Proses Seleksi

Proses seleksi (sorting) di Ilvermorny beda banget sama proses seleksi di Hogwarts. Kalau di Hogwarts kaya yang kita udah lihat di film Harry Potter and the Philosopher’s Stone (2001), proses seleksi dilakukan oleh sorting hat. Satu per satu murid dipanggil namanya, lalu si topi seleksi langsung membaca pikiran, isi hati, kepribadian, pokoknya semua yang ada di dalam muridnya. Lalu setelah diketahui, langsung deh si topi meneriakkan dengan lantang nama asrama yang akan dimasukinya (contoh: GRYFFINDOR..!!!)

Nah kalau proses seleski di Ilvermorny, calon murid-murid disuruh masuk ke gerbang masuk sekolahnya yang bentuknya bundar. Kemudian, mereka harus berdiri di sekitar dinding. Nah, nanti satu per satu nama yang dipanggil, harus menuju dan berdiri di atas simbol Gordian Knot. Lalu,,satu sekolah harus benar-benar diam (silence). Nantinya, arca dari logo masing-masing asramanya akan bereaksi. Dan berikut adalah reaksi dari masing-masing logo tersebut.

Apabila Horned Serpent menginginkan si calon murid, maka kristal yang ada di kepalanya akan menyala.

Apabila Wampus yang menginginkan, maka ia akan mengaum keras.

Apabila Thunderbird yang menginginkan, maka ia akan mengepak-ngepak sayapnya.

Apabila Pukwudgie yang menginginkan, maka ia akan menembakkan anak panah ke udara.

Nah perbedaan proses seleksi lainnya adalah keempat logo boleh beraksi terhadap murid yang sedang diseleksi. Jadi gak “tok” pasti si Wampus aja yang beraksi. Kalau keadannya begini, maka si murid dibolehin memilih mau masuk ke asrama yang mana. Wah enak banget gak tuh Geeks?

Mata Pelajaran

Sebenarnya mata pelajaran yang diajarin di Ilvermorny gak beda jauh sama yang diajarin di Hogwarts. Cuma emang ada beberapa tambahannya. Nah berikut adalah daftar mata pelajarannya.

Defence Against the Dark Arts: Kaya yang kita saksikan di film Harry Potter, mata pelajaran ini adalah buat mengajarkan mantra-mantra pertahanan terhadap serangan sihir atau mahluk-mahluk gelap nan berbahaya. Putri kandung Isolt dan James, Rionach Steward, adalah salah satu guru dari mata pelajaran ini.

Charms: Gampangnya, mata pelajaran ini adalah mempelajari mantra-mantra dasar seperti: Expelliarmus, Stupey, Wingardium Leviosa, Alohomara, dan mantra-mantra dasar lainnya.

Transfiguration: Mempelajari cara buat merubah obyek menjadi bentuk baru yang unik dan berbeda.

Potions: Belajar membuat ramuan ajaib. Di kelas ini diajarkan definisi dan fungsi bahan, cara meramu, cara mengaduk, dan bahkan cara memasaknya.

Xylomancy: Belajar cara meramal masa depan hanya dengan menggunakan ranting pohon.

Arithmancy: Belajar cara meramal masa depan hanya berdasarkan angka-angka. Hmm, jangan-jangan Roy Kiyosih diam-diam pernah ke Ilvermorny untuk masuk kelas ini.

Ancient Runes: Ini adalah pelajaran buat mempelajari teks dan gambar kuno yang ditulis oleh penyihir-penyihir zaman dulu. Gampangnya, ini adalah seperti pelajaran Sejarah di sekolah kita.

Creature Care: Mata pelajaran ini sesuai namanya, baru disertakan ke dalam kurikulum di tahun 1927 setelah insiden yang terjadi di Fantastic Beasts and Where to Find Them tahun 1926. Ilmu ini menurut kisah nantinya bakal sangat membantu seluruh penyihir di Amerika dan seluruh dunia dalam memerangi Gellert Grindelwald beserta seluruh pasukannya.

Murid Terkenal

To be fair dan sejujur-jujurnya, dibandingkan sama Hogwarts, Ilvermorny belum pernah diekspos secara signifikan baik di novel maupun kedua filmnya sejauh ini. Makanya gak heran apabila sampai sekarang sosok-sosok murid yang pernah belajar, gak se-ngetop seperti nama-nama murid di Hogwarts.

Sejauh ini yang familiar di telinga adalah kakak beradik Goldstein: Tina & Queenie dan Presiden Magical Congress of the United States of America (MACUSA) yang di filmnya diperankan oleh Carmen Ejogo (It Comes at Night, Alien: Covenant), Seraphina Picquery.Semoga saja di ketiga film Fantastic Beasts berikutnya, filmnya akan memperkenalkan semakin banyak lagi murid-murid Ilvermorny lainnya.

Hubungan Dengan Hogwarts

Melihat keeksistensian kedua sekolah ini (walau beda benua), gak heran apabila kita penasaran apakah Hogwarts dan Ilvermorny saling berhubungan baik atau malah bersaing satu sama lain? Well, sayangnya Rowling gak pernah memberikan jawaban yang benar-benar jelas. Walau ia pernah mengatakan bahwa stasiun kereta api The Damen Line Blue yang berlokasi di Chicago, Illinois, adalah tempat pertukaran pelajar antara murid Hogwarts dan Ilvermorny.

Nah, berdasarkan pernyataan tersebut, maka bisa diasumsikan kuat bahwa kedua sekolah memiliki hubungan yang sangat baik namun, keduanya tetap sibuk dan fokus dengan sekolah masing-masing (“lo-lo, gue-gue”). Ya semoga saja, di salah satu atau atau dua film Fantastic Beasts mendatang, kita bisa melihat bentuk hubungan kedua sekolah ini lebih jauh lagi.

Nah Geeks. Itulah tadi pembahasan mengenai sekolah sihir Amerika di universe Harry Potter, Ilvermorny. Semoga pembahasannya memuaskan ya!

1
2