Aquanus


Selain Godam, Aquanus juga merupakan salah satu karakter ciptaan Widodo Noor Slamet. Dia muncul pertama kali pada tahun 1968 dalam komik Aquanus di Planet Vibhy. Dari tampilan fisik jelas tergambar pengaruh pahlawan super asal Amerika, Aquaman. Aquanus sendiri berasal dari planet Zyba. Dalam cerita origin Aquanus, dikisahkan terjadi peperangan bangsa Burbur ke planet Zyba. Untuk menghindari peperangan, putra angkat raja Sving yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa

Roket tersebut kemudian jatuh ke lautan di bumi. Anak yang ada di dalam roket tersebut diselamatkan oleh keluarga pemburu paus dan bayi yang mereka temui itu diberi nama Dhanus. Karena dulu bangsa Zyba adalah bangsa yang bisa hidup didarat dan dilaut, dia memiliki kemampuan untuk hidup di darat maupun di laut. Sehingga dia bisa dengan mudah main ke dasar laut.  Dia memiliki sebuah senjata andalan yang disebut sabuk pelangi.

Meskipun ada dalam ‘bocoran’ timeline BLCU, namun untuk Aquanus belum ada bocoran mengenai produksi filmnya. Jika bocorannya benar, maka film ini akan tayang pada tahun 2022 bersama dengan karakter BLCU lainnya, yaitu ‘Tira’.


Maza


Selain Gundala, karakter Ciptaan Hasmi lainnya adalah Maza. Karakter Maza pertama kali muncul pada tahun 1968 dalam komik Maza di Negeri Jin. Terlihat dari desain fisik, Maza juga memiliki perngaruh yang sangat kuat dari pahlawan super asal Amerika, Hulk. Cerita origin Maza  diceritakan bahwa Kanigara menganggap dirinya adalah seorang pahlawan super bernama Maza.

Dia dimintai tolong oleh seekor ular bernama Schobin untuk menemukan sebuah mutiara biru dan putrinya yang bernama Vatienc. Pelakunya adalah penyihir jahat bernama Rahczor. Saat bertemu di Pulau Tengkorak Hitam, Rahczor meminta tebusan berupa tengkorak harimau putih bertanduk tiga. Saat mengetahui Maza berhasil menemukan benda tersebut, Rahczor kemudian mengeluarkan monster-monster ciptaannya. Saat itu pula Maza ditolong oleh Jin Kartubi dan berhasil membunuh Rahczor.


Sri Asih


Sri Asih merupakan karakter karangan Raden Ahmad Kosasih. Sri Asih muncul pertama kali pada tahun 1954. Karakter Sri Asih ini juga pada awalnya memiliki pengaruh yang sangat kuat dari pahlawan super Amerika. Namun, karena pada awal zaman komik Indonesia muncul menganggap bahwa komik tentang pahlawan super tidak mendidik akhirnya, karakter Sri Asih diubah gaya komiknya menjadi cerita pewayangan.

Bernama asli Nani Wijaya, dia merupakan seorang gadis lugu yang apabila menyebut nama “Dewi Asih” maka ia akan langsung berubah menjadi sosok pahlawan super wanita, yang memiliki kemampuan luar biasa. Dia bisa terbang, menggandakan diri, memperbesar tubuhnya, kebal dan memiliki kekuatan super. Yang menarik, kisah Sri Asih tidak Cuma berlokasi di Indonesia saja tetapi juga sampai ke Singapura dan Hongkong. Karakter Sri Asih juga pernah diangkat ke layar lebar pada 1954.


Mandala


Mandala merupakan karakter utama dalam serial cerita silat seperti Golok Setan, Siluman Sungai Ular, Selendang Biru, dan berbagai komik lainnya. Mandala merupakan karakter ciptaan Mansyur Daman dan muncul pertama kali pada tahun 1970an. Cerita origin dari Mandala adalah dia berasal dari era mitologi Nusantara.

Mandala merupakan seorang pendekar silat yang memiliki berbagai ilmu-ilmu sakti, dan memiliki jiwa yang luhur dan memiliki badan tegap. Mandala berasal dari Sungai Ular. Dia adalah murid dari Bharata, seorang pendekar tua yang berlengan satu, dan selalu ditemani kuda putih kesayangannya.

Itu dia para karakter yang akan hadir di Bumi Langit Cinematic Universe, gimana Geeks? Makin penasaran melihat aksi mereka dalam format film kan?

Gambar: Berbagai Sumber & Website Bumi Langit

[yuzo_related]

1
2