Sejak akhir 2018 kemarin, Netflix udah banyak ngebatalin berbagai acara Marvel TV yang merupakan hasil kerja sama mereka dengan Netflix. Sebut aja Iron Fist, Luke Cage, dan yang paling baru adalah seri yang jadi favorit para penggemar, Daredevil, terlepas dari musim ketiganya yang mendapat tanggapan yang positif. Sepertinya, Netflix juga bakalan ngebatalin seri Marvel TV lainnya.

Menurut laporan dari Deadline, Netflix udah resmi ngebatalin seri The Punisher dan Jessica Jones. Musim ketiga Jessica Jones sendiri kemungkinan masih akan ditayangin pada 2019 ini. Bintang The Punisher, Jon Bernthal, kemudian merespon kabar ini di Instagram pribadinya. Sedangkan aktor Daredevil, Vincent D’onofrio merespon kabar ini di akun Twitter pribadinya.




Netflix kemudian ngeluarin sebuah pernyataan resmi untuk pembatalan The Punisher dan Jessica Jones. Dalam pernyataannya, mereka ngucapin terima kasih kepada Marvel juga kepada semua pihak yang udah terlibat dalam seri ini, dan memastikan kepada para fans kalau musim-musim sebelumnya dan yang akan tayang masih akan tersedia di platform mereka. Pembatalan kedua seri ini memang udah “diramalkan” sejak lama.

Banyak yang fans yang berharap kalau musim kedua The Punisher dan musim ketiga Jessica Jones bisa jadi penutup yang baik buat seri itu. Sayangnya, Marvel sendiri gak bisa ngegunain karakter yang udah dibatalin selama dua tahun, artinya karakter-karakter itu gak bisa muncul di MCU setidaknya sampai 2020 atau 2021 mendatang. Marvel cuman punya dua pilihan, memilih buat kembali me-reboot film-film yang udah dibatalin atau dibiarkan “tenggelam” tanpa ada kejelasan. Masih harus kita nantikan bagaimana langkah selanjutnya dari Marvel buat karakter-karakter itu.