Starforce | Charpedia

Alias Shi’ar Starforce, Imperial Guard
Wilayah Operasi Hala
Pemimpin  Supreme Intelligence, Deathbird, Ronan the Accuser
Musuh Shi’ar Empire, Avengers
Universe Earth-616
Kreator Bob Harras, Steven Epting
Kemunculan Perdana Avengers #346
(April, 1992)

History

Pasukan elit bangsa Kree ini muncul pertama kali di tahun 1992.  Para anggota dari Starforce ini merupakan perwakilan dari kreasi genetik terbaik bangsa Kree. Dalam cerita komiknya, Starforce adalah sebuah grup militer yang diciptakan buat ngelayanin Supreme Intelligence, pemimpin kekal bangsa Kree. Meskipun mereka gak menyadarinya, pasukan Starfoce sebenarnya merupakan “alat kekerasan” buat Supreme Intelligence.

Misi pertama dari Starforce adalah ngaktifin lagi Supremor, tiruan dari Supreme Intelligence. Dulu Supremor pernah jadi bawahan Intelligence. Supremor pertama kali merekrut Ultimus, yang sempat dipenjara oleh Tantalus, anggota dari ras Deviants.  Shatterax menjadi rekrutan selanjutanya. Kemudian dilanjutkan oleh Korath dan Doctor Minn-erva, kemudian kekasihnya yaitu Captain Att-Lass.

Starforce sendiri diciptain waktu Supreme Intelligence ngebuat Operation Galactic Storm, operasi perang antara Kree dan Shi’ar. Dia percaya bahwa nasib bangsa Kree sedang dalam bahaya karena sudah berhenti untuk berkembang. Untuk kembali memulai evolusi, dia akhirnya mulai peperangan antar galaksi antara Kree dan kerajaan Shi’ar.

Kree sendiri memang sudah lama “memangsa” bangsa Shi’ar, tapi mereka gak pernah punya sebuah tim sebelumnya. Mereka biasanya menyerang secara sendiri seperti Ronan the Accuser, yang menjadi villain dari bangsa Kree pertama yang menyentuh bumi dan berhadapan dengan Fantastic Four. Peperangan diantara kedua kerajaan alien itu mulai berpengaruh terhadap bumi karena kedua kerajaan itu, menggunakan transporasi luar angkasa yang disebut “Stargates”, yang tenaganya menggunakan kekuatan dari matahari.

Penggunaan tenaga matahari yang sangat tinggi, mengancam kestabilan dari Matahari dan hal itu tentunya menjadi sebuah ancaman besar buat bumi. Avengers memutuskan akhirnya untuk pergi ke luar angkasa dan menemukan cara agar kedua kerajaan ini bisa kembali damai. Dalam cerita Avengers #346, ketika Avengers pergi ke rumah bangsa Kree untuk berjanji menyudahi peperangan, Avengers dipaksa harus menghadapi Starforce yang dipengaruhi oleh Supreme Intelligence. Intelligence meyebutkan kalau Avengers datang ke planet Kree dengan tujuan untuk menghancurkan bangsa Kree.

Avengers juga gagal buat mencegah putri Lilandra ngebuat senjata pemusnah massal bangsa Shi’ar, Nega-Bomb. Akhirnya, kerajaan Shi’ar kemudian menjatuhkan bom besar di jantung tempat tinggal bangsa Kree, Hala. Bom itu ngebunuh jutaan bangsa Kree. Buat mereka yang hidup harus menjalani dua pilihan, mati atau terus berkembang. Untuk Starforce sendiri mereka akhirnya kerja buat kerajaan Shi’ar. Di cerita komiknya juga, Starforce dikenal sebagai grup yang berisikan para penjahat. Waktu itu, Carol Danvers masih belum menyadari kalau di dalam grup itu, dia dikelilingi sama banyak villain.

Selain menjadi pasukan di “Operation Galactic Storm”, Starforce juga pernah lho bertarung dengan karakter Marvel lainnya. Contohnya adalah mereka pernah menghadapi Quasar dalam sebuah epilog “Operation: Galactic Force” dalam komik Quasar #35. Mereka juga pernah menghadapi Silver Surfer dalam sebuah minicomic yang jadi buatan dari deal antara Marvel dan kue Drake di tahun 1990. Starforce juga muncul dalam cerita terakhir Blackwulf, seorang pahlawan alien yang mati di bumi.

Members ( Comic Version )

  • Ronan The Accuser

Ronan dulunya bergabung di Public Accuser Corps bangsa Kree, badan keamanan utama yang bekerja buat kerajaan. Dia pernah menghentikan kapal dari kerajaan Skrull untuk masuk ke Kree. Sebagai hasil kerjanya itu, dia diangkat menjadi petinggi disana. Dia bertugas untuk menegakan aturan dan hukum di Kree dan juga patuh kepada Supreme Intelligent.

