai bantuan, dia juga tetap menjaga semangat dan determinasi yang ngebuat Kal-El jadi sosok superman yang kita kenal. Waktu sebuah cincin Green Lantern nyari host baru, cincinnya kemudian milih seorang anak yang dulunya bernama Clark Kent.


8. Etrigan – Multiversity


Dalam cerita crossover Multiversity, DC Comics memadukan dua karakter origins mereka jadi satu. Karakternya adalah Etrigan dan Superman. Hasil dari kombinasi dua karakter ini adalah Etrigan yang nyebut dirinya sebagai Superdemon. Karakter Superdemon datang ke bumi dari sebuah alam sihir yang berasal dari zaman raja Arthur.

Meskipun Superdemon terdengar jahat, di ceritanya Superdemon justru membela kejahatan, keadilan, dan berjuang demi kebenaran. Etrigan mungkin gak setampan Clark Kent di cerita canonnya. Tapi, dia benar-benar kuat dan bisa jadi sekutu yang kuat juga buat para pahlawan di realita itu.


9. Batman – Speeding Bullets


Superman dan Batman udah lama dikenal sebagai sepasang “sahabat” yang saling melengkapi. Lalu, gimana kalau Superman adalah Batman? Komik Speeding Bullets menjawab pertanyaan itu. Cerita ini juga mungkin jadi salah satu realita alternatif yang paling menarik di cerita Elseworlds.

Diceritain kalau waktu Kal-El jatuh ke bumi dia justru ditemukan oleh keluarga Wayne dan bukan keluarga Kent. Dia kemudian tumbuh jadi seorang vigilante dengan kekuatan super setelah Kal-El ngeliat orang tuanya tewas dibunuh di depan matanya.


10. Santa Claus – Yes, Tyron, The Is A Santa Claus


Buat sebagian orang, cerita tentang Santa Claus adalah cerita yang konyol dan hanya dongeng semata. Tapi, ada juga yang percaya kalau Santa Claus memang ada dan selalu muncul di setiap natal. Dalam one-shot comic yang dirilis 2006  ini, Superman sendiri yang kemudian memakai jaket berwarna merah dan janggut putih mirip seperti Santa Claus.

Tujuan Clark adalah dia ingin seorang anak percaya tentang keajaiban natal. Sebagian mungkin berpikir kalau ini konyol, tapi ini juga menggambarkan tentang kebaikan hati seorang Superman. Bruce sendiri pernah bilang kalau Superman lebih “manusia” dibanding manusia.

 

Cerita komik memang selalu penuh dengan kejutan. Siapa sangka kalau karakter yang paling populer ini pernah “pinjam” identitas karakter lain. Menurut kalian, apakah Superman cocok kalau berubah jadi identitas karakter lain?