Sejak pertama kali muncul di layar lebar pada Februari 2018 lalu, film Black Panther udah bisa meraih banyak banget pujian baik oleh penonton maupun dari kritikus. Tema tentang masyarakat suku Afrika dianggap menjadi sesuatu yang baru di perfilman Hollywood Apalagi dicampurkan dengan unsur cerita Superhero.

Karena kepopuleran itu juga yang membuat film ini meraih Oscar pertamanya dalam ajang academy Awards. Film Black Panther meraih penghargaan Best Costume Design atau desain kostum terbaik. Penghargaan ini semakin monumental karena Ruth E. Carter, desainer kostum di film ini, merupakan wanita kulit hitam pertama yang memenangkan penghargaan ini.

Selain mendapatkan penghargaan Best Costume, Black Panther juga mendapatkan penghargaan untuk Kategori Best Production Design atau desain produk terbaik, atas kerja keras Hannah Beachler dan Jay Hart. Ludwg Gorranson memenangkan Best Original Score atau musik orisinal terbaik. Sebelumnya, filmĀ Black Panther sendiri masuk dalam tujuh nominasi Academy Awards, termasuk Best Picture. Kostum dan desain produk benar-benar memberikan “nyawa” buat film ini.

Kemenangan tersebut pertama kali buat Marvel Studios selama 10 tahun terakhir ini. Dengan langsung mendapatkan 3 penghargaan untuk satu film, hal tersebut merupakan sebuah pencapaian yang sangat besar. Marvel Studios sendiri memang sering masuk dalam kategori VFX terbaik di tahun-tahun sebelumnya tapi, mereka tidak pernah menang. Kemenangan ini menjadi penanda eksistensi Black Panther dalam sejarah Hollywood ataupun Marvel Studios. Congratulations!