Siapa yang gak tahu The Punisher, anti hero ikonik ini emang punya fans dimana-mana. Bukan cuma karena label bahwa dia seorang ‘karakter komik’, tapi dia emang punya style yang hampir beda dari superhero atau villain lainnya. Bisa dibilang dia adalah sosok kharismatik yang humanis sekaligus brutal dengan kemampuan kombat juga berbagai alat tempur yang keren. Salah satunya adalah Battle Van.

Hampir mirip dengan Batmobile-nya Batman, Battle Van ini jadi kendaraan tempur milik Frank Castle. Biar pun ga sefuturistik Batmobile ( secara ini ‘cuma’ mobil Van ), tapi dengan bantuan beberapa rekannya, Battle Van jadi salah satu alat tempur paling mematikan. Pastinya Geeks penasaran apa kelebihan dari ‘kendaraan tempur’ dari The Punisher ini ? Daripada penasaran, simak pembahasannya di bawah ini.


Kemunculan Perdana Battle Van


Battle Van pertama kali memulai debutnya dalam serial komik Marvel berjudul The Giant-Size Spider-Man #4 yang dirilis pada tahun 1975. Komik yang diciptakan oleh Gerry Conway, Ross Andru dan Mike Esposito ini adalah pertama kalinya The Punisher membunuh sekelompok penjahat dengan kendaraan miliknya. Saat itu gak semua karakter superhero dalam komik Marvel memiliki kendaraan khusus, sedangkan The Punisher datang dengan kendaraan mobil Battle Van ikoniknya ini.

Battle Van ini pertama kali diciptakan oleh rekan The Punisher yang merupakan seorang Insinyur bernama Reiss a.k.a The Mechanic yang terbunuh oleh Vulture. Setelah The Mechanic terbunuh, Battle Van lalu dimodifikasi oleh seorang hacker bernama Microchip agar sesuai dengan gaya Frank Castle; seorang pahlawan yang menghukum penjahat dengan caranya sendiri (vigilante). Setelah dimodifikasi, Battle Van mempunyai teknologi canggih untuk pengintaian saat Frank Castle menjalani misi-nya.


Fitur Battle Van


Mobil Van The Punisher yang telah dimodifikasi oleh Microchip ini mempunyai body yang hampir sama dengan mobil Van merk Ford, tapi Battle Van ini mempunyai mesin tipe V-8 turbocharged yang membuatnya memilki kecepatan yang hampir sama dengan mobil sport buatan Eropa yang bikin mobil ini punya tenaga bad-ass.

Selain itu Battle Van memiliki 4-Wheel Drive dengan Ban yang bisa menempuh medan off-road sekaligus dilengkapi dengan suspensi yang bisa menopang benda berat yang berada di dalam Battle Van. Mobil ini juga memiliki lapisan baja yang terdapat di seluruh body mobil sehingga dengan mudah menahan tembakan musuh, selain menahan dari tembakan armor, Battle Van juga sangat kuat untuk menabrak kendaraan yang ada disekitarnya dan Battle Van hanya bisa hancur dengan senjata anti-tank seperti Bazooka, sounds crazy right? By the way Berikut adalah spesifikasi Battle Van The Punisher :

On-Board Equipment :

  • Sistem kemudi dapat dikendalikan secara otomatsi seperti Transmisi, rem dan Kemudi
  • Sistem pendingin udara yang sangat efisien
  • Komputer dengan kemampuan deteksi penyusup, GPS jalan kota Amerika, alat pendengar audio dan sistem sonar yang bisa mendeteksi benda di luar.
  • Mempunyai fitur AI atau Artificial Intelligence untuk bisa memperintahkan kendaraannya mengemudi secara otomatis atau autopilot.

On-Board Weaponry :

  • 4 barrel minigun dengan 20.000 amunisi caliber .223
  • 40 mm granade launcger dengan sebuah 110 box peluru
  • 4 senapan mesin bergerak, masing-masing mempunyai 400 peluru dengan caliber .25
  • Mampu mengeluarkan gas air mata dan kabut putih untuk melampaui musuh

Upgrade


Setelah pertama kali diceritakan dalam versi komik tahun 1975, Battle Van ini memulai debutnya dalam versi serial TV animasi Spider-Man berjudul Neogenic Nightmare Chapter 7: Enter the Punisher yang dirilis pada tahun 1994. Kemunculan Battle Van dalam serial animasi ini sedikti berbeda seperti yang ditampilkan dalam komik, Battle Van ini tidak memilki mini-gun dan granade launcher, namun Battle Van dalam animasi ini memiliki senjata laser dan tembakan rudal, dan AI (Artificial Intelligence).

Dengan teknologi AI tersebut, Van ini mampu merespon perintah The Punisher hanya dengan berbicara dan juga dapat meluncurkan senjata yang akan diberikan kepada Frank Castle saat menjalan kan misi dengan menyesuaikan kecepatan angin dan ketinggian bangunan di sekitarnya. Namun dalam animasi ini Battle Van akhirnya dihancurkan oleh Goblin Glider milik Harry Osborn.

BACA JUGA: Apakah Marvel Family Hadir di Film Shazam?

Selanjutnya Pada tahun 2009, Battle Van The Punisher muncul dalam serial animasi Marvel berjudul The Superhero Squad, dalam Episode 9 yang berjudul Night in the Sanctorum, Battle Van The Punisher memiliki senjata yang hampir mirip saat kemunculannya di serial animasi Spider-Man. Dalam serial animasi Superhero Squad ini Battle Van menembakkan laser saja meskipun tidak ada senjata lagi yang diperlihatkan oleh Battle Van The Punisher.

Nah itu dia berbagai jeroan dari Battle Van The Punisher. Gimana Geeks? Tertarik modifikasi mobil Van kamu dengan fitur-fitur Battle Van?