Supporting Actor: Mahershala Ali (Green Book)


Sama hal-nya seperti ketika ia tampil di Moonlight (2016) dulu, Ali lagi-lagi sukses mencuri perhatian dalam memerankan pianis Jazz kulit hitam top, Don Shirley di film ini. Ia mampu menampilkan sosok Shirley yang walau kerap dihina dan ditindas oleh warga kulit putih tahun 50an, tetap menampilkan kelasnya baik sebagai seorang pria, maupun sebagai sosok musisi terkenal. Namun di saat yang sama ia juga sukses menampilkan aura kemisteriusan / kerahasiaan yang dimiliki oleh si pianis homoseksual ini.

Potensi pemenang lain: Richard E. Grant (Can You Ever Forgive Me?)


Actress: Glenn Close (The Wife)


WOW Geeks. Seperti yang telah kami bilang sebelumnya, bisa dikatakan seluruh nomine di masong-masing kategori Oscar tahun ini, memiliki calon yang sama kuatnya. Dan kategori aktris terbaik, juga merupakan salah satunya. Jujur kami puyeng tujuh keliling dalam nentuin apakah Glenn Close (The Wife) atau Olivia Colman (The Favourite) yang bakal bawa pulang pialanya.

Tapi pada akhirnya kami nekatin diri aja buat mencalonkan pemeran Irani Rael di Guardians of the Galaxy (2014) ini. Pasalnya, Close pinter banget dalam memainkan dan menyembunyikan emosi yang dirasakan oleh istri dari penulis novel sekaligus penulis sastra, Joseph Castleman (Jonathan Pryce), Joan Castleman ini. Filmnya sendiri juga keren banget dalam mengungkapkan perasaan Joan sesungguhnya yang selama hampir separuh film terlihat dan terasa misterius banget.

Intinya, Close memberikan penampilan terbaiknya semenjak memerankan Albert Nobbs di film Albert Nobbs (2011) dulu, dan overall , film ini adalah salah satu film adaptasi terbaik yang pernah diproduksi oleh Hollywood. Bagi kalian yang blogger, novelis, penulis, atau bahkan suka nulis aja, WAJIB BANGET untuk nonton filmnya (gak pake kecuali lagi).

Potensi pemenang lain: Olivia Coleman (The Favourite)


Actor: Rami Malek (Bohemian Rhapsody)


Walau mungkin filmnya sedikit mengecewakan fanboy Queen karena sejarahnya yang tidak akurat, namun gak dipungkiri kalau penampilan Rami Malek sebagai Freddie Mercury top markotob abis. Ia sukses banget dalam menampilkan sisi humane dari vokalis Rock N’ Roll yang sangat flamboyan ini sembari di saat yang sama, juga tetap bisa menampilkan sisi liar dan kemisteriusan seorang Freddie.

Dengan dirinya yang sudah memenangkan berbagai penghargaan di kategori ini, sangat bisa dipastiin aktor keturunan Mesir ini, bakal membawa pulang Oscar pertamanya untuk kategori ini.

Potensi pemenang lain: Christian Bale (Vice)


Director: Alfonso Cuaron’ (Roma)


11-12 dengan nomine sinematografi terbaiknya, Cuaron dipastikan juga bakal membawa pulang piala sutradara terbaik. Pasalnya emang Cuaron keren banget-banget dalam dua lapangan ini di film drama hitam putih ini. Opening Shot yang hanya menampilkan tumpahan air pel bercampur sabun, bisa dibuatnya seakan seperti lukisan abstraksionis yang sangat perfeksionis. Selain itu ia juga lumayan banyak menerapkan continuous shot di beberapa adegannya yang tak dipungkiri susah banget untuk dilakuin.

Potensi pemenang lain: Spike Lee (BlacKkKlansman)


Film: Roma


Walau seperti yang telah kami bilang, kalaupun mungkin prediksi ini nanti ada yang salah-salah tidak masalah, namun tentunya kami juga kepingin dong ada yang bener prediksinya termasuk tentunya untuk kategori film terbaik ini. Dan setelah hampir 1 jam lebih (literally) memikirkan segala aspek yang ada, pada akhirnya kami memprediksikan kalau Roma akan membawa pulang penghargaan tertinggi ini.

BEST PICTURE / BEST FILM. Jadi yang dinilai bukan hanya ceritanya bagus atau tidak saja, kerelevansian dengan keadaan dunia saat ini, penampilan aktornya, dan tentunya presentasi teknis keseluruhan filmnya juga dinilai habis-habisan.

Memang Green Book, juga sangat berpotensi memenangkan penghargaan ini. Namun, Roma tidak hanya menampilkan sisi keteknisan yang mumpuni saja, namun dari segi cerita yang pada intinya memberikan pesan wanita tangguh terlepas berbagai halangan seperti perselingkuhan, hamil di luar nikah, dan pelecehan profesi, semuanya tak dipungkiri masih sangat relevan dengan keadaan sekarang ini. Ingat wanita ini sedang dikedepankan terus di industri entertainment.

Lagipula, Netflix belum pernah mencicipi Oscar sama sekali bukan? Namun kalaupun nantinya Green Book yang menang, well, tentunya hal tersebut juga tidak masalah.

Potensi pemenang lain: Green Book, Black Panther

 

Nah Geeks, itulah tadi prediksi 19 pemenang Oscar di tahun 2019 ini. Sekali lagi, prediksi ini untuk having fun saja. Jadi kalaupun nanti ada salah prediksi, well tidak masalah. Tapi tentunya sangat diharapkan sebagian besar paling tidak setengahnya benar semua.