Nama Paul Verhoeven merupakan nama penting yang berjasa dalam membesarkan film RoboCop. Verhoeven merupakan sutradara dari film RoboCop ( 1987 ) pertama, dan berhasil membuat RoboCop mendulang sukses. Sayangnya, Verhoeven tidak melanjutkan sentuhannya di dua film RoboCop selanjutnya. Disamping itu, film ini juga sempat di reboot pada 2014, hasilnya sangat tidak memuaskan. Namun tidak sampai disitu, baru-baru ini sutradara Neil Blomkamp ( District 9 ) mengumumkan pada 2018 kalau dirinya akan membuat kelanjutan dari film klasik RoboCop alias film orisinal yang rilis tahun 1987.

Film sekuel tersebut akan dibuat berdasarkan draft yang tidak lolos seleksi untuk film kedua RoboCop, yaitu RoboCop II: The Coprporate Wars. Saat diwawancarai oleh HN Entertainment, penulis film sekuel baru tersebut yang juga pernah menulis film orisinal RoboCop, Ed Neumeier, menyebutkan kalau Blomkamp ingin filmnya terasa seperti sebuah sekuel besutan Paul Verhoeven.

Ah, ya benar, Neil Blomkamp dan penulisnya Jistin Rhodes sudah menyelesaikan pengerjaan skrip dan mereka menulis satu skrip lainnya. Sedikit ada perbedaan dari yang awalnya Neil ingin lakukan. Aku tidak mau berbicara terlalu banyak tentang masalah itu atau akan ada seseorang yang akan menyuruhku untuk diam, tapi kami berharap dan aku berpikir Neill benar-benar ingin membuat film RoboCop yang bagus. Idenya adalah film tersebut harus mirip dengan buatan Verhoeven jika (Paul) Verhoeven menyutradarai film RoboCop selanjutnya. Kita lihat kedepannya.

Meier juga menyebutkan kalau Blomkamp dan dirinya menginginkan Peter Weller untuk kembali memerankan karakter Alex Murphy dalam film baru ini. Tapi, dalam laporan sebelumnya disebutkan kalau Weller sudah tidak tertarik lagi untuk muncul di film RoboCop dan kembali memerankan Alex Murphy. Disamping itu masalah kebugaran Alex Murphy yang sekarang sudah tidak muda lagi, juga menjadi kendala.

Jika memang film ini jadi diproduksi maka, film Robocop Returns akan mirip seperti dua film klasik lainnya yaitu Halloween dan Terminator 6. Kedua film tersebut menyingkirkan berbagai elemen-elemen sekuel dan kembali pada “akar” dari elemen film pertama. Menurut kalian, siapa aktor atau bintang yang pantas untuk menggantikan Peter Weller sebagai Alex Murphy Geeks?