Kalimat “kematian bukanlah akhir” tentunya ini benar terjadi di dalam cerita komik, karena para karakternya bisa aja dihidupin kembali. Kematian dalam komik bukanlah hal baru, tapi kadang, cara kematian para superhero ini bakal ngejutin para Geeks penggemar komik. Popularitas dari sang karakter yang mungkin jadi alasan kenapa mereka gak mau benar-benar “membunuh” permanen sang karakter dan malah mereka ngebawa kembali sang karakter dari kematian. Kali ini Greenscene bakalan membahas kisah kematian para anggota Avengers yang gak boleh kalian lewatin, yuk simak pembahasannya dibawah ini Geeks.

10. Captain Marvel – The Death Of Captain Marvel


Di dalam sejarah komik Marvel, terdapat beberapa tokoh yang pernah punya gelar sebagai Captain Marvel, salah satunya adalah Mar-Vell. Ia sebenarnya adalah anggota ras Kree yang diutus ke Bumi sebagai mata-mata. Mar-Vell akhirnya dianggap sebagai pengkhianat oleh bangsa Kree karena terlalu heroik. Tapi disisi lain dia malah jadi salah satu superhero yang paling dicintai di Bumi.

Peran Mar-Vell di Marvel Comics semakin luar biasa dan besar setelah ia dipilih sama makhluk kosmik bernama Eon buat jadi pembela alam semesta. Ia diberi kekuatan oleh Eon yang membuat kekuatannya bertambah berkali lipat. Tapi perjalanan heroiknya gak berlangsung lama, sebab Mar-Vell tewas akibat penyakit kanker yang dideritanya karena menghirup gas beracun saat bertarung ngelawan Nitro. Setelah pergi ke ahli sihir ternama,  Mar-Vell sadar bahwa ajalnya bakal tiba. Ia bahkan nerimanya dengan tabah dan bilang ke Lady Death bahwa ia gak perlu ngegunain kekuatannya buat nyembuhin penyakitnya.

9. The Hulk – Civil War II


Dalam cerita komik Marvel berjudul Civil War II edisi ketiga, ada sebuah kejutan besar bagi para pembaca komik. Pasalnya kejadian buruk menimpa Bruce Banner, alter ego dari Hulk yang tewas dibunuh. Seperti yang telah kalian ketahui kalo Hulk udah sejak lama bergabung bersama anggota The Avengers dan bukan hanya Bruce Banner yang ngalamin kematian di dalam cerita komik Civil War II, karena sebelumnya Marvel juga pernah ngisahin kematian Captain America dan Spider-Man, namun karakter tersebut mampu dihidupkan kembali.

Bruce Banner dibunuh rekannya sendiri yaitu oleh Hawkeye a.k.a Clint Barton yang ngegunain panah ungu miliknya, tepat mengenai wajah Hulk. Sebelumnya Hawkeye diberitahu sama kaum Inhuman (Ulysses) yang dapat melihat masa depan, ia bilang bahwa Hulk akan menyebabkan kehancuran dan ancaman bagi seluruh anggota Avengers. Namun, insiden gak terduga ini terjadi karena Banner sendiri lah yang minta Clint Barton buat ngebunuhnya jika suatu ketika ia berubah jadi Hulk lagi dan Hawkeye pun akhirnya memenuhi keinginan Banner. Kemudian dalam komik berjudul The Totally Awesome Hulk, ternyata Hulk menempati tubuh Amadeus Cho dengan memiliki kemampuan yang lebih terkendali.

8. Hawkeye – Avengers Disassembled


Jika dalam komik Civil War II, Hawkeye lah yang telah ngebunuh Bruce Banner a.k.a Hulk, sekarang giliran Hawkeye sendiri yang menemui ajalnya. Banyak yang beranggapan jika Hawkeye a.k.a Clint Barton merupakan salah satu anggota The Avenges yang lemah dan gak lebih dari seorang pemanah. Namun berkali-kali juga ia ngebuktiin kalau kehadirannya di The Avengers gak cuman sebagai seorang pemanah aja, melainkan seorang pejuang dan pemimpin yang sangat pemberani.

Selama konflik besar di Manhattan dengan ras Kree, Hawkeye pergi jauh buat tujuan yang mulia. Ia ngeraih sebuah jetpack dari pakaian Kree, lalu ia melanjutkan dengan pergi menggunakan sebuah joyride untuk menaiki sebuah pesawat ruang angkasa Kree. Namun ia tewas karena berkorban buat ngehancurin batalion pesawat Kree dan seperti pada cerita ‘House of M’, ia kembali hidup di dalam dunia imajinasi Wanda Maximoff (Scarlet Witch), lalu sekali lagi mati ditangan anak Scarlet Witch sendiri.

7. Thor – Fear Itself


Buku komik ‘Fear Itself’ adalah sebuah cerita komik crossover tahun 2011 yang diterbitin  Marvel Comics yang terdiri dari 7 edisi. ‘The only thing we have fear is fear itself’, menggambarkan superhero yang saling punya kepentingan bersaing dengan Serpent (Cul Borson), yang dikenal sebagai Norse God of Fear buat bangsa Asgardian dan digambarkan sebagai musuh Odin dan Thor. Ia ditakdirin buat ngebunuh Thor pada saat peristiwa Ragnarok terjadi.

Di sebuah perang besar yang melibatkan Avengers buat ngelawan prajurit Serpent, Thor harus tewas setelah mengalahkan Serpent yang saat itu tubuhnya bertransformasi menjadi seekor naga besar. Beberapa saat setelah Thor tewas, Odin mengumpulkan seluruh anggota Avengers dan Asgardian untuk membawa jasad thor kembali ke Asgard.

Dalam perang besar ini, perisai milik Captain America hancur. Iron Man kemudian minta Odin ngebantunya buat mengizinkannya membuat senjata baru dari uru (logam Mjolnir) untuk Avengers.

6. Goliath – Civil War


Goliath yang dimaksud adalah Bill Foster, awalnya ia merupakan asisten di laboratorium Hank Pym. Ia sering terlihat bersama Luke Cage dan Iron Fist, yang seolah nunjukin kalo dirinya berpihak di sisi Captain America selama event Civil War. Goliath tewas ketika para anggota Secret Avengers berusaha buat melarikan diri dari Thor yang ngegunain palunya buat ngalahin mereka. Tiba, tiba sebuah serangan Thor mengenai Goliath yang menyebabkan luka besar pada dadanya. Goliath pun akhirnya tewas karena serangan itu.

Setelah Goliath tumbang Thor melanjutkan serangan tersebut, sehingga Invisible Woman menggunakan kekuatannya buat ngelindungin Secret Avengers. Thor, yang baru saja ngebunuh Goliath, ternyata adalah hasil cloning atau tiruan. Thor dan palunya itu udah direkayasa buat melayani pemerintah.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2