Home No Kategori Carol Danvers | Charpedia

Carol Danvers | Charpedia

Nama Car-Ell (Kree Version)

Carol Susan Jane Danvers (Human Version)

Alter Ego Captain Marvel
Origin Human/Kree-Hybrid
Tempat Lahir Boston, Massachusetts
Kewarganegaraan American
Universe Earth-616
Kemunculan Perdana Marvel Super-Heroes #13
(March, 1968)

Origin

Carol Danvers memilki nama lengkap Carol Susan Jane Danvers. Ayahnya adalah Joe Danvers, Sr., mantan perwira angkatan laut Amerika yang jadi pekerja bangunan. Ibunya bernama Mari-Ell, seorang bangsa Kree yang paling tangguh. Keduanya kemudian menikah dan punya seorang putri yang dikasih nama Car-Ell, yang dalam bahasa Kree artinya juara. Demi menyesuaikan dengan nama bumi, akhirnya  dipilihlah nama Carol.

Carol sendiri punya dua kakak, Stevie dan Joe, Jr.. Carol selalu ingin terlihat sama dengan laki-laki di depan ayahnya. Carol juga mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang astronot dan menjelajahi planet-planet lainnya. Sayangnya, ayahnya tidak menerima kesamarataan perempuan dengan laki-laki. Ayahnya kemudian mengalami masalah ekonomi dan hanya mampu mengkuliahkan salah satu anaknya saja. Akhirnya, Stevie dipilih dibanding Carol yang punya nilai lebih dibanding yang lain.

Akhirnya ketika umur 18 tahun, beberapa bulan kemudian dia memilih untuk masuk angkatan udara dan mengabdikan dirinya untuk negara. Dia berusaha untuk masuk kuliah melalui jalur militter. Kakaknya, Stevie, tewas dalam sebuah serangan militer. Carol pun berusaha untuk meraih pangkat tertinggi di satuan angkatan udara.

Selain pernah bekerja sebagai seorang pilot pesawat tempur dan juga seorang agen CIA, Carol Danvers juga pernah bekerja sebagai kepala keamanan di badan antariksa Amerika, NASA. Di tempat inilah dia bertemu dengan Dr. Phillip Lawson, yang ternyata adalah alien bangsa Kree, Mar-Vell. Ada kejadian unik waktu Carol bekerja disini. Sebuah Robot Kree Sentry sedang dipelajari oleh NASA itu tapi, tiba-tiba aja robot itu aktif dan mengamuk.

Dengan kemampuannya Mar-Vell mampu mengalahkan robot tersebut sekaligus menyelamatkan nyawa Carol. Sejak saat itu, akhirnya Mar-Vell diberi julukan sebagai “Captain Marvel” oleh semua orang. Seperti yang bisa diduga, hubungan keduanya pun berlanjut karena Carol ternyata penasaran dengan sosok Mar-Vell ini dan bahkan keduanya juga sempat menjalin sebuah hubungan asmara.

Melihat hal ini, Yon-Rogg, musuh dari Mar-Vell  punya niat jahat untuk menculik Carol Danvers dan membuat Mar-Vell masuk ke dalam jebakannya. Saat Mar-Vell datang untuk menyelamatkan Carol, pertempuran pun gak bisa terhindarkan. Yon-Rogg menggunakan senjata terlarang Kree untuk menghancurkan Mar-Vell, yaitu Psyche-Magnetron. Senjata yang punya kemampuan untuk mengubah pikirannya menjadi kenyataan ini pun meledak dalam pertarungan sengit tersebut.

Carol Danvers sendiri berhasil dilindungi oleh tubuh Mar-Vell tapi, efek yang ditimbulkan dari ledakan tersebut tetap mengenai Carol. Gak disangka, efek ledakan itu justru malah mengubah setengah DNA milik Carol menjadi DNA bangsa Kree. Setelah pulih, dia kemudian menemukan kalau dia mempunyai kekuatan super yang sama dengan Mar-Vell. Akhirnya dia menggunakan kekuatan untuk membasmi kejahatan dengan nama samaran Ms. Marvel.

Sayangnya, gak lama dari kejadian itu Mar-Vell meninggal akibat kanker yang dideritanya. Danvers pun akhirnya melanjutkan titel Captain Marvel dan membuatnya menjadi seorang pahlawan super yang sangat kuat. Dalam karirnya sebagai “orang biasa” Carol pernah juga bekerja sebagai editor di sebuah majalan perempuan, yang dibawahi langsung oleh Daily Bugle. Jonah J. Jameson adalah kepala editor Carol.

