Film ambisius James Cameron, Alitta: Battle Angel, sekarang lagi tayang di bioskop-bioskop di seluruh dunia. Film ini nyeritain tentang seorang robot gadis remaja yang “dibuang” di tempat sampah dan hilang ingatan, sampai akhirnya seorang profesor bernama Daisuke Ido, ngejadiinnya anak angkat dan ngebantunya buat mencari jati dirinya dimasa lalu.

Nah, di artikel kali ini kita bakalan ngebahas tentang salah satu body yang Alita pakai. Sebelum Geeks lanjut baca, di bawah ini bakalan penuh dengan spoiler jadi, kalau gak suka spoiler jangan dilanjut ya Geeks!

Body khusus yang dipakai oleh sang protagonis, Alita, ini merupakan salah satu elemen khas dari seri manganya, Gunnm. Body ini juga diadaptasi langsung dari animenya. Robert Rodriguez, sang sutradara, dan James Cameron ngelakuin yang terbaik supaya body ini bisa menjadi focal point dari film live-action adaptasinya. Berbagai hal baru coba disuguhkan di filmnya dengan harapan film ini bisa ngebuka sebuah franchise baru yang bakalan besar.

Berseker Body

Alita sebenarnya punya body yang lebih kuat dari yang pernah doktor Ido buat bernama Berseker body. Dalam cerita manganya, Alita di-upgrade ke mode Berserker setelah dia berkelahi ngelawan Makaku di sebuah wilayah kumuh bernama Scrap City. Perkelahian itu ngebuat Alita hampir mati dan harus kehilangan sebagian dari tubuhnya. Ido pun ngebawa Alita ke klinik yang ada di rumahnya. Ia ngerasa kalau udah waktunya Alita dapet kekuatan lebih dan dikasih body yang lebih mematikan dibanding dengan body siberkinetik yang dipakai waktu Ido menyelamatkannya pertama kali.

Akhirnya Ido mutusin buat memasang Berserker body yang dia temuin di bawah jurang ke Alita. Ido ngeprogram ulang body itu supaya pas dengan tubuh wanita dan pas dengan kepala Alita karena, buat ngendaliin body itu juga membutuhkan otak si pengguna. Body itu bakalan ngebantu Alita ngejalanin misinya sebagai seorang Hunter-Warrior atau pemburu bayaran.

Gak lama setelah memasang Berseker body ke Alita, Ido ngejelasin kalau ratusan tahun lalu body itu sengaja dibuat demi mengubah manusia jadi sebuah senjata pemusnah massal yang dahsyat. Nah, tapi, di filmnya sebagian cerita ini dirubah. Contohnya adalah Alita ngedapetin Berserker body di Iron City, kota adaptasi dari Scrap City. Alita kemudian melacak keberadaan Berseker body miliknya di sebuah danau.

Hugo dan teman-temannya ternyata biasa pergi ke tempat itu untuk mencari barang rongsokan buat dijual. Tapi, mereka gak pernah berani buat nyelam ke bawah danau. Beda dengan Alita, akhirnya dia menyelam ke dalam danau dan nemuin sebuah kapal yang merespon kedatanganya. Kapal itu mengizinkan Alita buat masuk dan disanalah dia bertemu dengan Berserker body.

Diciptakan Untuk Pasukan Elit

Tapi, setelah Berserker body itu dibawa ke Dyson Ido (Daisuke Ido versi film), Ido menolak buat masangin body itu ke Alita. Pasalnya, Ido terlalu mencintai Alita yang udah dia anggap sebagai anaknya dan juga takut jika Alita bakal berubah jadi jahat karena efek body itu. Tapi, cerita selanjutnya seusai dengan manganya, dimana dia bertarung dengan penjahat dan akhirnya badannya rusak. Buat nyelametin nyawa Alita akhirnya Ido masangin Berserker tersebut ke badan Alita. Sepertinya body itu emang sengaja ditakdirin buat dipakai sama Alita, karena body itu diciptain ratusan tahun yang lalu buat para pasukan Elit United Republic of Mars (URM).

Alita emang anggota penting di pasukan elit tersebut tapi, itu dulu sekitar 300 tahun sebelumnya. Alita dan pasukannya gagal dalam penyerangan ke Sky City. Dalam peperangan itu, semua kapal URM hancur dan semua Berserker body pasukannya hilang, sampai akhirnya body itu kembali ditemukan kembali. Berserker body cuman bisa terhubung dengan tentara seperti Alita, yang punya jantung khusus yang fungsinya sebagai sebuah “kunci”.

Ketika Alita udah masuk ke mode Berserker, kemampuannya jadi meningkat drastis. Dia mampu bergerak cepat, mampu bertarung lebih lama, sangat fleksibel, dan body ini punya kekuatan super. Yang lebih penting juga adalah dia bisa mengeluarkan sinar plasma dari ujung jarinya.

Sayangnya, di filmnya sendiri Alita gak ngegunain teknologi itu semua tapi peningkatan terbesar dari Berserker miliknya adalah teknologi nano yang sangat unik yang  punya kemampuan buat menyembuhkan luka Alita. Body ini kemudian menyatu dengan dirinya menjadi satu kesatuan. Berkat kemampuan super dari body ini dan kemampuan penyembuhannya, Alita benar-benar jadi seorang Battle Angel.