Dengan berakhirnya 2019 nanti, Marvel Cinematic Universe akan terlihat sangat berbeda dengan yang kita kenal sekarang. Tahun ini mungkin adalah tahun yang paling penting bagi MCU sejak diluncurkan 11 tahun yang lalu; Tahun untuk akhir cerita sekaligus awal baru dunia superhero Marvel ini. Fokus cerita tentunya akan mengalami perubahan yang cukup besar. Untuk sekarang, masa depan MCU masih tertutup rapat. Fokus Marvel Studios saat ini adalah mempromosikan film-film mereka yang akan segera tayang. Captain Marvel dan Avengers: Endgame adalah dua film terakhir dari Phase 3 MCU. Meskipun roster resmi Phase 4 masih belum diungkap, Spider-Man: Far From Home akan membuka chapter baru dari kisah karakter-karakter favorit kita ini.

Tahun 2014 silam, Marvel Studios mengumumkan daftar film-film mereka untuk fase ketiga cinematic universe-nya. Terungkap bahwa kisah-kisah superhero tersebut akan mencapai klimaks di dua film Avengers. Seiring waktu ada perubahan rencana dari pihak studio yang kemudian slate tersebut mengalami perubahan yang cukup signifikan (karena masuknya Spider-Man ke MCU). Dan sekarang Phase 3 akan segera berakhir tahun ini. Bukan hanya akhir dari sebuah daftar, tapi juga akhir dari cerita yang telah dibangun selama 11 tahun. Yup, cerita MCU sekarang akan berakhir di Phase 3. Namun, babak baru akan dimulai kembali dari Spider-Man: Far From Home.

Lantas, bagaimana MCU kedepannya setelah Phase 3? Kisah apa yang selanjutnya akan dibawakan? Berikut beberapa informasi yang sudah diketahui:

 


Menyisakan Beberapa Anggota Avengers Asli


Iron Man, Captain America, dan Thor sudah menjadi ikon bagi Marvel Cinematic Universe. Mereka  juga telah mendapatkan trilogi masing-masing. Baik Robert Downey Jr., Chris Evans, maupun Chris Hemsworth sudah menyelesaikan kontrak mereka. Bukan tidak mungkin apabila salah satu atau ketiganya akan melepas mantel superhero mereka.

Meskipun kontraknya sudah habis, Hemsworth sendiri masih tertarik melanjutkan peran sebagai god of thunder, Robert dan Evans sejauh ini belum menunjukkan tanda-tanda kesiapan mereka meneruskan kerjasama dengan Marvel Studios. Dengan demikian, tinggal tiga anggota lagi dari roster awal Avengers. Yakni, Mark Ruffalo (Bruce Banner/Hulk), Jeremy Renner (Clint Barton/Hawkeye), dan Scarlett Johansson (Natasha Romanoff/Black Widow).

Ketiga anggota tersisa tampaknya masih akan meneruskan perjalanan mereka, setelah Black Widow yang akan mendapatkan film solonya. Kemudian Hawkeye yang dirumorkan akan mendapatkan serial TV di Disney Plus. Untuk Hulk sendiri Marvel Studios kesulitan untuk membuat film solo lainnya karena masalah utamanya adalah hak distribusi film yang masih dipegang Universal, tapi Hulk masih bisa tetap muncul di film-film MCU lainnya.

 


Akhir dari Saga Infinity Stones


Avengers: Endgame akan mengakhiri narasi yang telah berjalan selama 11 tahun. Tiga fase awal MCU hampir selalu berkaitan dengan Thanos dan keenam Infinity Stones di samping pengembangan karakter. Infinity Stones telah diperkenalkan selama 1 dekade terakhir dan diperlihatkan kemampuannya dalam (sedikitnya) satu film.

Space Stone (biru) muncul pertama kali di film Captain America: The First Avenger (2011), kemudian diperlihatkan kembali dalam film crossover pertama Marvel, The Avengers (2012); Mind Stone (kuning) di The Avengers (2012) dan Avengers: Age of Ultron (2015); Reality Stone (merah) di Thor: The Dark World (2013); Power Stone (ungu) di Guardians of the Galaxy (2014); Time Stone (hijau) di film Doctor Strange (2016); dan Soul Stone yang baru ditunjukkan di pertengahan film Avengers: Infinity War (2018).

Cerita ini akan selesai bersamaan dengan installment keempat franchise Avengers. Setelah itu Marvel mungkin akan memilih siapa yang akan menjadi big boss baru selanjutnya menggantikan Thanos. Yang jelas Avengers: Endgame akan menutup ‘buku’ pertama MCU.

 


Ragam Superhero Baru


Era original Avengers mungkin sudah selesai, tapi bukan berarti MCU akan kekurangan daya tariknya. Avengers: Infinity War membuktikan bahwa masa depan MCU tetap cerah. Karakter-karakter seperti Spider-Man (Tom Holland), Black Panther (Chadwick Boseman), Doctor Strange (Benedict Cumberbatch), dan Captain Marvel (Brie Larson) akan menjadi ujung tombak baru dunia superhero Marvel ini. Setidaknya mereka akan lebih terlibat di masa mendatang.

Menariknya karakter-karakter tersebut menunjukkan bahwa MCU akan lebih beragam. Seperti yang kita ketahui, Spider-Man adalah seorang siswa SMA, membuatnya menjadi superhero termuda saat ini. Black Panther merepresentasikan masyarakat dan kultur Afrika, dimana film solo pertamanya menembus angka $1B. Kemudian Captain Marvel yang dideskripsikan sebagai karakter terkuat di jagad MCU akan mendapatkan film solonya tahun ini, film MCU pertama dengan perempuan sebagai protagonis utamanya.

BACA JUGA: 15 FAKTA MENGENAI LOKI, GOD OF MISCHIEF!

Marvel juga sudah merencanakan karakter-karakter baru yang akan dimunculkan setelah Phase 3. Ada ras The Eternals yang proyek filmnya sudah mendapat lampu hijau, kemudian rumor Captain Britain & Black Knight, Moon Knight & Sentry, Beta Ray Bill, dan tak lupa karakter-karakter dari dunia X-Men dan Fantastic Four (setelah deal Disney-Fox selesai).

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2