Buat Geeks para penggemar One Piece, pasti gak asing dengan huruf “D” yang ada di tengah-tengah nama beberapa karakter,termasuk sang karakter utama, Luffy. Dari sejak awal One Piece dibuat sampai saat ini, pencipta komik One Piece, Oda sensei (Eichiiro Oda), belum pernah mengungkapkan apa kepanjangan atau arti dari nama “D” tersebut. DI komiknya juga belum ada cerita atau arc yang menjelaskan arti atau kepanjangan dari “D” ini.

Hal inilah yang membuat para penggemar One Piece penasaran sampai saat ini. Mengapa nama “D” menjadi salah satu cerita penting dalam kisah One Piece? Simak pembahasan singkatnya di bawah ini ya Geeks!


Tekad D


Dalam bahasa Jepangnya, tekad atau semangat D ini disebut D no Ishi. Ada sebagian yang nerjemahin kalau itu disebut “Tekad D” atau ada juga yang nyebut kalau itu diterjemahin sebagai “Semangat D.” Terlepas dari banyaknya versi tranlasi itu, yang pasti “D” ini bakalan selalu menjadi musuh besar pemerintah. Kenapa mereka jadi musuh pemerintah?

Menurut cerita One Piece, kisahnya berawal di 800-900 tahun yang lalu. Di masa itu, orang-orang dengan nama tengah “D” menjadi penguasa yang kuat. Karena takut kerajaan dan kekuasaan mereka terancam, beberapa kerajaan yang menjadi leluhur para naga langit pun secara diam-diam menghabisi para orang-orang dengan “D” tersebut.

Para “D” yang selamat dari pembunuhan tersebut bersumpah, untuk membalas dendam kepada para pemerintah dunia. Mereka juga berjanji akan merebut kembali kekuasaan. Masa-masa tersebut disebut sebagai masa yang hilang. Di komiknya juga, nama “tekad D” ini sempat disebutkan beberapa kali dalam dialog karakter.

Dokter Kureha adalah orang yang pertama kali menyebut nama “tekad D” ketika dia menyebutkan nama raja bajak laut pertama, Gold D. Roger. Kureha pun bilang kepada Dalton kalau Chopper sudah bergabung dengan orang yang sangat berbahaya. Nico Robin juga pernah menyebutkan tentang nama tersebut sebanyak tiga kali. Pertama waktu dia pergi ke Alabasta dan pertama kali bertemu dengan Luffy. Kedua adalah saat dirinya bertanya kepada Gan Fall dan yang ketiga adalah saat Robin bertanya kepada Rayleigh saat di pulau Gelembung.

BACA JUGA: Kupas Misteri Kucing Alien ‘Peliharaan’ Captain Marvel?

Rayleigh pun berniat untuk menceritakan semuanya yang ingin dia ketahui tapi Robin menolak. Dia bilang dia ingin mencari tahu sendiri. Dia ingin melangkah perlahan. Diantara para karakter yang memiliki “D” itu, ada yang dengan terbuka menggunakannya, ada juga yang gak mau pakai nama itu. Contohnya adalah Trafalgar Law.  Dan “D” ini juga diturunkan kepada para penerusnya. Selain keluarga Luffy, keluarga Jaguar D. Saul juga semua keluarganya ada nama “D” di dalamnya.

Edward Newgate alias Whitebeard pernah menjelaskan kalau membunuh orang-orang dengan “D”di namanya, tidak malah mematikan semangat mereka. Justru hal itu semakin memancing semangat mereka. Setelah arc Marineford selesai, Luffy sempat dibawa ke pulau Amazon Lilly. Disana, salah satu dari lima sesepuh pulau tersebut nyebutin kalau “D” artinya Danger (bahaya).


Tekad yang Diwariskan


Meskipun penjelasan tentang “D” hilang sebagian, para generasi “D” terdahulu yang selamat menceritakan tentang kisah mereka lewat Poneglyph, sebuah media ukiran batu yang lebih kuat dari besi dan baja. Selain menceritakan tentang kisah masa kejayaan orang-orang “D” dalam Poneglyph itu juga terdapat tulisan yang menjelaskan cara bagaimana melawan pemerintah dunia. Contohnya adalah Poseidon, Pluton, Uranus.

BACA JUGA: Kenali Berbagai Monster Mengerikan di Attack on Titan!

Poneglyph ini juga tersebar di beberapa pulau dan mereka yang mempunyai poneglyph tentang “D” harus mencari pewaris nama “D” yang sekiranya pantas untuk mengetahui tentang sejarah mereka yang hilang. Raja bajak laut, Gold D.Roger, adalah orang pertama yang kembali muncul dan mewariskan “Tekad D” tersebut. Roger juga udah pernah baca semua Poneglyph dan ngerangkum semuanya di pulau Raftel, pulau terakhir di Grand Line.

Selain Roger, ada juga beberapa nama bajak laut hebat lain yang pernah baca rangkuman poneglyph Roger. Mereka adalah Shanks, Rayleigh, dan Buggy. Roger sendiri menjadi musuh utama angkatan laut dan pemerintahan dunia karena dianggap mengetahui sejarah dari masa yang hilang.


Karakter Dengan Nama ”D”


Sampai sejauh ini, ada sembilan nama karakter yang diketahui mempunya atau memiliki nama “D” di tengahnya. Siapa saja mereka?

  1. Monkey D. Luffy
  2. Monkey D. Garp
  3. Monkey D. Dragon
  4. Gold D, Roger
  5. Marhall D. Teach
  6. Trafalgar D. Water Law
  7. Portgas D. Rouge
  8. Portgas D. Ace
  9. Jaguar D. Saul

Oh iya, ada satu hal yang unik dari karakter-karakter yang memiliki “D” di namanya. Mereka selalu membuat sebuah ekspresi menjelang kematiannya. Ada yang sedih ada juga yang tersenyum. Contohnya adalah Roger dan Ace yang tersenyum saat dieksekusi.

BACA JUGA: 10 Devil Fruit ‘One Piece’ Terkuat!

Jadi, apa arti dari “D” sebenarnya? Untuk sementara ini, yang bisa kita simpulkan adalah “D” merupakan sebuah keluarga, klan, atau sebuah kelompok. Mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah dan gak takut dengan siapapun, termasuk pihak pemerintah. Buat sebagian dari mereka, “D” yang ada di nama mereka merupakan sebuah pemicu dan api semangat untuk bisa kembali membangkitkan tekad dari masa lalu mereka yang hilang.

1 KOMENTAR

  1. Maaf, sedikit koreksi. Gol D. Roger diawal kemunculannya disebut dgn Gold Roger, ini disengaja oleh pemerintah Dunia unt menyembunyikan nama D. Kemudian penyebutan ini dikoreksi sendiri oleh Roger saat berbincang santai sambil minum sake bersama Edward Newgate aka Shirohige di Wano Kuni, bahwa pelafalan namanya yg benar adalah Gol D. Roger bukan Gold Roger. Salam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here