Grimlock


Jika ada hal lain yang lebih keren dari robot yang bisa berubah bentuk menjadi mobil adalah robot yang bisa berubah menjadi dinosaurus. Sebagai pimpinan dari Dinobots, Grimlock adalah anggota terkuat dari grup ini. Ia kadang dilihat sebagai salah satu, kalau bukan paling, Transformer terkuat, karena dapat dengan mudah mengalahkan Megatron di beberapa versi. Dalam bentuk T-rex Grimlock, ia hampir tidak bisa dihancurkan. Ia juga dapat menyemburkan api dalam bentuk dinosaurusnya dan memiliki rahang yang sangat kuat. Dalam bentuk robotnya, Grimlock memegang sebuah pedang energon, peluncur roket, dan seorang petarung yang tangguh.

Dinobots adalah sub-fraksi dari Autobots, namun meskipun begitu Grimlock seringkali menunjukkan rasa tidak suka atas kepemimpinan Optimus Prime, sehingga ia bergabung dengan Autobots dengan tidak tulus. Namun, meski loyal terhadap diri sendiri, para anggota Dinobots masih menunjukkan sikap hormat terhadap Optimus Prime dan dalam beberapa kasus bergabung dengan saudara mereka untuk melawan Decepticons. Ada beberapa versi mainan Grimlock sepanjang tahun, namun model aslinya dibuat berdasarkan seri Dinosaur Robo dari Takara Diaclone.


Jazz


Letnan satu dari Autobots sekaligus tangan kanan Optimus Prime ini mengalami nasib buruk di film pertama franchise Transformers arahan Michael Bay. Jazz disuarakan oleh aktor, penyanyi, dan pengisi suara legendaris Scatman Crothers. Ia selalu digambarkan sebagai Autobots penuh gaya, keren, dan kompeten. Ia dapat berubah menjadi mobil balap turbo Martini Porsche 935, sementara di dalam film tahun 2007 ia berubah menjadi mobil Pontiac Solstice berwarna perak.

BACA JUGA: Bumblebee Buka Jalan Untuk Film Origin Cybertron?

Melalui berbagai iterasi, Jazz selalu digambarkan sebagai salah satu Autobots terkecil. Ia juga selalu mempertahankan statusnya sebagai tangan kanan Optimus Prime di berbagai versi. Meski, di dalam serial animasinya, ia berbagi tugas ini dengan Ironhide dan Prowl. Ia adalah salah satu Autobots asli yang turun ke bumi bersama dengan Optimus Prime di dalam Ark. Ia dan para Autobots lainnya berada dalam status tidak aktif selama empat juta tahun setelah Ark mereka diserang oleh pesawat Megatron, The Nemesis.


Arcee


Archee adalah karakter wanita Transformers paling terkenal di dalam franchise ini. Tentu ada karakter wanita lain seperti Windblade, namun sebelum karakter-karakter wanita Transformers ini muncul, Archee bukanlah karakter wanita pertama di dalam franchise Transformers, namun ia menjadi terkenal melalui penampilannya di dalam Transformers: The Movie (1986). Semenjak itu ia muncul di dalam berbagai iterasi Transformers, dan meski penampilannya berubah dalam beberapa franchise, ia umumnya dikenal dengan perpaduan warna merah muda dengan corak putih. Perubahannya dikenal sebagai motor, meski ia dapat berubah menjadi mobil dari Cybertron, seperti motor 2006 Buell Firebolt dan Honda S2000 Roadster.

Meski kepopulerannya, Arcee belum mendapat action figure yang akurat hingga mainan Generations membuatnya ulang pada tahun 2014. Sehingga sebelum seri mainan ini dirilis para penggemar terpaksa membeli versi warna lain dari Arcee, atau modelnya yang tidak bisa berubah. Memiliki tokoh utama wanita merupakan sebuah terobosan besar bagi franchise Transformers apabila film solo Arcee benar-benar dibuat.


Ironhide


Sering ditampilkan sebagai pejuang lama dari Cybertron, Ironhide adalah bodyguard dari Optimus Prime yang telah lelah dengan pepcerangan. Ia juga adalah salah satu karakter paling populer di dalam franchise Transformers. Di dalam film live-action perannya berubah menjadi teman lama Optimus Prime sekaligus ahli senjata. Perubahannya juga diupdate dari sebuah minivan menjadi truk pickup GMC Topkick C4500. Pada awalnya Arcee direncanakan akan muncul di dalam film tahun 2007, namun perannya akhirnya digantikan oleh Ironhide.

Di dalam serial aslinya, Ironhide adalah anggota sentral dari Autobots yang tengah menjalin hubungan romantis dengan Chromia. Ia juga adalah karakter pertama yang muncul di layar dengan mengalahkan Soundwave sebelum Ark mendarat ke bumi. Ironhide adalah karakter yang lebih praktis, yang kadangkala melanggar aturan Autobots demi menyelesaikan misi. Sehingga hal ini akan menarik apabila ia memiliki film solonya.


Unicron & Primus


Unicron dan Primus adalah saudara kembar yang dianggap sebagai dewa bagi para Transformers. Mereka adalah “anak-anak” dari wujud ekstra-dimensi yang dikenal sebagai The One. Keduanya dikirim ke dalam alam semesta yang baru saja dibentuk untuk menjelajah dan memuaskan rasa ingin tahu sang The One. Unicron hanya terdapat di dalam satu alam semesta, sementara Primus di berbagai  alam semesta. Primus kemudian menyadari bahwa saudara kembarnya adalah perwujudan dari Dewa Kehancuran.

Keduanya lantas bertarung dan dalam pertempuran dahsyat di galaksi tersebut, primus mengorbankan dirinya untuk memenjarakan kakaknya dan dirinya sendiri di dalam planet-planet kecil yang terbuat dari metal. Sepanjang waktu berjalan, Unicron mulai beradaptasi dengan penjaranya dan merubah dirinya menjadi planet metal, sementara Primus berubah menjadi planet mekanis Cybertron. Kisah dua bersaudara ini apabila difilmkan akan menjelaskan “origins” atau asal mula dari para Transformers.