Ketika kita mendengar kata “Harry Potter”, selain kita auto teringat nama-nama karakter di dalamnya, juga kita langsung auto teringat dengan tempat menuntut ilmu para penyihir muda, Hogwarts. Yap. tempat ini emang terkenal banget sebagai sekolahnya Harry, Ron, Hemione, bahkan si penyihir yang gak ada idungnya, Voldemort (please jangan di Avada Kedavra ya Mr. Voldy). Dan sekolah ini berlokasi di Skotlandia. Yap, pasti bagi Geeks yang awam, kaget banget bukan?

Namun walau berlokasi di Skotlandia, kebanyakan muridnya emang berasal dari Inggris dan sekitarnya. Nah, kaya yang Geeks pernah liat di film Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016), faktanya Hogwarts bukan cuma satu-satunya sekolah sihir di universe Harry Potter. Negara-negara di lain di dunia ini juga punya sekolah sihirnya sendiri. Salah satu yang terkenal dan disebut di film itu adalah sekolah sihir di Amerika Serikat, Ilvermorny. Walau namanya disebut, sayangnya filmnya gak ngasih detail lebih lanjut lagi. Di filmnya, Queenie Goldstein (Alison Sudol) cuma bilang kalau Ilvermorny adalah sekolah sihir yang lebih keren dari Hogwarts.

Alhasil, gak heran apabila kitapun jadi penasaran buat gali lebih jauh seluk beluk dari sekolah ini. Nah tanpa perlu panjang lebar lagi, yuk kita kenalan lebih jauh dengan sekolah ini.

Kisah Pendek di Pottermore

Asal usul kisah Ilevrnorny pertama kali diceritain lewat kisah pendek (short story) yang diunggah di situs Pottermore, 28 Juni 2016. Ya bisa dibilang juga kisah pendek ini diunggah oleh “mama sihir” kita semua, J.K. Rowling, sebagai persiapan sebelum nonton Fantastic Beasts and Where to find Them. Di kisah tersebut diceritain kalo sekolah ini didirikan tahun 1627 atau 637 tahun setelah Hogwarts didirikan sama penyihir pure blood, Isolt Sayre setelah ia melakukan perjalanan make sebuah kapal jenis Mayflower dari Inggris ke Amerika Utara tahun 1620.

Dari kecil ia kepingin banget (bangetnya pangkat 100) buat bisa sekolah di Hogwarts. Sayang bibinya Gormlaith Gaunt, yang ternyata juga adalah sosok yang bertanggung jawab atas penyerangan rumah sekaligus kematian kedua orang tua Isolt, kerap menghalanginya. Gaunt menghalanginya karena ia gak pengen Isolt nantinya bergaul bahkan menikah dengan Muggle. Akhirnya setelah bertahun-tahun dikurung di cottage bibinya, Isolt pun berhasil kabur dengan mencuri tongkat sihir Gaunt dan bros emas yang bentuknya menyerupai bentuk Gordian Knot.

Mengadopsi Anak Dan Membangun Sekolah

Sesampainya di Amerika, Isolt ketemu dan akhirnya menikah sama Muggle (No-Maj sebutannya  di Amerika) bernama James Steward. Setelah menikah keduanya pun mengadopsi dua anak laki-laki yang masing-masing bernama Chadwick dan Webster Boot. Setelah itu, baru deh Isolt mulai proses pembangunan Ilvermorny. Isolt milih buat membangun sekolahnya di atas Gunung Greylock lokasinya di Adams, Massachusetts. Nah, pas ngebangun sekolahnya, Isolt ngerancang tampilan sekolahnya hanya berdasarkan dari kisah mulut ke mulut mengenai tampilan Hogwarts.

Oh ya, Isolt memilih lokasi yang udah disebutin di atas karena letaknya tertutup dari mata No-Maj. Ketika melihat lokasinya, No-Maj hanyalah melihat awan tebal yang nutupin seluruh gunung tersebut. Setelah dibangun, suami dan kedua anak angkatnya, resmi jadi murid pertama di sekolah itu.

Asrama & Logo

Sama kaya Hogwarts, Ilvermorny juga punya 4 asrama (house). Nah, kalau yang di Amerika nama 4 asramanya adalah: Thunderbird, Horned Serpent, Pukwudgie, dan Wampus. Logo dari masing-masing asramanya pun sesuai kaya nama rumahnya yang terinspirasi dari nama-nama binatang ajaib (magical creatures) yang eksis di Wizarding World.

Keempat magical creatures tersebut dipilih masing-masing oleh Isolt dan keluarganya dengan spesifikasi detail sebagai berikut:

Thunderbird: Dipilih sama Chadwick yang pintar tapi tempramen banget. Simbolnya sendiri berupa logo sayap burung.

Wampus: Dipilih sama Webster yang argumentatif, tapi loyal banget. Simbolnya adalah logo mirip kucing yang sedang duduk (logo paling pojok kanan).

Horned Serpent: Dipilih sama Isolt yang seperti Harry adalah seorang Parselmouth. Otomatis, simbolnya adalah logo ular yang melingkar.

Pukwudgie: Dipilih sama James karena ia kerap ketawa sendiri pas Isolt nyeritain tentang mahluknya.

Sebenarnya Geeks, logo 4 asrama Ilvermorny gak ada warnanya (baca: hitam-putih). Tapi setiap muridnya dikisahkan mengenakan jubah seragam berwarna biru dan cranberi dengan bros berbentuk Gordian Knot berwarna emas.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)