Marvel Studios kembali ngelanjutin lagi “tradisi” buat ngerilis TV spot terbaru mereka di kompetisi nasional American Footbal, Super Bowl. Dan kali ini adalah giliran Avengers: Endgame yang ngerilis TV Spot terbaru. Meskipun durasinya gak panjang, tapi semua adegan di TV spot itu adalah footage fresh yang belum pernah kita lihat. Dengan durasi yang sebentar itu, mungkin ada beberapa momen yang kalian gak sadari atau terlewati. Tapi tenang, kita udah ngerangkum delapan detail yang bisa kita ambil dari TV spot ini. Let’s check this out, Geeks!

8Captain America Pakai Tameng Lagi


Buat kalian yang udah nonton film Captain America: Civil War, pasti kalian tahu pertarungan 2 lawan 1 antara Bucky Barnes, Steve Rogers, dan Tony Stark. Meskipun Tony akhirnya harus luka parah, di akhir adegan itu Tony bilang ke Steve kalau tameng ikonik yang dia pakai itu punya ayahnya dan dia gak pantes buat pakai tameng itu.

BACA JUGA: TV Spot Terbaru Avengers: Endgame Tampilkan ‘Kota Hantu’ Pasca Snap Thanos!

Steve pun akhirnya ngelepasin tameng itu dan “ngembaliin” tamengnya ke Tony Stark. Dan di film Infinity War, T’Challa alias Black Panther ngasih Steve tameng baru waktu perang besar di Wakanda. Tapi, di akhir TV spot ini kalian bisa lihat kalau tameng ikoniknya kembali. Bisa dilihat dari tangan Steve Rogers yang lagi ngencengin tali tamengnya.

7Kostum Original Rocket Racoon


Mungkin kalian gak bisa ngeliat adegan ini secara jelas dan gamblang. Tapi, kalau kalian liat lagi footagenya dan kalian perhatikan, ada yang menarik di adegan waktu Rocket pergi ke sebuah rumah atau kabin. Rocket pakai kostum baru yang bukan berasal dari film Guardians of the Galaxy. Ada dua versi tentang kostum baru Rocket Racoon ini.

Pertama adalah kostum yang dipakai Rocket adalah kostum yang bakalan dipakai waktu dia pergi ke masa lalu lewat dunia Quantum. Teori ini udah dari lama beredar di kalangan fans dan diakhir tahun kemarin, ada bocoran mainan yang ngeliatin Rocket dan Thor pakai kostum berwarna putih,mirip kostum yang dipakai di adegan ini. Versi kedua adalah kostum Rocket di adegan ini diadaptasi dari versi komik.

Di versi komiknya, Rocket pakai kostum yang punya kancing besar dan berwarna biru muda dan sedikit warna merah. Desain kostumnya sendiri mirip banget dengan kostum yang biasa dipakai sama anggota marching band.

6Dunia Baru Thanos Tidak Sesuai Harapan


Thanos selalu punya mimpi, kalau semuanya harus seimbang. Kalau semuanya seimbang, pastinya dunia ini bakalan jadi indah dan sejahtera. Tapi, pada kenyataannya, dengan gak adanya sebagian besar orang di bumi ini semuanya keliatahan jadi kaya kota hantu. Buktinya adalah di adegan pembuka kita diliatin situasi kota New York yang sepi dan tertutup salju.

Selain itu juga, banyak mobil yang ditinggalin dan berantakan, mirip adegan yang sering kita lihat di film-film dengan tema post-apocalytic. Apa yang Thanos idamkan selama ini ternyata kenyataannya gak sesuai dengan hilangnya banyak banget manusia.

5Petunjuk Timeline?


Di salah satu adegan awal dari footage, kita bisa lihat kalau Steve Rogers ada di sebuah kelompok yang isinya adalah orang-orang yang masih trauma dengan kejadian Decimation alias ‘snap genocide’ Thanos. Di akhir footagenya ada voice over yang bilang kalau orang-orang di dunia udah moved on dengan kejadian ini tapi, sebagian lagi belum.

Steve Rogers mungkin memang jadi orang yang paling terguncang diantara yang lain. Dan ngomongin masalah waktu, kemungkinan lini masa yang dipakai bukan beberapa tahun setelah kejadian Infinity War, seperti yang banyak orang bilang tapi, berbulan-bulan. Yang pasti sih kejadiannya bukan beberapa menit atau beberapa jam setelah kejadian itu.

4Rocket Gabung Avengers


Di sebagian akhir TV spot ini kita bisa ngeliat tim baru Avengers yang berjalan bareng-bareng di markas Avengers. Kalau diliat dari siluet tim baru ini, tim baru Avengers ini adalah Ant-Man, Rocket Racoon, Black Widow, Thor, War Machine, Captain America, dan Bruce Banner atau mungkin Hawkeye.

Dan dari siluet itu, Rocket mungkin yang paling “mencolok” penampilannya. Menarik juga buat ngeliat penampilan Rocket bareng Avengers nanti. Apakah Rocket bakalan jadi senjata rahasia Avengers? Kita harus nunggu filmnya April nanti. Dan yang perlu diperhatikan juga adalah gak ada Tony Stark di tim itu. Tony dan Nebula lagi terdampar di luar angkasa dan mereka berdua lagi ngebuat sesuatu di kapal luar angkasa.

3Thor Pergi ke Kebun Thanos


Ini masih sekedar spekulasi aja ya Geeks. Karena, di adegan ini shot yang ditampilin masih belum jelas. Tapi, di salah satu adegan di trailer sebelumnya ditampilin kalau Thanos ada di sebuah lokasi baru yang terang dan mirip sebuah kebun atau persawahan yang indah, mirip dengan adegan terakhir di film Infinity War. Meskipun bangunannya gak sama dengan punya thanos, tapi pemandangannya mirip, sehingga muncul kemungkinan kalau Thor emang pergi ke tempatnya Thanos.

Alasan ini juga bisa diperkuat dengan Thor punya Stormbreaker. Dengan menggunakan Stormbreaker, Thor bisa pergi kemana aja dengan bantuan Bifrost.

2Hawkeye Alias Ronin Yang Kembali Muncul


Hawkeye emang absen di film Avengers: Infinity War, tapi kayanya dia bakalan punya sebuah aksi yang penting di film AvengersL Endgame, dengan menggunakan identitas Ronin. Di komiknya, Hawkeye berubah identitas jadi Ronin setelah anak dan istrinya meninggal karena Decimation. Cerita itu jadi dasar banyak fans kalau di film ini juga, keluarga Clint sudah meninggal.

Cahaya merah di shot ini seakan ngeliatin ada bahaya besar yang menanti Clint. Apakah film Endgame nanti bakalan nyeritain perjalanan Clint jadi Ronin? Kita tunggu aja di filmnya nani ya Geeks !

1Para Karakter yang Sudah Tewas


Di pembukaan TV spot ini, kalian bakalan ngeliat beberapa karakter seperti Nick Fury, Spider-Man, Black Panther, The Guardians of the Galaxy, dan Wasp. Gambarnya muncul secara cepet banget, dan gambarnya sendiri diambil dari film-film sebelumnya dengan warna yang berubah jadi abu-abu. Gambar-gambar itu seolah ngasih pesan kalau mereka mati secara dramatis.

Itu dia beberapa detail yang bisa kita tangkep dari Avengers: Endgame, kalian nemu hal lainnya? Jangan ragu buat share pendapat kamu di kolom komentar ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.