Salah satu cabang olahraga baru, eSport, udah lama digadang-gadang bakalan jadi olahraga baru yang populer di masa depan. Dan hal itu ternyata terbukti, setidaknya sampai saat ini. Popularitas eSports lagi tinggi-tingginya. Contohnya adalah banyaknya kompetisi eSports di seluruh dunia, bahkan di Indonesia. Meskipun terhitung olahraga baru di Indonesia, eSports udah jadi salah satu “mimpi” para pemain game di negara ini.

Tapi, buat jadi seorang gamer yang profesional dan selalu GGWP waktu main, butuh proses yang panjang dan gak sebentar. Sama kaya olahraga lainnya, kita harus mulai dari bawah dan latihan yang tekun. Lalu, buat kalian yang mau mulai “karir” eSports, kita bakalan kasih sedikit tips supaya kalian dan tim selalu GGWP.


Cari Teman Satu Tim


Yang namanya tim, pastinya lebih dari satu orang dan kerja sama bisa ngehasilin sesuatu yang besar. Buat nyari teman satu tim, kalian bisa ajak teman-teman dekat, teman-teman rumah, pasangan, atau bahkan teman yang kalian belum pernah ketemu sama sekali. Selama kalian punya visi yang sama dan juga keinginan yang sama, kenapa gak bareng-bareng jadi suksesnya.

Kamu juga dapet motivasi dan semangat ekstra, yang kamu dapetin dari rekan setim kamu, atau bahkan dengan adanya tim ini bakal tumbuh rasa persaingan. Tapi persaingan yang positif ya Geeks, misal bersaing buat ngedapetin title pemain terbaik di tim kamu. Nah, buat lebih ngebangun chemistry yang lebih solid lagi antar anggota tim, kalian bisa bikin grup whatsapp, Line, atau mungkin Discord. Lebih bagus lagi sih kalau kalian udah ketemu secara tatap muka secara langsung tapi, kalau gak memungkinkan bisa menggunakan aplikasi tadi.


Latihan Rutin


Meskipun Geeks punya bakat yang hebat dalam dunia game, kalau gak diasah mungkin gak bisa berkembang. Apalagi buat Geeks yang mulai dari awal. Sama kaya sepak bola, basket, Voli, atau olahraga lainnya, latihan adalah sesuatu yang penting buat dilakukan. Seperti kata pepatah bilang, practice makes perfect!

Semakin sering latihan, chemistry antar anggota tim juga bakalan semakin solid. Kalian bisa buat jadwal kapan latihan rutinya. Kalau sempet dan ada lawannya, kalian juga bisa latih tanding dengan tim lain. Kalau gak ada, kalian bisa latih tanding internal tim. Latihan juga bisa jadi sarana agar keampuan kalian tetap stabil. Karena, kemampuan seseorang kadang bisa naik dan bisa turun. Oiya latihan tim juga bisa ngebangun rasa kepercayaan, ngebangin komunikasi yang apik, dan tentu aja ngebangun kemampuan bekerja sama Geeks.


Buat Target


Bikin tim tanpa punya target rasanya percuma. Tapi, ngebuat target tim juga memang bukan perkara yang mudah. Harus ada kesamaan ide, motivasi, dan pikiran dari masing-masing anggota tim. Visi dan misi masing-masing orang buat ikut tim mungkin aja bisa berbeda-beda, makanya harus dibuat satu target real dari tim kalian Geeks.

Target emang harus dipersiapkan dengan matang. Untuk Geeks yang udah punya target serius, itu tentu hal yang bagus. Tapi, buat Geeks yang baru ngebikin tim gak perlu punya target tinggi dulu. Bisa sering kumpul dan ngebangun chemistry juga bisa jadi target awal tim. Abis itu baru lanjut ke target berikutnya, misalnya ikut partisipasi di berbagai turnamen. Gak harus menang, yang penting kalian punya pengalaman bertanding dulu.


Kurangi Ego


Egois terkadang jadi salah satu hambatan dari sebuah tim. Tingkat ego masing-masing orang emang beda-beda. Tapi, kadang ego seseorang itu gak bisa dibendung. Jadi, bakalan susah buat nyetel dengan anggota lainnya kalau ego terlalu tinggi. Jangankan sebuah tim eSPorts, band dunia aja banyak yang bubar akibat ego personilnya.

Kalau semua bisa saling ngejaga ego, pastinya kondisi di dalem tim bakalan adem dan jauh dari konflik. Kalau udah ada konflik, pastinya tim jadi akan kacau dan permainan juga jadi kacau karena semuanya pengen menang sendiri. Mulai buat belajar ngubah pemikiran kalau segala keberhasil tim itu hanya ditangan  ‘saya’. dan melihat keberhasilan tim sebagai hasil kerja sama(kita/kami).


Kenali Gamenya


Salah satu rahasia para gamer profesional adalah karena mereka tahu seluk beluk apa yang mereka mainkan. Contohnya, kalau kalian main Counter Strike, kalian harus paham gimana cara mainin senjata yang baik, gimana caranya nyari posisi yang baik, kalian harus hapal map yang biasa kalian mainkan, dan sebagainya.

Kalau kalian udah kenal dengan seluk beluk game yang kalian mainkan, pastinya secara otomatis kalian udah tau apa yang harus kalian lakuin.


Bangun Mental Tim


Mental juga termasuk hal yang sering diremehin sama sebagian orang, padahal mental termasuk faktor penting buat diperhatiin. Kalau tim kalian kalah di sebuah turnamen atau waktu lagi latih tanding, jangan menyerah. Cari kesalahannya, lalu perbaiki. Semua teknik kesempurnaan berawal dari proses trial and error. Intinya jangan cepat nyerah, sampai tujuan tim kalian tercapai.

Kaskus Battleground

10 KOMENTAR

Comments are closed.