Sebuah novel tie-in dengan film Captain Marvel udah dirilis pada Desember 2018 lalu. Judul novelnya adalah Starforce on the Rise. Tapi, yang menarik adalah di novelnya ini Carol ternyata gak cocok menjadi bagian dari anggota Starforce. Di film Captain Marvel, Carol Danvers meyakini kalau dia adalah bangsa Kree dengan nama Vers yang turut menjadi anggota Starforce. Bahkan, Carol juga ngegunain kekuatannya dalam pertempuran antar Kree dan Skrull.

Tapi, keyakinannya itu gak sesuai. Dia adalah seorang manusia biasa yang kena ledakan alat Kree, Psyche-Magnetron. Karena hal itu, Carol ngedapetin kekuatan manusia super. Masih belum diketahui juga apakah hilang ingatan yang dialaminya adalah hasil cuci otak bangsa Kree atau hasil ledakan alat itu. Apapun faktanya, dalam novel ini sepertinya Vers bukanlah anggota yang cocok dengan Starforce.

Menurut novel ini, meskipun Vers percaya kalau dia adalah Kree, dia juga tahu tentang amnesia yang dialaminya. Dia gak ingat tentang masa lalunya atau bahkan gak ingat gimana dia bisa ngedapetin kekuatan supernya itu. Tapi, berbagai kenangan tentang bumi terus muncul di dalam otak Carol meskipun, dia selalu berusaha buat ngelupain berbagai kenangan itu.

Semua anggota Starforce ngeliat Carol sebagai sebuah aset yang luar biasa, seorang yang keras kepala, dan anggota yang eksentrik. Dalam novel ini juga disebutin kalau Vers adalah anggota terbaru Starforce. Artinya semua anggota Starforce gak tahu tentang masa lalu Carol kecuali Yon-Rogg. Bahkan, Yon-Rogg selalu bikin Carol sibuk dengan berbagai tugas demi ngebuat Carol ngelupain berbagai kenangan tetang bumi dan masa lalunya.

Selain ngeliat Carol sebagai seorang yang keras kepala dan seorang tentara yang eksentrik, para anggota Starforce juga ngeliat Carol sebagai anggota “kesayangan” Yon-Rogg. Hal ini bikin salah satu anggota Starforce cemburu, yaitu Minn-Erva, karena, dia adalah anggota kesayangan Yon-Rogg sebelum Carol gabung. Minn-erva sendiri adalah seorang yang ahli dalam pertempuran jarak jauh.

Novel Steve Behling ini memperlihatkan “gesekan” kedua karakter kesayangan Yon-rogg ini. Dikisahin kalau Carol dan Minn-Erva dipaksa buat bekerja sama dalam sebuah misi. Hal ini memberikan gambaran Minn-Erva, kalau dia merupakan karakter penting kedua setelah Carol Danvers di film Captain Marvel nanti, apalagi dia satu-satunya anggota Starforce selain Yon-Rogg yang ngedapetin action figure-nya.

Aktris pemeran Minn-Erva, Gemma Chan sempat bicara kalau di filmnya nanti akan ada sebuah “pengembangan karakter” dengan Carol Danvers. Ada satu alasan terakhir kenapa Carol gak terlalu cocok buat bergabung dengan Starforce. Dia punya rasa kasih sayang yang luar biasa dibandingin dengan anggota lainnya. Seperti yang diketahui, Kree memang udah dilatih sejak mereka lahir buat menjadi seorang pejuang, seorang yang pantang menyerah, dan makhluk yang harus menyerang pertama kali.

Beda dengan Carol, yang pastinya akan bertanya terlebih dulu sebelum dia menyerang. Seperti manusia pada umumnya, Carol selalu ngasih kesempatan kedua kepada orang lain. Hal itu tentunya gak cocok dengan berbagai misi Starforce yang dia jalanin. Anggota Starforce lainnya pasti akan menghabisi musuh tanpa ampun. Yang pasti, rasa kemanusiaan Vers masih ada di dalam dirinya, terkubur di alam bawah sadarnya dan mempengaruhi semua yang dia lakuin.