Jameson ingin majalan perempuan tersebut diisi oleh berbagai macam artikel yang perempuan banget, seperti tips menurunkan berat badan. Tapi, Carol justru malah mengisi majalah tersbut dengan berbagai tulisan emansipasi wanita dan kesuksesan lainnya. Hal ini membuat dia dipecat dari jabatannya itu karena, berbeda pandangan.

Evolusi Carol Danvers

Silver Age

Di awal kemunculannya, Carol Danvers digambarin sebagai wanita yang tangguh dan hebat dalam urusan bela diri yang biasanya didominasi sama kaum pria. Tapi, semua berubah Setelah Danvers bertemu dengan Mar-Vell. Dia kemudian berubah menjadi sosok yang feminim dan anggun. Hal itu terlihat dari lebih banyaknya Carol diselamatkan oleh Mar-Vell dan dialah sosok yang membuat Carol pada akhirnya mendapatkan kekuatan supernya.

Bronze Age

Setelah jarang muncul, akhirnya Carol Danvers pun kembali ke komik Marvel di tahun 70an yang dikenal sebagai Bronze Age. Dia menggunakan nama Ms. Marvel. Alter Ego pertama dari Carol Danvers itu cukup diperhitungkan lho Geeks. Ms. Marvel adalah sosok pahlawan perempuan Marvel yang bisa ngalahi villain bukan hanya dengan tinju tapi, juga dengan kecerdasannya.

Carol Danvers ini merupakan wanita yang paling “bebas” di Marvel universe, serta punya karir yang beragam dan juga berprestasi. Karena “kesibukannya” itu, Carol jarang punya waktu untuk pacarnya. Kostum awal Ms. Marvel sendiri berasal dari seram merah dan biru Kree yang diberikan Captain Marvel tapi, karena warnanya mirip akhirnya Carol diberikan kostum lain yang berwarna hitam emas dan motif petir yang masih dipakai sampai saat ini. Dia juga selalu memakai selendang berwarna merah di pinggangnya.

Setelah mengerjakan beberapa kasus bersama Avengers, akhirnya dia pun bergabung bersama Avengers untuk mengisi kekosongan posisi disana setelah Scarlet Witch memutuskan buat keluar dari Avengers. Tapi, akhirnya dia mengundurkan diri setelah kasus kehamilan yang diluar dugaannya yang disebabkan oleh Immortus. Dia memanipulasi Carol bahwa dia cinta padanya dan kemudian menghamiliCarol.

Marcus pun mengajak Carol untuk pulang ke rumahnya di Limbo. Disana Carol dijelakan tentang apa yang terjadi sebenarnya. Carol pun marah kepada Avengers yang tinggal diam melihat dirinya dicucui otaknya oleh seorang penjahat. Sedikit trivia Geeks, Arc yang terjadi di Avengers 2000 ini sempat menimbulkan kontroversi. Karena, dianggap berlawanan dengan pemberdayaan wanita yang selama ini menjadi image Carol Danvers.

Modern Age

Mencari ketenangan setelah bermasalah dengan Marcus akhirnya Carol memilih buat pindah ke San Fransisco. Dalam perseteruannya dengan Rogue yang memiliki kemampuan untuk menyerap kekuatan lawan, Carol kemudian harus rela kehilangan kekuatannya. Selain itu, dia juga kehilangan ingatannya. Beruntung, Professor Xavier berhasil mengembalikan ingatan tersebut setelah ditemukan sama Spider-Man mengambang di bawah jembatan Golden Gate. Saat itu, Carol sering membantu X-Men dalam memecahkan berbagai kasus.

Dia juga sempat diculik oleh alien bernama Brood yang tanpa sengaja, justru membuatnya lebih kuat. Saat itu, akhirnya Carol menggunakan identitas baru dengan nama Binary dan menjadi kelompok Starjammers. Tapi, akhirnya Carol kembali ke bumi setelah hampir seluruh kekuatannya digunakan untuk misi mengembalikan tenaga matahari. Saat kembali ke bumi, dia menggunakan nama Warbird. Tapi, pada akhirnya kembali menggunakan nama Ms. Marvel dan kemudian melanjutkan titel Captain Marvel. Ms. Marvel sendiri kemudian digunakan oleh Kamala Khan, superhero perempuan muslim yang merupakan penggemar sosok Carol dan akhirnya menjadi Captain Marvel yang menjadi sosok pahlawan kita kenal saat ini.

