George Lucas adalah satu-satunya orang yang tahu semua cerita tentang Star Wars, bahkan dari sebelum trilogi filmnya pertama dibuat. Selain itu, dia juga udah tahu kalau Darth Vader itu adalah ayah dari Luke Skywalker. Lucas pernah cerita di sebuah acara perayaan 25 tahun novel New Hope, waktu dirinya menulis naskah Star Wars dia udah tahu kalau Darth Vader adalah ayah dari Luke. Tapi, dia gak nyangka kalau tingkat emosional dari hal tersebut kuat banget buat penonton.

Tapi, bukan berarti Lucas juga gak pernah ngerubah jalan cerita sama sekali. Di awal draft naskah buat film A New Hope, gak ada sama sekali petunjuk kalau Darth Vader adalah ayah Luke. Bahkan dalam draft naskahnya disebutin kalau keduanya merupakan musuh. Lalu, sebenarnya  bagaimana origin story dari Darth Vader di awal pengembangannya?


3. Kisah Masa Lalu Darth Vader yang Asli


Sejak awal pengembangan, Lucas sudah memikirkan berbagai macam twist yang akan ditampilkan di ceritanya nanti. Dalam ekspansi awal di universe Star Wars yang ditulis oleh Lucas, dia awalnya berusaha agar the Emperor berhasil mengambil alih the Senate dari sejak lama. Sebagian dari the Senate gak setuju dengan rencana Emperor, dan mereka berusaha buat menghentikan usaha dari Darth Vader tersebut.

Para ksatria Jedi banyak yang mendukung sisi Senate untuk melawan Emperor. Tapi, banyak dari anggota Senate yang nentang Emperor mati secara misterius. Sementara itu, pihak Emperor juga udah punya rencana buat ngehancurin para Jedi. Kata George Lucas, “ketika para Jedi berusaha buat mengembalikan semuanya seperti semula, Darth Vader merupakan salah satu dari para Jedi. Dia punya rencana supaya para Jedi lengah, dan menggunakan pengetahuannya tentang the Force, kemudian dia mulai membunuh para Jedi tanpa menimbulkan curiga.

Udah banyak banget Jedi yang dibunuh sama Darth Vader dan pasukannya. Para Jedi pun kemudian terpecah-belah. Meskipun mereka semua berusaha buat kembali bersatu, mereka semua diburu oleh Darth Vader. Yang menarik, Lucas menyebutkan kalau diantara para Jedi yang dibunuh tersebut, Obi-Wan dan Anakin adalah beberapa Jedi yang tersisa. Lucas juga mengkonfirmasi, kalau pada awalnya dia tidak ada rencana untuk membuat cerita kalau Anakin Skywalker dan Darth Vader adalah orang yang sama. Bahkan, dia punya imajinasi kalau Anakin dibunuh oleh Vader.


2. Origin Story Asli Anakin Skywalker


Gak aneh juga kalau cerita origin dari Anakin juga berbeda dari yang kita tahu. Dalam ceritanya, Anakin Skywalker adalah seorang Jedi yang sangat heroik dan seorang pilot yang handal banget yang pernah bertarung melawan the Empire waktu dirinya menjadi bagian dari Rebellion. Anakin kemudian dicari keberadaannya dan dibunuh oleh Darth Vader, tapi dia berhasil nyembunyiin dua anaknya.

Cerita itu dikonfirmasi oleh draft pertama The Empire Strikes Back, yang ditulis oleh Lucas sendiri dan di skrip itu gak ada kalimat “I am your father” yang terkenal itu. Ada beberapa perbedaan penting dari draft awal dan final cut buat film tersebut. Artinya Lucas belum benar-benar matengin ide buat di film tersebut. Beberapa perbedaan lainya adalah Han tidak jadi diculik, Luke gak kehilangan tangannya, Luke juga punya saudara kembar (tapi kemungkinan bukan Leia), dan Luke sebenarnya bertemu dengan ayah aslinya.

Di akhir skrip saat Luke berada di Dagobah dan dilatih oleh bentuk arwah dari ayahnya dan Obi-Wan, Darth Vader “menghina” Luke, “kau tidak bisa mengalahkanku… tidak seperti ayahmu yang melakukannya.” Jadi, di rencana awal milik Lucas, apa yang dikatakan oleh Obi-Wan kepada Luke tentang ayahnya dan penghianatan Darth Vader itu memang benar.


1. Kenapa Sih Dirubah?


Saat Leigh Brackett ngeberisin draft pertama dari The Empire Strikes Back, sayangnya dia meninggal dunia. Akhirnya Lucas pun mengambil alih tugas Brackett. Di draft kedua inilah fakta yang menyebutkan kalau Vader adalah ayahnya Luke muncul. Di catatan draft itu juga juga disebutin kalau Vader tertarik sama dark side saat dia berlatih buat jadi seorang Jedi.

Saat dia udah jadi seorang Jedi, dia kemudian membantai semua Jedi. Ben kemudian melawan Vader dan mendorong Vader ke sebuah reaktor nuklir. Tangan Ben luka dan dia pikir dia sudah ngebunuh Vader. Kenyataannya dia selamat dan berubah menjadi mutan (cyborg).

George Lucas terkenal dengan cerita tentang konflik keluarganya. Ternyata, cerita-cerita itu berdasarkan pengalaman dia waktu muda. Lucas juga sering berkonflik dengan ayahnya George Senior. Waktu diwawancara oleh USA Today, Lucas bilang kalau dia gak mau menjadi orang kantoran yang ngelakuin aktifitas rutin yang sama setiap hari.

Hal ini juga yang diaplikasiin sama cerita antara Luke dan Anakin Skywalker. Di film A New Hope, Darth Vader digamabrin seorang yang jahat. Tapi, waktu Lucas memiliki ide kalau Vader adalah Anakin Skywalker, Lucas kemudian menggambarkan Anakin dan Vader sebagai sosok ayahnya. Sama seperti ayahnya yang ingin Lucas kerja di bisnis keluarga, Darth Vader juga ingin Luke bergabung dengannya. Lucas pun menolak keinginan ayahnya, dan Luke juga.

Di film Return of the Jedi, temanya berubah menjadi pengampunan dan balas budi. Begitu juga dengan yang terjad di kehidupan Lucas. Akhirnya dia dan ayahnya saling bermaafan dan sudah menganggap Lucas sebagai seseorang yang sangat sukses. Hubungan antara Darth Vader dan Luke Skywalker udah jadi sebuah cerita yang berbeda di kisah Star Wars. Dan The Empire Strikes Back jadi film yang begitu personal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here