Tapi, sebenarnya Ronan gak senang diperintah sama non-humanoid seperti Intelligent. Dia pernah ngerencanain kudeta bersama Zarek. Usahanya itu berhasil digagalin sama Captain Marvel dan Intelligence sendiri. Dia pernah diperintah oleh Intelligence untuk menghabisi nyawa Lilandra, putri kerajaan Shi’ar, sebagai balasan atas terbunuhnya pemimpin Kree oleh Deathbird.

  • Doctor Minerva

Doctor Minerva pertama kali datang ke bumi buat nyari salah satu pasukan Kree yang dikirim ke bumi, yaitu Captain Mar-Vell. Dia berharap bisa berkembang biak dari gen Mar-Vell demi ningkatin ras bangsa Kree. Sebagai anggota dari Starforce, dirinya sadar rencana Supreme Intelligence dan memulai kembali evolusi bangsa Kree dari orang-orang yang selamat.

  • Ultimus

Ultimus berasal dari ras Eternal, sub-ras Kree yang diciptain sama Celestials. Ultimus pernah datang ke bumi sekitar 4000 tahun yang lalu. Dia kemudian di penjara selama ribuan tahun oleh Tantalus. Sebuah portal terbuka dan berhasil ngebuat Ultimus balik ke rumah. Ultimus kemudian sadar bahwa orang-orang sudah menghilang.  Dia kemudian ditemukan oleh Supreme Intelligence dan mengatakan bahwa dia adalah bangsa Kree Eternal yang terakhir.

Bersama Dr. Minerva, Captain Atlas, Shatterax, dan Korath the Pursuer, dia kemudian gabung ke Starforce. Mereka dikirim buat menghentikan para Avengers yang sudah masuk wilayah Kree. Setelah pemimpinnya diserang oleh Deathbird, Ultimus kemudian melakukan teleportasi ke istana Shi’ar untuk membunuh Lilandra. Semua anggota Starforce ditangkap sama Lilandra tapi, kemudian Cuma Ultimus yang dilepaskan.

  • Korath the Pursuer

Korath adalah salah satu ilmuwan dibalik pasukan robot Pursuer yang kemudian mengubah percobaan itu kepada dia sendiri, ketika proyek itu udah ditinggalin pemerintah Kree. Dalam peperangan Kree-Shi’ar, Korath menggunakan teknologi cyber-genetic dirinya untuk meningkatkan kekuatan dari para superhuman. Bersama Supremor dia menyerang pasukan Avengers di Hala dan bertarung melawan Captain America.

Ketika Kree kembali ngedapetin kendali kerajaannya, Korath dan Starforce dikenal sebagai buatan dari pasukan Shi’ar. Korath pun pergi dari Kree dan pergi ke planet Godthab Omega. Dia juga keluar dari Starforce. Dalam peristiwa Annihilation di komik Annihilation: Ronan #1, Ronan pergi nyari Korath dan ngasih tau kalau kerajaan Kree memperoleh kembali kemerdekaannya dari kerajaan Shi’ar, dan anggota Starforce yang bekerja buat kerajaan Shi’ar dianggap sebagai penghianat dan mereka akan dibuang dan diasingkan. Untungnya Ronan berhasil untuk melawan demi bisa kembali ke Kree dan bahkan menjadi pemimpin kerjaan Kree.

  • Captain Atlas

Captain Atlas bekerja  bersama dengan Doctor Minerva selama peperangan Kree-Shi’ar berlangsung. Mereka mencuri Nega-Bands milik Captain Marvell. Atlass kemudian menggunakan gelang itu buat bertukar tempat dengan Rick Jones. Atlas bertempur melawan Avengers dan pasukan Shi’ar tapi, ketika dia mengetahui kalau peperangan itu diakibatkan oleh Supreme Intelligence, Atlas mutusin buat bunuh diri dengan mengaktifkan mode penghancuran diri.

Tapi, mode itu sepertinya bukan mode penghancuran diri tapi mode teleportasi. Hal ini diketahui waktu Spymaster mencuri armor Iron Man, Atlas bergabung dengan tim itu.

  • Shatterax

Shatterax adalah seorang techno-warrior dari bangsa Kree. Dia merupakan yang pertama dari ras pasukan cyborg. Dia bertarung dengan Iron Man dalam peperangan Kree-Shi’ar. Dia juga kemudian bergabung dengan Starforce. Dia adalah salah satu anggota dari Starforce yang dikirim buat nangkep Adam Warlock dan gagal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.