Perubahan Ms. Marvel ke Captain Marvel

Mungkin gak banyak yang tahu kalau Captain America adalah orang yang “berjasa” dalam penamaan Captain Marvel. Dalam volume pertama dari komik solonya yang dirilis pada 2012 lalu, Carol mengungkapkan identitas dirinya kepada Captain America. Dia mengungkapkan kalau dia adalah orang dibalik nama Ms. Marvel, pahlawan yang membantunya mengalahkan Absorbing Man.

Setelah kejadian itu, Steve dan Carol berbincang-bincang di menara Avengers. Steve mengatakan kalau Mar-Vell adalah nama asli dari Captain Marvel dan Captain Marvel hanya sebuah “jubah” dan sebuah warisan yang dengan bangga harus dia ambil. Persahabatan dan rasa hormat itu membuatnya sedikit ragu untuk melawan Captain America dalam Arc Secret Empire. Tapi, kemudian dia lega kalau itu bukanlah dia yang sebenarnya.

Story Arc

Civil War II

Selama event Civil War, Marvel mutusin buat jadi superhero yang pro registrasi. Hal itu didasari karena kesetiaannya sama pemerintah A.S dan juga temen lamanya Iron Man yang udah nawarinnya buat jadi pemimpin dari pasukan pro registrasi. Dia gabung dengan sebuah tim buat ngebantu negakin aturan Super Human Registration Act bareng Iron Man. Di tim itu di kerja bareng Wonder Man dan Arachne buat bantu ngelatih superhero baru sambil juga ngeburu para pahlawan yang anti registrasi.

Carol segera tau kalo Arachne adalah double agent yang diam-diam ngegunain kesempatan itu buat ngasih informasi penting ke pasukan anti registrasi. Carol ngerasa kalau dia gak punya pilihan lain selain ngubah Arachne. Sebagai Ms. Marvel dia ngeburu Arachne dan ngalahinnya di depan putri Arachne sendiri dan ngebawanya ke dalam tahanan. Persahabatan antar kedua wanita itu hancur lebur karena pertemuan itu dan Carol lumayan menyesal pasca kejadian. Archane akhirnya bisa lolos dari tahanan dan pindah ke Kanada buat jadi anggota Omega Flight

Belakangan, Carol ngunjungin seorang superhero muda bernama Arana buat ngeyakininnya gabung dengan pro registrasi. Karena Arana ngidolain Ms. Marvel, dia seneng banget dan gabung dengannya. Ia ngelatih Arana buat jadi superhero hebat. Sayangnya karena sebuah kejadin, Arana terluka parah , yang nyebabpin ayah Arana ngelarang Carol buat ketemu lagi dengan Arana.

Bergabung dengan Avengers

Waktu Carol Danvers masih memegang titel Ms. Marvel, dia juga pernah bergabung buat mecahin beberapa kasus bersama para Avengers. Pada saat itu, Scarlet Witch absen dari posisinya di Avengers. Melihat kekosongan itu, akhirnya Avengers menawarkan posisi kosong itu kepada Carol. Gak butuh waktu lama buat Carol untuk ngebuktiin kalau dia adalah salah satu anggota Avengers yang berharga.

Dia udah ngebantuin Avengers buat ngalahin Absorbing Man, Chthon, Grey Gargoyle, Elements of Doom, dan Taskmaster. Dia juga pernah ngalahin seorang mutan yang bernama Sabretooth sendirian setelah dia kabur dari penjara SHIELD. Karena hubungannya yang sangat dekat, Avengers menjadi kelompok pahlawan super yan paling berpengaruh selama karir Carol menjadi pahlawan super. Tapi, sayangnya bergabungnya Carol di Avengers gak berlangsung lama. Dia mengundurkan diri dari Avengers  setelah ada kejadian pribadi, yaitu munculnya seseorang yang mengaku anak dari Carol dari masa depan yaitu Marcus.

