Tidak mau kalah dari Amerika dengan DC dan Marvel, Bumi Langit Publisher, saat ini tengah mempersiapkan sebuah cinematic shared universe yang berisi para superhero asli Indonesia, yaitu Bumi Langit Cinematic Universe (BLCU) . Tentunya cinematic universe ini akan mengadaptasi tokoh-tokoh superhero dari publisher lokal Bumi Langit.

Kemarin, sempat beredar sebuah bocoran timeline film yang akan di produksi Bumi Langit Cinematic Universe. Dalam foto tersebut, ada beberapa film yang disiapkan oleh Bumi Langit sampai 2023 mendatang, diantaranya adalah Godam, Aquanus, Mandala, Sri Asih, dan Maza. Nah mungkin di antara kalian ada yang belum terlalu familiar dengan mereka? Kalau begitu yuk kita kenalan dengan para superhero di Bumi Langit Cinematic Universe. Check these out!


Gundala


Rasanya tidak mungkin jika kalian belum mengenal sosok satu ini, Gundala! Gundala sendiri merupakan karakter yang diciptakan oleh Harya Suraminata alias Hasmi pada tahun 1969. Gundala juga memiliki komiknya sendiri yang berjudul Gundala Putra Petir, yang alur ceritanya pun khas ala Indonesia punya.

Dalam cerita originnya, Gundala merupakan seorang ilmuwan bernama Sancaka. Dialah yang pertama menemukan sebuah serum anti petir. Dalam sebuah perjalanan, kejadian buruk pun terjadi saat sebuah petir besar menyambar dirinya. Tapi, Sanca berhasil selamat berkat pertolongan dari Kerajaan Petir dan Sancaka pun diangkat menjadi anak sang raja dengan gelar Kaisar Kronz. Sang raja memberikannya sebuah kekuatan untuk dapat mengeluarkan petir dari tangannya dan mereka juga memberikan sebuah kekuatan lain, yaitu kekuatan untuk dapat berlari secepat angin.

Btw, film Gundala saat ini telah menyelesaikan proses produksi. Disutradarai oleh Joko Anwar, Gundala juga akan di perankan oleh aktor kawakan Indonesia, yaitu Abimana Aryasatya. Simak teasernya dibawah ini.

[fve]https://www.youtube.com/watch?v=iPzVWbKhEhI[/fve]


Si Buta Dari Gua Hantu


Karakter paling populer di masyarakat Indonesia yang selanjutnya adalah si Buta Dari Gua Hantu karya dari Ganes Thiar Santosa. Barda Mandrawata merupakan nama asli dari sang tokoh utama. Berbeda dari para pahlawan lainnya, Barda tidak memiliki kemampuan untuk melihat alias dia adalah seorang tunanetra. Awalnya ia dapat melihat seperti orang normal, Namun barda kehilangan kemampuan pengelihatannya ketika ia membalaskan dendamnya kepada seorang pendekar yang telah membantai keluarga yang ia cintai. Namun, meskipun tidak mampu melihat, indra penciuman dan indra pendengarannya sangat luar biasa, diatas manusia normal.

BACA JUGA: 15 Raja Terkuat di Marvel Universe!

Barda juga memiliki kemampuan bertarung yang sangat hebat. Dia memiliki kemampuan bertarung jarak dekat yang dahsyat, memiliki kemampuan bertarung dengan menggunakan senjata, memiliki pengetahuan tentang berbagai ajian yang langka. Petualangan Barda cukup menarik karena dirinya berkeliling pulau-pulau yang ada di Indonesia, seperti Bali, Flores, Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah. Karakter ini pernah dibuat TV serinya pada akhir 90an.

Untuk filmnya sendiri akan berjudul Si Buta Dari Gua Hantu: Mata Malaikat. Disutradarai dan ditulis oleh Timo Tjahjanto ( The Night Come for Us ), filmnya saat ini dalam proses pra produksi.


Godam


Karakter lainnya yang akan dibuat filmnya adalah Godam yang merupakan karakter hasil karya Widodo Noor Slamet. Dia pertama kali muncul dalam komik Memburu Doktor Setan yang dirilis pada 1969.  Godam adalah karakter pahlawan super Indonesia lain yang terinspirasi dari pahlawan super Amerika. Terlihat dari tampilan fisik Godam terlihat seperti Superman.

Diceritakan di sebuah dimensi lain terdapat sebuah negara bernama Godam. Disaat Godam masih kecil, dia menjadi buruan Ratu Candalani karena kedua orang tua Godam yang merupakan komanda perang di negara Godam terlibat dalam aksi perlawanan terhadap tirani Candalani. Namun Godam berhasil selamat setelah ayah Godam menghanyutkannya disungai dan ia ditemukan oleh Gedibalbanda yang kemudian menjadi ayah angkatnya. Ketika Godam telah beranjak dewasa, dia menemukan berbagai macam benda sakti seperti, baju sakti yang bisa membuatnya kebal dan kuat, serta kain yang bisa membuatnya terbang.

Namun suatu saat Godam melanggar sumpahnya kepada Dewi Pengasuh Sukma sehingga dia dikurung di dalam sebuah cincin sakti. Kemudian cincin itu diberikan kepada Bapa Kebenaran di dimensi manusia. Awang, yang merupakan seorang sopir mendapat kepercayaan untuk menjadi media perwujudan Godam dalam menumpas kejahatan. Dalam menumpas kejahatan, Godam sering bekerja sama dengan Gundala, Aquanus, Maza, Tira, dan karakter lainnya.

 


Tira


Karakter ini memiliki alter ego bernama Susie. Ia adalah seorang mahasiswi yang memiliki kemampuan bela diri yang hebat. Saat menggunakan kostumnya yang berteknologi tinggi, Susie menjadi Tira yang bersumpah untuk melawan kejahatan dan ketidakadilan. Disamping itu, dalam komiknya setelah story arc Sembilan Pintu Naga, Tira selalu didampingi sembilan siluman naga. Jika Tira bermeditasi para siluman tersebut akan keluar dari tubuh Tira berwujudkan sembilan macam raksasa.

Jika dilihat dari timeline BLCU, kemungkinan Tira tidak akan memiliki film solonya sendiri, namun ia akan bergabung dengan para superhero lainnya di Gundala 3, bersama Godam, Aquanus, Sri Asih dan Maza. mengingat banyaknya karakter yang terlibat di film Gundala 3, maka ada kemungkinan jika film ini akan menjadi ‘Avengers-nya’ BLCU. Tapi siapa itu Aquanus, Maza, Sri Asih, dll? Cek selangkapnya di halaman 2 Geeks.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2