Superman udah gak diraguin lagi adalah salah satu karakter besutan DC yang paling populer. Bukan hanya dia bisa berbaur dengan berbagai karakter DC, dia juga pernah berubah menjadi sosok karakter DC lainnya. Yep! Dalam bebrapa kesempatan di cerita komik dan di luar komik, Superman pernah berubah jadi sosok lainnya. Kira-kira karakter siapa aja yang pernah “dipakai” oleh Superman?


1. Frankenstein – The Superman Monster


Mungkin sebagian besar Geeks ada yang belum tahu kalau Frankenstein adalah salah satu bagian dari DC. Frankenstein ini pernah punya masalah dengan Justice League Dark, Agents of S.H.A.D.E., atau bahkan kelompok atau tim pembasmi kejahatan dunia sihir DC Comics lainnya. Tapi, gak banyak yang tahu kalau Superman pernah sekali dibangkitkan kembali seperti Frankenstein.

Dalam komiknya, diceritain kalau di abad ke 19 Inggris seorang ilmuan bernama Victor Luther nemuin sebuah kapal luar angkas yang di dalamnya ada bayi. Luther kemudian mencoba buat menghidupkan kembali bayi itu hasilnya Luther justru merawat seorang monster yang punya kekuatan super. Yang menarik juga adalah di komik ini ada seorang ilmuan muda bernama Bruce Wayne yang mencoba untuk membangkitkan kembali ayahnya.


2. Deadman – Justice League Unlimited


Komik Justice League Unlimited karya Bruce Timm menghadirkan beberapa karakter DC Comics terbaik di luar judul komik mereka. Boston Brand alias Deadman adalah salah satu diantaranya. Deadman yang punya kemampuan buat masuk ke tubuh seseorang, suatu hari masuk ke tubuh Superman.

Meskipun tampilan fisiknya adalah Superman, tapi Deadman yang ada di dalam tubuh Superman udah berhasil ngambil alih fungsi mental Kal-El. Hal ini dilakukan karena, Deadman ingin menyampaikan sesuatu yang penting kepada Justice League.


3. Raja Arthur – Superman: Kal


Frankenstein bukanlah satu-satunya karakter atau sosok legendaris yang masuk ke dalam cerita DC Comics. dalam sebuah cerita di salah satu alternatif realita, seorang anak yang bernama Kal-El tumbuh di abad pertengahan Inggris dan dia bekerja sebagai seorang tukang besi. Ketika Inggris terancam, Kal kemudian ngebuat sebuah armor yang sangat kuat yang terbuat dari bahan pesawat luar angkasanya yang jatuh ke bumi.

Selain bikin armor yang kuat dari bahan pesawat luar angkasanya, Kal-El juga bikin sebuah pedang dahsyat dari bahan kapal luar angkasanya. Karena hal itu Kal kemudian mendapatkan reputasi yang tinggi sebagai pemimpin kaumnya. Pedangnya sendiri disebut sebagai Excalibur, seperti yang diketahui oleh banyak orang.


4. Joker – Endgame


Dalam sebuah story arc, Joker kembali datang ke Gotham setelah bertahun-tahun absen gak ngehancurin kota. Tapi, kali ini beda dia gak cuman ngehancurin kota Gotham Joker juga ikut “menghancurkan” berbagai sekutu terdekat Batman. Salah satu cara Joker buat menghancurkan sekutu Batman adalah dengan memindahkan kesadarannya ke Justice League.

Salah satu anggota Justice League yang dia kendalikan adalah Superman. Kekuatan yang tidak tertandingi ditambah dengan kegilaan Joker mungkin perpaduan yang mengerikan. Hal ini juga bisa dilihat dari “senyuman” khas Joker yang benar-benar mengerikan. Tapi, kalau dibandingin dengan senyum Bruce di komik Batman Who Laughs sih gak ada apa-apanya.


5. Nightwing – The Silver Age


Beda dengan Dick Grayson yang sebelum menggunakan identitas Nightwing, dia menggunakan identitas Robin. Kalau Kal-El sejak awal langsung menggunakan kostum Nightwing.  Di komik Silver Age, diceritain kalau Superman menyadari dirinya gak punya kekuatan yang sebelumnya dia miliki di sebuah wilayah planet Krypton buatan.

Demi melanjutkan buat membasmi kejahatan, akhirnya Supes mengambil beberapa peralatan bangsa Krypton dan mulai membasmi kejahatan tanpa kekuatan. Dalam identitas barunya itu, Super nyebut dirinya sebagai Nightwing. Beberapa tahun kemudian Robin pakai nama itu. Apakah memang sengaja? Hmm..

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2