Mendapatkan Kostum Baru

Setelah pertarungan yang cukup epik yang mempertemukan Carol dan Captain Marvel pertama, Mar-Vell, kostum Ms. Marvel miliknya pun rusak berat. Carol kemudian memutuskan kalau dia harus menjadi pahlawan super sendiri tanpa keterkaitan dengan orang lain dan juga memutuskan buat mendapatkan kostum baru yang lebih menggambarkan dirinya dibanding Captain Marvel. Dengan bantuan dari The Wasp alias Janet Van Dyne, Carol kemudian mendesain sebuah kostum hitam dengan simbol petir di dadanya, ditambah dengan sepatu boots berwarna hitam dan sarung tangan.

Dia tetap menambahkan scarf berwarna milik miliknya sebagai pengingat dari kostum lamanya, meskipun akhirnya sekarang dia memakainya bukan di leher melainkan diikatkan di pinggang. Kostum itu kemudian menjadi ciri khas dari penampilan sosok Ms. Marvel. Meskipun dalam beberapa kasus dia berubah menjadi identitas lain, contohnya adalah Warbird atau Binary, dia selalu kembali ke kostum yang menjadi ciri khasnya ini.

Power And Abilities

Kekuatan Carol pada awalnya merupakan pemberian dari Captain Marvel pertama, meskipun seiring berjalannya waktu akhirnya Carol berhasil mendapatkan dan meningkatkan berbagai kekuatannya sendiri. Berbagai kekuatan ini menjadikan Carol sebagai salah satu karakter perempuan Marvel yang paling kuat.  Karena sebagian diri Carol ada DNA Kree atau hibrida manusia genetik, Carol juga punya kemampuan dan kekuatan level kosmik

Super Strength : kekuatan level Carol adalah dia mampu menahan beban antara 50-100 Ton. Hal ini membuat dia lebih kuat dari karkater lain seperti Spider-Man tapi, dia juga gak lebih kuat dari the Thing. Kekuatan inilah yang dicuri oleh Rogue saat mereka berdua bertarung. Tapi, kemudian dia diculik oleh ras alien, Brood, dan menjadikan Carol sebagai sebuah objek percobaan. Sinar evolusi yang diuji coba kepada Carol justru membangkitkan kekuatan Carol.

Berkat kemampuannya yang dahsyat itu, akhirnya Carol berganti nama dari Binary. Saat Carol menjadi Binary, dia bisa masuk ke dalam energi dari sebuah white hole dan membuatnya memiliki kekuatan level 100. Artinya adalah dia bisa mengangkat dengan mudah beban dengan lebih dari 100 ton. Berdasarkan percobaan yang udah dilakukan oleh Hank Pym menunjukan, kalau level itu bukanlah level maksimal dari seorang Carol Danvers. Dia sendiri pernah mengangkat mayat Celestial sendirian. Jadi, masih belum diketahui berapa level maksimal dari seorang Carol.

Super Speed: Carol punya kemampuan buat bergerak secara cepat, seperti gerakan supersonic. Hal ini membuat dia menjadi makhluk yang sulit untuk dilihat oleh manusia biasa. Dia bisa terbang dengan kecepatan yang mencapai 3 Mach tapi, bisa lebih meningkat lagi kalau memang keadaan mendesak. Kalau dia dalam mode Binary, dia bahkan bisa bergerak lebih cepat dari cahaya dan berpetualang ke seluruh galaksi dengan menggunakan kekuatannya itu.

Super Stamina : Carol bisa menghabiskan banyak sekali tenaga yang di butuhkan tapi, semua itu hanya terbatas sampai 24 jam saja sampai akhirnya dia akan lemas dan butuh istirahat. Waktu serangan Skrull menyerang New York, Carol menghabisi mereka sendiri selama seharian sampai bantuan datang dan kota tidak lagi diserang.

Invulnerability : Meskipun Carol bisa mendapatkan serangan bertubu-tubi tapi, hal itu gak bisa melukai Carol. Dia bisa bertahan hidup tanpa terluka di luar angkasa. Dia juga tahan terhadap peluru dan justru serangan-serangan itu malah memantul dari kulitnya. Serangan yang lebih besar seperti roket, mortar, atau yang sejenisnya, hanya mampu memberikan efek kepada Carol karena dia mampu buat menyerap energi dari ledakan itu.

Energy Absorption : Carol punya kemampuan buat menyerap berbagai macam energi dan menggunakan energi tersebut buat keperluannya seperti kekuatan, kecepatan, dan lainnya. Tapi, kemampuan ini baru muncul setelah Carol berubah menjadi Binary. Carol pernah menyerap energi yang setara dengan energi matahari. Selain mampu menyerap kekuatan sampai level nuklir sekalipun, Carol juga bisa menyerap energi sihir.

Energy Projection : Setelah dia menyerap energi yang begitu banyak, Carol kemudian bisa mengubahnya menjadi sebuah senjata yaitu photon blasts. Semakin besar energi yang dia serap, semakin besar juga kekuatan yang bisa dikeluarkan oleh Carol. Dia mendapatkan kemampuan ini ketika berubah menjadi Binary.

Energy Manipulation : sama seperti pendahulunya, Carol belajar buat mengubah energi yang dia serap untuk sesuatu yang berguna seperti merubahnya menjadi sinar X, Gravitons, sinar kosmik, dan lain-lain.

Regeneration : Sama seperti Deadpool dan Wolverine, Carp; Dambers juga punya super-healing factor yang membuatnya bisa sembuh dari penyakit apapun dalam waktu singkat. Kemampuan penyembuhannya bahkan bisa berasal dari energi yang dia serap. Dia bisa kembali sembuh dari serangan nuklir dan sejenisnya hanya dalam hitungan jam. Dia mendapatkan kemampuan penyembuhan ini setelah bertemu dengan makhluk luar angkasa bernama Cru.

Dengan alat miliknya secara tidak langsung, Carol adalah seorang makhluk yang sulit mati. Dia mampu menyembuhkan dan meregenerasi tubuhnya sediri meskipun dia terluka sangat parah. Hal ini juga membuat Carol berhenti buat bertambah usia dan bertambah tua.

Danger Sense : Salah satu kekuatan orisinal dari Carol adalah kemampuan Seventh Sense, yang membuat dia secara tidak sadar mampu mengetahui bahay apa yang datang. Kemampuan ini muncul saat dirinya berubah dari Carol Danvers menjadi Ms. Marvel.  Kemampuan ini juga mampu untuk memprediksi gerakan lawan tapi, kemampuan ini pun berhasil dicuri oleh Rogue.

Minor Molecular Control : Carol punya sedikit kemampuan buat mengendalikan molekul, yang dia gunakan untuk mengubah pakaian yang dia pakai saat itu menjadi kostum miliknya. Kekuatan ini hampir sama dengan kemampuan Clark Kent yang bisa berubah menjadi Superman dalam sekejap mata.

Hyper-Cosmic Awareness : Saat dia menjadi Binary, Carol mendapatkan kekuatan cosmic awareness, seperti yang dimiliki Silver Surfer. Dia mampu secara visual melihat berbagai pola energi dan kemudian sadar bahwa ada sesuatu yang terjadi di luar angkasa sana. Saat dia kehilangan kekuatan binarynya, dia juga kehilangan kemampuan ini.

Mata-Mata Berpengalaman : karena Carol pernah menjadi anggota pasukan Angkatan Udara Amerika, dia juga pernah dikirim dalam tugas intelijen. Oleh karena itu, dia punya kemampuan yang baik sebagai mata-mata.

Mampu Berbagai Bahasa : Carol bisa berbicara dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Russia, dan berbagai bahasa bumi lainnya. Selain itu, dia juga bisa berbahasa Kree dan Shi’ar. Dia juga bisa sedikit berbicara bahasa Rajaki dan beberapa bahasa lainnya.

Seorang Master Pilot : Carol udah teruju sebagai pilot tempur Amerika. Bahkan angkatan udara Amerika nyebutin kalau Carol adalah salah satu pilot tempur terbaik mereka.  Selain pernah nerbangin pesawat bumi, dia juga pernah menjadi pilot buat pesawat Kree, Shi’ar, dan pesawat luar angkasa lainnya .

Ahli Pertempuran : Karena dia seorang tentara, dia juga dilatih bela diri dan juga dilatih bertempur dengan menggunakan senjata.

Jurnalis : Waktu dia kehilangan ingatan, dia pernah bekerja sebagai penulis lepas dan editor di majalan wanita, yang merupakan bagian dari media Daily Bugle. Dia juga pernah bekerja di bawah redaksi James J Jameson tapi, akhirnya dia dipecat karena berbeda pandangan.

 

Exit mobile version